Penyebab Mata Minus Pada Anak Yang Wajib Diketahui

Mata minus merupakan suatu kelainan yang terjadi pada bagian retina mata sehingga mata tidak mampu menangkap cahaya dengan baik dan pada fokus yang jelas dengan jarak jauh. Saat ini kelainan mata minus sudah umum sekali dijumpai, tak terkecuali pada anak-anak. Banyak sekali faktor yang berasal dari kebiasaan dan pola hidup yang bisa menjadi penyebab terjadinya mata minus sejak dini. Berikut beberapa penyebab mata minus pada anak yang wajib untuk Bunda ketahui :

1. Menonton Televisi Dengan Jarak Pandang Yang Dekat

Kebiasaan pertama yang dapat menjadi penyebab mata minus pada anak adalah jarak pandang mata dan televisi yang terlalu dekat dengan intensitas yang lama. Anak-anak memang sangat senang menonton film kesayangan mereka di televisi. Namun, bunda harus tetap waspada dan mengatur jarak pandang serta intensitas anak dalam menonton televisi.

Bunda bisa menyiasati agar anak tidak terlalu sering menonton televisi dengan mengajaknya bermain diluar. Selain bisa mengurangi intensitas anak memandang televisi, cara ini juga ampuh untuk membuat Bunda menjadi lebih dekat dengan anak.

2. Belajar Atau Membaca Di Tempat Dengan Cahaya Redup

Penyebab mata minus pada anak yang satu ini merupakan kebiasaan yang sering sekali dijumpai di kalangan masyarakat. Anak-anak cenderung untuk membaca buku atau melakukan kegiatan belajar dengan cahaya yang redup dan jarak yang terlalu dekat. Biasanya, anak lebih senang untuk membaca sambil tiduran dibandingkan harus membaca dengan posisi duduk.

3. Membaca Huruf Yang Terlalu Kecil

Penyebab mata minus berikutnya adalah melakukan kegiatan membaca dengan huruf baca yang terlalu kecil. Membaca huruf yang kecil bisa mengakibatkan mata anak bekerja lebih keras dari keadaan normalnya. Kondisi ini dapat mengakibatkan anak menjadi terkena mata minus jika dilakukan dalam jangka waktu berkepanjangan secara terus menerus.

4. Menggunakan Gadget Di Ruang Gelap

Penggunaan gadget pada anak saat ini sudah sangat umum sekali. Namun terkadang, anak juga menggunakan gadget di ruangan yang gelap ketika hendak tidur serta diikuti dengan intensitas pemakaian yang berlebihan. Hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab mata minus pada anak yang juga sering terjadi.

5. Pemasangan Lampu Kamar Yang Terlalu Terang

Selain melakukan kegiatan membaca di tempat yang redup, pemasangan lampu kamar yang terlalu terang juga dapat menjadi salah satu penyebab mata minus pada anak. Oleh karenanya, sebaiknya Bunda memasang lampu kamar tidur dengan kondisi terang yang normal, tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu redup.

6. Kurangnya Konsumsi Zat Gizi Yang Mengandung Karoten

Kekurangan zat karoten dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab mata minus pada anak. Zat karoten penting dibutuhkan oleh tubuh untuk perkembangan fungsi penglihatan. Zat karoten bisa ditemukan pada sayuran dan buah seperti wortel, tomat, bayam, buah apel dan buah papaya.

7. Genetik

Selain beberapa faktor penyebab diatas, faktor genetik juga dapat berperan menjadi penyebab mata minus pada anak. Orang tua yang memiliki riwayat mata minus dapat menurunkan kelainan tersebut pada sang anak.

Anak yang telah memiliki faktor risiko ini harus sering mengkonsumsi makanan yang mengandung karoten dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan mata minus. Dengan pola hidup yang baik dan terjaga, maka diharapkan kemungkinan terjadinya mata minus tersebut dapat diminimalisasi.

Beberapa ulasan terkait penyebab mata minus pada anak diatas semoga bisa menjadi tambahan wawasan bagi Bunda. Sehingga, Bunda bisa menentukan langkah pencegahan untuk kelainan mata minus pada anak tercinta.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …