Makanan Dan Minuman Penurun Kolesterol Dan Asam Urat

Kolesterol adalah suatu dibatasi lemak yang berfungsi untuk mendukung fungsi sel dan produksi hormon. Keberadaan kolesterol di dalam darah tidak dapat bercampur. Sehingga untuk transportnya membutuhkan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat dan HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik. Tingginya jumlah LDL dalam darah dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung dan asam urat. Untuk itu, dalam pola makan sehari hari kita perlu selektif dalam memilih makanan atau minuman penurun kolesterol dan asam urat.

Kolesterol tinggi disebabkan oleh kebiasaan pola konsumsi makanan dengan lemak yang tinggi. Nah, berikut ini ada beberapa makanan dan minuman penurun kolesterol dan asam urat :

1. Oatmeal

Oatmeal adalah menu sarapan sehat yang sangat populer. Selain mengenyangkan oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam aliran darah. Oleh karenanya, konsumsi oatmeal dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

2. Jus Jeruk

Buah Jeruk kaya akan kandungan vitamin c dan flavonoid. Berdasarkan penelitian, buah jeruk berguna untuk memperbaiki keadaan lipid darah pada pengidap kokesterol tinggi. Buah ini kaya akan serat larut air yang dapat mengikat koleserol yang terserap di usus halus.

3. Teh Hijau

Berdasarkan penelitian, teh hijau terbukti dapat bermanfaat untuk menyerap kolesterol jahat di saluran pencernaan. Selain itu minuman sehat ini, dapat mencegah penumpukan plak di arteri. Untuk pengidap kolesterol tinggi, minuman teh hijau ini dapat dicoba untuk dilindungi secara rutin.

4. Alpukat

Buah alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi 1 buah alpukat setiap hari mampu menurunkan kolesterol jahat. Agar lebih enak,  alpukat dapat dimakan langsung dengan menambahkan susu atau di buat jus.  Berdasarkan penelitian, konsumsi alpukat dapat membuat rasa kenyang 3 hingga 5 jam dan dapat menimbulkan gula darah. Selain itu, Alpukat juga mengandung glutathione, yaitu antioksidan yang mampu mencegah kanker dan penyakit jantung.

5. Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan kandungan Flavonoid yang bertindak sebagai anti oksidan kuat. Untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat, Anda dapat meminum air perasan jeruk nipis yang di campur dengan air hangat. Minumlah secara rugi setiap pagi bangun tidur dan malam sebelum tidur.

6. Jus Kulit Manggis

Kulit manggis memang kaya akan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu khasiat dari kukit manggis ini yaitu kulitnya dapat diolah menjadi minuman penurun kolesterol dan asam urat. Hal ini disebabkan karena di dalam kulit manggis mengandung zat xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai anti kanker dan antioksidan yang jauh lebih kuat dari vitamin E dan C. Ekstrak kulit manggis yang sudah di olah sangat banyak beredar di pasaran dalam bentuk kapsul, tapi akan lebih baik jika ingin mengkonsumsi jus kulit manggis ini dengan memblendernya langsung di rumah.

7. Kacang Almond

Kacang almond mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Dimana asam lemak tak jenuh tunggul ini mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi kacang almond tiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 3% hingga 19%. Jadi untuk sedang diet menurunkan kolesterol, kacang almond patut dicoba diolah sedemikian rupa atau dijadikan camilan.

Itulah Beberapa makanan dan minuman penurun kolesterol dan asam urat. Jagalah kesehatan tubuh, terutama kadar kolesterol. Karena tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit bahkan memicu terjadi kanker dan stroke.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …