Cara Mengatur Pola Makan Untuk Menurunkan Berat Badan

Bagaimana cara mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan yang baik sekaligus menyehatkan? Dalam mengatur pola makan agar berat badan bisa turun, beberapa orang sering melakukan tindakan yang kurang baik. Salah satu yang sering dilakukan adalah diet ekstrim. Sehingga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Beberapa orang juga menganggap menurunkan berat badan adalah hal yang cukup menyusahkan untuk dilakukan. Padahal banyak cara yang bisa dilakukan agar berat badan bisa turun. Salah satunya dengan mengatur pola makan yang baik dan efektif. Terdengar mudah bukan, dan berikut ini beberapa cara mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan yang baik :

1. Mengatur Jumlah Porsi Makanan

Dalam kehidupan sehari-hari aktivitas makan adalah hal wajib yang harus kita lakukan. Tapi jika kita makan dalam jumlah porsi yang besar, malah bukan menyehatkan tapi akan berdampak negatif bagi kesehatan. Dan salah satu dampak yang disebabkan adalah terjadinya obesitas.

Untuk itu mengatur porsi makan sangatlah penting. Agar kita terhindar dari segala kemungkinan terjadinya obesitas. Mungkin mengatur porsi makan terbilang sepele. Tapi efek positif yang di dapat sangat besar. Antara lain berat badan bisa menurun dan menjadi lebih sehat.

2. Mengatur Jam Makan

Apa salahnya jika kita mengatur jam makan agar polah hidup kita lebih teratur dan sehat. Mencoba untuk mengatur jam makan adalah sebuah tindakan yang baik bagi diri kita. Agar pencernaan kita lebih optimal dalam menerima asupan makan yang di lakukan secara berkala dan teratur tiap harinya.

Selain bagus untuk pencernaan, mengatur jam makan juga dapat menurunkan berat badan secara baik tanpa mengalami efek samping. Cobalah lakukan minimal 2 atau 3 kali makan dalam sehari. Karena mengatur jam makan adalah salah satu faktor penting dalam mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan kita.

3. Memperhatikan Kandungan Gizi Dalam Makanan

Hal lain yang penting adalah selalu memperhatikan kandungan gizi yang ada didalam makanan. Maka kita akan lebih mudah dan cepat dalam menurunkan berat badan. Karena beberapa makanan dapat memicu terjadinya obesitas. Dan dampak buruknya akan menghambat kita dalam menurunkan berat badan.

Kriteria makanan yang baik adalah tidak terlalu banyak mengandung gula, garam dan lemak jenuh. Karena bukanya menurunkan berat badan, akan tetapi malah membuat kegemukan. Jadi pilihlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan serat, dan salah satunya seperti sayuran.

4. Menahan Nafsu Makan Yang Berlebihan

Faktor yang tidak kalah penting lainnya adalah nafsu makan. Karena nafsu makan yang besar akan membuat masalah pada pola makan kita. Sehingga proses menurunkan berat badan pun akan terganggu. Untuk itu diperlukan cara untuk menahan nafsu makan.

Nah salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan mengalihkan pikiran. Pada saat kita memiliki nafsu makan berlebihan, cobalah untuk mengalihkan pikiran kita ke hal lain. Agar sebisa mungkin terhindar dari nafsu itu.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Nah salah satu cara ini terbilang biasa, namun manfaat yang di dapat sangat luar biasa. Karena dengan meminum banyak air putih bisa menunda rasa lapar. Selain itu air putih juga bagus untuk kesehatan tubuh. Jika dibandingkan dengan minuman bersoda dan banyak mengandung gula atau pemanis buatan.

Air putih juga bisa membantu kita dalam menurunkan berat badan. Dikarenakan saat meminum air putih dalam jumlah banyak tidak akan menimbulkan efek samping untuk berat badan kita. Sedangkan minuman bersoda bisa menjadi pemicu obesitas.

Jadi selain melakukan olahraga dan diet yang extrim. Kita juga bisa menurunkan berat badan dengan cara lain. Dan kita bisa mencoba mengatur pola makan untuk menurunkan badan secara baik dan menyehatkan. Tetapi diperlukan konsistensi yang baik dalam melakukannya. Dikarenakan faktor keberhasilan bisa didapat tergantung dari usaha kita sendiri. Jadi aturlah pola makan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …