Penyebab Infeksi Kandungan Beserta Macamnya

Infeksi kandungan atau rahim merupakan salah satu penyakit yang menginfeksi daerah rahim wanita. Dalam dunia kesehatan, penyakit ini dinamakan endometritis. Penyakit ini akan berakibat fatal jika tidak ditangani dengan segera  dan cepat. Endometritis memiliki kemampuan untuk menyebabkan kemandulan pada wanita. Maka dari itu anda perlu mengetahui penyebab infeksi kandungan sebagai upaya pencegahan.

Penyebab Infeksi Kandungan

Secara umum infeksi kandungan dapat terjadi akibat proses melahirkan, namun beberapa juga dapat terjadi akibat infeksi bakteri, virus dan parasit. Berikut ini 5 penyebab infeksi kandungan atau endometritis :

1. Pasca Operasi Caesar

Penyebab Infeksi kandungan yang pertama yaitu sering terjadi pada wanita yang melahirkan secara SC atau seksio Caesar. Kemungkinan terbesar terjadi pada ibu hamil yang sebelumnya sudah mengalami infeksi pada air ketuban. Usia kehamilan yang sudah pada waktunya namun belum juga ada keinginan untuk mengejan hal tersebut merupakan proses awal terjadinya infeksi di daerah rahim.

2. Ari-Ari Tertahan Dalam Kandungan

Selanjutnya infeksi kandungan dapat terjadi akibat jaringan plasenta atau ari-ari tertahan  dalam kandungan setelah keguguran ataupun sesudah melahirkan. Sehingga area rahim menjadi terinfeksi akibat adanya jaringan yang seharusnya keluar namun masih tersimpan di dalam rahim.

3. Kelanjutan Dari Infeksi Sebelumnya

Dalam keadaan tertentu sistem reproduksi telah mengalami infeksi sebelumnya. Infeksi yang lama menyebar ke area kandungan sehingga menyebabkan infeksi kandungan. Atau terdapatnya benda asing di dalam rahim yang seharusnya tidak terdapat di rahim juga dapat menginfeksi area kandungan. Wanita yang memiliki riwayat kanker leher rahim atau kanker endometrium juga berisiko mengalami infeksi kandungan.

4. Penghentian Kehamilan Secara Sengaja

Penghentian kehamilan yang dilakukan tanpa alasan juga dapat menyebabkan infeksi kandungan. Prosedur penghentian ini dilakukan dengan cara memasukkan berbagai macam alat yang tidak steril, sering kali dapat membawa kuman masuk ke dalam rahim. Hal ini sangatlah berbahaya, bukan hanya menginfeksi area kandungan melainkan juga beberapa organ reproduksi lainnya.

4. Bakteri Klamidia

Bakteri klamidia menjadi salah satu bakteri tersering yang menyebabkan infeksi kandungan. Jenis bakteri ini menyerang rahim akibat infeksi menular seksual dari vagina ke organ reproduksi atas. Bakteri ini didapat dari hubungan seksual yang sering berganti-ganti pasangan.

5. Bakteri Lain Selain Klamidia

Penyebab infeksi kandungan juga dapat disebabkan oleh bakteri golongan streptococcus, staphylococcus, gonococu serta adakalanya basil tuberculosis. Hampir seluruh bakteri abnormal yang hidup di organ reproduksi atau mempunyai akses masuk melalui vagina memiliki kemampuan penyebab timbulnya infeksi kandungan atau endometritis

Macam Infeksi Kandungan

Selain penyebabnya, anda juga perlu mengetahui macam-macam infeksi yang menyerang area rahim. Terdapat dua macam jenis infeksi yang menyerang rahim yaitu dapat bersifat akut dan dapat pula bersifat kronik. Infeksi kandungan yang bersifat akut biasanya terjadi sesudah melahirkan atau keguguran  terutama pada keguguran yang terjadi dengan secara sengaja, yang dapat meluas hingga ke bagian otot rahim. Keadaan ini jika terjadi terus menerus akan mengakibatkan sepsis. Gejala  umum yang meliputi endometritis akut berupa demam tinggi dan darah bekas melahirkan dalam volume banyak dan berbau, kadang terasa nyeri.

Sedangkan pada infeksi kandungan yang bersifat kronik umumnya jarang dijumpai, namun biasanya seringkali terjadi pada wanita yang masih dalam siklus menstruasi. Dimana infeksi dapat terjadi pada lapisan bagian rahim atau tempat meluruhnya sel telur saat haid namun tidak terbuang pada waktu menstruasi terjadi. Gejalanya dapat berupa bercak darah yang kotor,  keluhan nyeri perut bagian bawah, serta adanya kelainan haid yang tidak pernah dialami sebelumnya.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …