Penyakit Berbahaya Dan Mematikan Yang Harus Diwaspadai

Mempunyai hidup yang sehat serta panjang umur tentu menjadi harapan semua orang. Namun pada kenyataannya, manusia senantiasa dihadapkan pada kemungkinan terkena penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang berbahaya yang menimbulkan pada mematikan. Adapun beberapa penyakit berbahaya dan mematikan adalah sebagai berikut.

1. Stroke

Berdasarkan hasil survei Sample Registration System (SRS) Indonesia pada tahun 2014 menyatakan bahwa stroke merupakan penyakit yang paling mematikan nomor satu. Hampir 21,1 % kasus stroke berakhir pada kematian. Stroke sendiri merupakan gangguan fungsi saraf dan peredaran darah yang terjadi pada pembuluh darah secara mendadak, cepat, serta terus bertambah parah dari waktu ke waktunya. Hal tersebut menimbulkan gejala berupa kelumpuhan pada wajah serta anggota badan, bicara tidak lancar serta tidak jelas, gangguan penglihatan, dll. Kejadian stroke biasanya banyak terjadi mulai usia 45 tahun keatas. Namun, kasus stroke tertinggi terjadi pada usia 75 tahu keatas. Namun bukan berarti usia muda tidak bisa terkena dari penyakit ini. Orang-orang yang mempunyai berat badan yang lebih tinggi, hobi mengkonsumsi alkohol, serta kolesterol tinggi rentan sekali terkena penyakit mematikan yang satu ini. Maka dari itu menjaga pola hidup sehat sangat penting sekali. selain itu lakukanlah pemeriksaan rutin untuk memastikan kondisi tubuh agar senantiasa tetap sehat.

2. Jantung Koroner

Setelah stroke, posisi kedua penyakit berbahaya dan mematikan adalah jantung koroner. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit tidak menular yang terjadi akibat pola hidup serta lingkungan yang tidak sehat. Misalnya seperti memakan makanan tinggi lemak jenuh, mengkonsumsi alkohol, merokok, obesitas, dll. Penyakit ini dari tahun ke tahunnya sangat meningkat. Maka dari itu, pemerintah mengimbau masyarakat untuk memegang pedoman CERDIK. CERDIK itu sendiri merupakan singkatan dari cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin beraktifitas fisik, diet yang sehat dan seimbang, istirahat yang cukup, serta kelola stress dengan baik. Langkah-langkah tersebut dapat membantu kamu terhindar dari faktor resiko jantung koroner sejak dini.

3. Diabetes Melitus

Berdasarkan data WHO diabetes melitus menyumbang 6,5 persen kematian pada penduduk di Indonesia. maka dari itu, diabetes melitus merupakan penyakit berbahaya dan mematikan yang menduduki posisi ke 3. Diabetes miletus ini bukan hanya menyerang orang dewasa saja, anak-anak serta remaja pun bisa terkena penyakit ini. Maka dari itu, untuk mencegah diabetes sejak dini, yakni dengan membatasi asupan gula serta rutin berolahraga. Dan jangan lupa untuk mengecek gula darah setiap harinya untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

4. Tuberkulosis

Tuberkulosis atau yang sering dikenal dengan TBC merupakan penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh kuman TB (mycobacterium tuberculosis) yang masuk melalui pernapasan. Gejala utama penyakit ini berupa batuk selama dua minggu berturut-turut, batuk disertai dahak bercampur darah, sesak napas, nafsu makan menurun, dan demam lebih dari satu bulan. Penyakit ini sebetulnya bisa disembuhkan asal secara rutin minum obat TBC. Meminum obat ini pun harus diminum selama 6 bulan sampai 12 bulan yang bertujuan agar bakteri penyebab TBC tidak bertumbuh.

5. Komplikasi Hipertensi

Dan penyakit berbahaya dan mematikan yang terakhir adalah komplikasi hipertensi. Hipertensi merupakan salah satu faktor resiko penyakit jantung yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah diatas ambang normal yang sering disepelekan. Pasalnya menurut informasi situasi kesehatan jantung, komplikasi hipertensi menyebabkan 9,4 % kematian diseluruh dunia setiap tahunnya. Dengan mendeteksi resiko hipertensi dari sejak dini, maka kamu pun akan terhindar dari serangan jantung, gagal jantung, stroke, serta gagal ginjal. Tanda-tanda dari penyakit ini antara lain badan lemas, sakit kepala parah, mimisan, jantung yang sering berdebar-debar, dada terasa sakit, serta gangguan penglihatan.

Itulah beberapa penyakit berbahaya dan mematikan yang harus kamu ketahui. Penyakit tersebut bisa kamu cegah dengan cara menjaga pola hidup yang sehat serta berolahraga. Dengan pola hidup sehat dan olahraga setidaknya kamu bisa terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …