5 Jenis Minuman Yang Dilarang Saat Haid

Salah satu ciri khas yang melekat pada seorang wanita adalah mengalami menstruasi. Hal ini pun akan terjadi di setiap bulannya. Untuk waktu dan tanggal tidak bisa ditentukan karena ada beberapa wanita yang haidnya tidak tetap. Namun ada juga sebagian wanita yang mempunyai siklus haid yang teratur. Untuk semua wanita sangat perlu diketahui bahwa ada beberapa minuman yang dilarang saat haid. Hal ini bertujuan agar proses haid tidak mengalami gangguan dan lebih lancar. Apa sajakah minuman yang dilarang saat haid? Simak ulasan berikut ini:

1. Minuman Berkafein

Bagi penikmat kopi yang sudah terbiasa menyantapnya di pagi hari, sebaiknya dihentikan terlebih dahulu. Mungkin kebiasaan yang satu ini agak susah ditinggalkan apalagi jika dilakukan setiap hari. Pasalnya seseorang yang telah kecanduan kopi, jika tidak mengkonsumsinya sehari saja akan merasa pusing dan lemas. Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kopi itu sendiri adalah kafein.

Efek yang ditimbulkan kafein yaitu dapat menyebabkan perasaan gelisah, cemas, dan susah tidur. Selain itu kafein juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan dehidrasi. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu proses haid bahkan semakin memperburuk suasana hati.

2. Minuman Beralkohol

Sudah barang tentu minuman ini sangat dilarang saat haid. Ketika tidak haid pun minuman ini memang dilarang untuk dikonsumsi apalagi ketika haid. Karena selain berbahaya untuk kesehatan, alkohol juga dapat mengganggu proses haid.

Pasalnya alkohol dapat menurunkan kadar gula darah secara drastis sehingga wanita lebih sensitif, mudah marah, gelisah, dan kelelahan. Selain itu, alkohol dapat menyebabkan sakit kepala dan hilang kesadaran apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya usahakan untuk tidak meminum minuman yang satu ini.

3. Minuman Dingin

Semua orang pasti menyukai minuman dingin kan? Apalagi disaat dalam keadaan cuaca panas. Minuman dingin menjadi salah satu alternatif untuk menyegarkan dahaga. Namun, pada kenyataannya salah satu minuman yang dilarang saat haid adalah minuman dingin.

Ketika haid, wanita akan merasakan kram di bawah perut dan hal itu akan bertambah parah jika mengkonsumsi minuman dingin. Selain itu, minuman dingin juga dapat menghambat kelancaran darah haid. Akibatnya yang seharusnya darah dapat keluar banyak menjadi sedikit.

4. Minuman Bersoda

Salah satu minuman yang dilarang saat haid berikutnya adalah minuman bersoda. Umumnya soda mengandung gula yang sangat tinggi yang dapat membuat tubuh jadi mudah lemas. Sehingga sangat tidak baik apabila dikonsumsi wanita yang sedang mengalami haid.

Selain itu, kalori yang tinggi dalam minuman bersoda akan memperburuk haid yang dialami wanita karena dapat meningkatkan emosi seseorang dan mudah tersinggung. Hal tersebut tentunya akan merusak suasana hati wanita yang sedang mengalami haid.

5. Susu

Selain enak dan nikmat, susu juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Produk yang satu ini pun sangat banyak peminatnya dan laris di pasaran. Namun tidak selamanya susu dapat menyehatkan tubuh. Pasalnya wanita yang mengalami haid tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi susu.

Asam arakidonat yang terkandung di dalam susu dapat memperparah kram haid. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu aktivitas dan memperburuk suasana hati. Sebaiknya hentikan minum susu terlebih dahulu saat tamu bulanan sedang datang.

Itulah 5 jenis minuman yang dilarang saat haid. Sebaiknya hindari minuman ini sejenak selama masa haid demi kenyamanan saat menstruasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kepada para pembaca khususnya wanita. Sehingga dapat terhindar dari masalah haid yang tidak lancar.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …