10 Penyakit Kulit Berbahaya Yang Harus Diwaspadai

Kulit adalah organ terbesar yang menutupi seluruh bagian tubuh. Berada di bagian terluar tubuh, membuat kulit sangat rentan terhadap infeksi, radang, alergi dan yang lainnya. Beberapa masalah kulit memang ringan dan mudah disembuhkan. Namun siapa sangka, banyak sekali penyakit kulit berbahaya yang mematikan sehingga harus diwaspadai. Berikut ini beberapa penyakit kulit berbahaya dan mematikan yang ada di dunia.

Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit berbahaya yang berbentuk bercak tebal. Bercak tersebut berwarna merah dan memiliki sisik dengan warna perak. Rasanya sangat gatal dan menyakitkan. Biasanya psoriasis terjadi pada lutut, kulit kepala, siku, punggung bagian bawah, telapak tangan, wajah dan kaki. Namun ada kemungkinan muncul di bagian lain.

Penyebab psoriasis belum diketahui hingga kini. Namun beberapa ahli menyebutkan disebabkan oleh autoimun. Yang kemudian menyebabkan produksi sel kulit berlebihan sehingga sel kulit akan menumpuk dan terjadi penebalan kulit.

Impetigo

Penyakit kulit berbahaya ini disebabkan oleh infeksi bakteri staphylococcus dan streptokokus. Bakteri tersebut akan masuk melalui luka, gigitan serangga dan goresan. Penyakit ini biasa terjadi pada anak-anak usia 2 sampai 6 tahun. Gejala impetigo diawali dengan munculnya jerawat atau koreng yang dikelilingi kulit memerah.

Rosacea

Rosacea adalah peradangan kulit wajah yang ditandai warna merah pada pipi, dagu, hidung dan dahi. Penyakit ini terasa gatal, kering, kasar dan panas seperti terbakar dengan munculnya benjolan seperti jerawat. Gejala lain adalah pori-pori membesar, hidung bengkak, pembuluh darah mata pecah dan gangguan penglihatan.

Melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang berkembang di dalam sel melanosit yaitu sel yang menghasilkan melanin atau pigmen warna kulit. Penyebab penyakit kulit berbahaya belum pasti, namun salah satu yang dapat meningkatkan resiko berkembangnya melanoma adalah paparan sinar ultraviolet dari matahari atau lampu tidur.

Lupus

Penyakit kulit jenis lupus ini disebabkan karena adanya peradangan pada sistem kekebalan tubuh. Peradangan ini menyerang bagian tubuh tertentu seperti otak, jantung, paru, ginjal, sendi dan kulit. Penyakit lupus hampir sama dengan penyakit kulit lainnya, sehingga sangat sulit untuk didiagnosa. Akan tetapi gejala umum dari lupus adalah munculnya bercak seperti sayap kupu-kupu di sekitar wajah.

Eksim

Eksim atau dermatitis atopik adalah penyakit kulit jangka panjang. Gejala penyakit ini adalah kulit kering dan gatal, ruam pada wajah, belakang lutut, siku, tangan dan kaki.

Epidermolysis Bullosa

Penyakit kulit ini sangat langka dan berbahaya, karena dapat membuat kulit menjadi melepuh. Bahkan pada beberapa kasus, lepuhan tersebut terjadi di dalam tubuh seperti lapisan mulut, usus. Yang akhirnya menyebabkan komplikasi yang berakibat fatal.

Pemfigus Vulgaris

Penyakit kulit ini biasa terjadi pada orang yang berusia di atas 50 tahun. Tanda kemunculan penyakit ini adalah adanya lepuhan pada kulit, membran mukosa dan mulut. Penyakit ini meningkalkan lepuhan yang menjadi luka kulit berkerak atau ulkus. Pemfigus vulgaris harus segera diatasi secepatnya karena bisa mengancam jiwa penderitanya.

Necrotizin Fascitis

Penyakit kulit ini disebabkan oleh bakteri streptococcus pyognes. Dimana bakteri terseut sering disebut sebagai bakteri pemakan daging manusia. Necrotizin fascitis adalah epnyakit yang sangat berbahaya. Karena dapat menyebabkan kegagalan fungsi jaringan serta organ manusia.

Harlequin Ichthyosis

Penyakit jenis ini biasa terjadi pada bayi yang baru lahir. Penderita akan mengalami kulit yang sangat kering, luka hingga kulit pecah. Bahkan penyakit ini dapat menyebabkan kematian dalam hitungan hari saja.

Itulah beberapa jenis penyakit kulit berbahaya hingga dapat menyebabkan kematian. Jika terjadi tanda atau gejala yang terjadi pada kulit, pastikan Anda tidak mengabaikannya. Segera konsultasikan kepada dokter untuk membantu mencegah penyakit semakin parah.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …