Kenali Dan Pahami Perbedaan Mata Minus Dan Silinder

Mata merupakan jendela dunia. Tentu  mata dapat mengalami kerusakan atau kelainan. Mata minus ataupun mata silinder merupakan kelainan mata yang sering menyerang di kalangan masyarakat. Seringkali, masyarakat kurang mengerti bagaimana letak perbedaan mata minus dan silinder hingga penanganannya yang tepat. Terdapat perbedaan mata minus dan silinder akan dibahas sebagai berikut ini.

1. Definisi

Perbedaan mata minus dan mata silinder juga dapat diketahui dari definisinya. Mata minus (myopia) atau rabun jauh merupakan kondisi mata yang membuat penderitanya kesulitan melihat benda dari jarak jauh. Sedangkan mata silinder (astigmatisma) terjadi karena kondisi mata mengalami penglihatan kabur karena bentuk lengkungan kornea tidak sempurna.

2. Kondisi Kelainan Atau Kerusakan

Penderita mata minus membuat penderitanya kesulitan melihat objek dalam jarak jauh. Kondisi mata minus dapat meningkat saat memasuki usia 20 tahun. Lalu akan berhenti bertambah saat masuk usia 30-40 tahunan. Sedangkan penderita mata silinder akan mengalami penglihatan buram pada jarak dekat maupun jauh.

Pada mata minus, kelengkungan kornea yang terlalu besar menyebabkan cahaya yang masuk tidak fokus dan jatuh tepat pada retina. Tetapi pada mata silinder kornea mengalami kecatatan bentuk dan lengkungnya tidak beraturan. Sehingga cahaya yang dibiaskan ke depan atau belakang retina. Akhirnya mata tidak dapat melihat objek dengan jelas.

3. Penyebab

Kelainan mata minus dan silinder bisa saja terjadi karena faktor keturunan. Selain karena keturunan juga bisa karena faktor lainnya. Healthline, National Eye menyebutkan bahwa kelainan mata minus juga sering menyerang anak-anak yang berusia 8-12 tahun. Hal ini disebabkan karena mereka masih mengalami perkembangan bentuk mata.

Biasanya mata minus orang dewasa sudah terjadi sejak masih anak-anak. Faktor dari penyakit kesehatan yang diderita juga dapat mempengaruhi mata minus contohnya diabetes. Jika penderita tidak memerhatikan kesehatan mata misalnya kebiasaan dengan menatap layar komputer dengan waktu lama juga dapat menyebabkan mata minus.

Seringkali akibat kelainan mata minus yang parah akan menyebabkan mata silinder. Selain itu, penyebab mata silinder bisa karena operasi pengangkatan katarak. Penderita keratoconus (degenarasi kornea) juga dapat mengalami mata silinder. Jika penderita mata silinder tidak menggunakan kacamata atau lensa mata yang tidak sesuai ukuran maka juga dapat memperparah silinder.

4. Gejala

Beberapa gejala yang diderita mata minus antara lain pandangan terlihat kabur saat melihat suatu objek. Hal ini akan membuat penderita mata minus mengalami sakit kepala. Selain itu, penderita mata minus juga merasakan mata terasa lelah dan sering mengucek mata.

Sedangkan mata silinder juga akan mengalami gejala penglihatan kabur dan sakit kepala, tetapi disertai penglihatan objek menjadi tidak jelas. Ini disebabkan pembiasan balik terhadap cahaya oleh kornea. Penderita juga sering menyipitkan mata.

5. Penanganan

Penderita mata minus dapat mengunakan kacamata dengan lensa cekung atau lensa negatif. Lensa ini akan menolong penderita mata minus dengan memperkecil kelengkungan kornea sehingga cahaya dapat fokus jatuh tepat ke retina. Tetapi jika ingin diobati, penderita dapat melakukan operasi refraktif atau operasi lensa mata.

Kemudian untuk mata silinder dapat dibantu dengan kacamata berlensa silinder. Dengan bantuan lensa silinder, pandangan penderita mata silinder tidak lagi kabur karena beberapa bayangan akibat pembiasan akan disatukan oleh lensa. Tidak seperti penderita mata minus,  mata silinder diobati dengan ortokeratologi (penggunaan lensa kontak kaku) agar memperbaiki kelengkungan bentuk kornea.

Sudah paham perbedaan mata minus dan silinder yang tepat? Apakah merasakan gejala yang disebutkan diatas? Temui dokter secepatnya untuk mendapatkan solusi penanganan yang terbaik.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …