Pemenuhan Nutrisi Pada Pola Makan Ibu Hamil

Pada masa kehamilan hal yang perlu diperhatikan adalah mengatur pola makan ibu saat awal kehamilan hingga persalinan. Dalam mengatur pola makan ibu hamil yang terpenting adalah tetap menjaga pola makan yang sehat dan seimbang serta istirahat yang cukup. Karena kesehatan ibu akan berpengaruh terhadap kesehatan bayi (janin) dalam kandungan.

Baik buruknya pola makan ibu hamil bukan dilihat dari segi kuantitas makan dalam jumlah yang banyak, melainkan kualitas jenis makanan yang akan di konsumsi. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pemenuhan nutrisi pada pola makan ibu hamil:

1. Mengkonsumsi Asam Folat

Untuk wanita yang sedang hamil ataupun yang sedang merencanakan kehamilan membutuhkan 400 mcg/hari asam folat. Asam folat adalah kelompok vitamin B yang penting bagi pertumbuhan syaraf syaraf pusat bayi saat dalam kandungan. Perkembangan bayi sangat krusial 3-4 minggu pertama dalam kandungan.

Pada masa kehamilan mencapai 4 bulan, tingkatkan asupan dosis konsumsi asam folat 600 mcg. Dengan asupan asam folat yang cukup akan mencegah terjadinya cacat organ vital, bibir sumbing dan bayi lahir prematur.

2. Mencukupi Kadar Cairan Dalam Tubuh

Pada kondisi sehari hari, jika tubuh kekurangan cairan akan menyebabkan tubuh merasa lelah dan lemah. Begitu halnya dengan ibu hamil, volume darah meningkat sehingga tubuh membutuhkan banyak cairan untuk mempertahankannya.

Untuk itu perbanyaklah minum air putih, selain dapat membantu pencernaan minum air putih juga dapat mengatasi sembelit. Selain perbanyak mengkonsumsi air putih setiap kali makan atau di sela waktu, minum susu dan jus juga baik untuk menambah nutrisi.

3. Mengkonsumsi Kalsium

Pada ibu hamil, kalsium di dalam tubuh anda akan diserap oleh bayi (janin). Sumber-sumber kalsium yang dapat anda jumpai jika mengkonsumsi susu berkalsium tinggi, yoghurt, keju, butter, dan es krim. Namun ada beberapa jenis makanan yang juga mengandung tinggi kalsium. Selain bermanfaat dalam pembentukan tulang bayi, kalsium juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu.

4. Mengkonsumsi Zat Besi dan Vitamin C

Dalam mengatur pola makan ibu hamil, perlu diperhatikan makanan makanan yang dapat membatasi penyerapan zat besi. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi sekitar 27 mg/hari karena bayi di dalam kandungan juga membutuhkan zat tersebut.

Beberapa jenis makanan yang penyerapan zat besi adalah kuning telur, kedelai, susu, termasuk teh. Kelompok makanan seperti daging tanpa lemak, ikan dan telur kaya dengan protein yang penting untuk bayi, terutama pada tri semester kedua dan ketiga.

Selain pemenuhan nutrisi zat besi, mengkonsumsi buah dan sayuran juga sangat penting untuk ibu hamil. Terutama buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, mangga, dan lainnya. Untuk ibu hamil disarankan mengkonsumsi setidaknya 5 posi sayuran dan buah buahan berbeda tiap hari agar mendapatkan vitamin, mineral dan serat yang cukup.

5. Mengkonsumsi Suplemen

Meskipun ibu hamil sudah mengkonsumsi berbagai jenis makanan, ia akan tetap membutuhkan suplemen untuk mencukupi nutrisinya. Salah satu suplemen yang biasa di berikan kepada ibu hamil adalah Tablet Tambah Darah. Yaitu merupakan suplemen yang memiliki kandungan setara 60 mg besi elemental dan 400 mcg asam folat. Namun sebelum mengkonsumsi suplemen ini, anda harus tetap sesuai dengan anjuran dokter.

Demikian ulasan mengenai apa saja yang dapat di konsumsi untuk memenuhi nutrisi pada pola makan ibu hamil. Selain pemilihan jenis asupan yang harus di konsumsi, hal yang perlu diperhatikan sebagai ibu hamil adalah istirahat yang cukup. Karena istirahat yang cukup akan mengurangi tingkat stress pada ibu hamil yang akan berdampak pada kesehatan janin. Semoga dapat bermanfaat.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …