Rekomendasi Minuman Sehat Untuk Ibu Menyusui

Bagi anda yang sedang menyusui, menjaga persediaan ASI untuk mempertahankan supaya terus mengalir menjadi sebuah hal yang penting. Terlebih ketika menyusui akan membuat seorang ibu menyusui mudah terhidrasi dan tentunya membutuhkan banyak cairan yang dikonsumsi. Ada beberapa minuman sehat untuk ibu menyusui yang bisa anda coba selain air putih, diantaranya:

1. Susu Almond Pengganti Susu Sapi

Tidak sedikit bayi yang bereaksi terhadap produk susu yang dikonsumsi oleh ibunya. Bahkan ada beberapa jenis susu yang kurang tepat atau tidak cocok dikonsumsi dan berimbas kepada bayinya, seperti halnya susu sapi. Ketika anda ingin tetap mengkonsumsi susu, anda bisa mengkonsumsi susu almond. Susu ini banyak tersedia di supermarket dan biasanya tanpa pemanis buatan. Dengan rasa yang terbilang lebih ringan dibandingkan susu kedelai atau susu sapi, tentunya transisi untuk bisa mengkonsumsi susu akan lebih mudah.

2. Jus Buah Yang Segar

Buah-buahan memang memiliki vitamin dan nutrisi yang sangat bagus. Minuman sehat untuk ibu menyusui yang mudah anda buat yaitu jus buah. Jus buah yang terbilang lebih sehat yaitu jus buah yang di olah sendiri. Tanpa mengandung pemanis atau tambahan gula menjadikan jus yang anda buat akan lebih sehat. Namun perlu anda perhatikan, ketika anda mengkonsumsi jus buah nanas ataupun jeruk yang kaya akan vitamin C, sebaiknya anda kurangi atau tidak sama sekali. Hal ini karena kebanyakan akan menimbulkan beberapa bayi menjadi sensitif terhadapnya. Untuk itu, lebih baik membuat berbagai pilihan jus kecuali buah tersebut.

3. Teh Jahe Untuk Sirkulasi Darah Anda

Jahe dikenal sebagai minuman laktogenik dan aman dikonsumsi selama fase sensitif menyusui. Bahkan ketika anda mengkonsumsi minuman jahe ini, anda akan terhindar dari rasa mual dan mampu mengobati masalah pencernaan. Sirkulasi darah selama menyusui pun terbilang lebih lancar ketika anda mengkonsumsi jahe ini. Dengan mengkonsumsi satu hingga tiga cangkir minuman jahe lebih dari cukup untuk menambah kelancaran sirkulasi darah anda.

4. Air Kelapa Penambah Ion

Air kelapa tentunya sangat menyegarkan serta lembut dan manis. Biasanya ibu menyusui sangat mudah haus dan berkeringat. Dengan minum air kelapa ini akan mampu mengembalikan kesegaran dan juga elektrolit tubuh yang hilang. Air kelapa juga akan mampu mengembalikan ion tubuh yang lebih banyak ketika seseorang banyak beraktivitas. Tentunya akan lebih baik lagi jika anda mengkonsumsi air kelapa yang langsung dari sumbernya dan bukan dalam kemasan kalengan.

5. Teh Peppermint

Aroma yang tercipta dari peppermint akan mampu menyegarkan otak dan mengembalikan mood anda. Hal tersebut juga akan membuat anda lebih berenergi. Minuman sehat untuk ibu menyusui yang satu ini cocok untuk dikonsumsi pada malam hari setelah anda menyusui. Atau bahkan bisa juga dikonsumsi sebagai pengganti kopi hangat yang biasanya anda minum. Selain itu, teh peppermint juga akan meredakan keluhan ketika mengalami perut kembung dan juga untuk mencegah bau mulut.

6. Air Perasan Lemon

Jika jeruk mengandung vitamin c yang mampu meningkatkan sensitivitas bayi, berbeda halnya dengan lemon. Kebutuhan air pada ibu menyusui terbilang sangat banyak. Dengan membuat minuman air putih dicampur dengan air lemon di dalamnya akan menjadi sebuah minuman yang sehat bagi ibu menyusui. Tentunya rasa yang dihasilkan pun juga akan lebih segar.

Menyusui merupakan tahap penting yang sangat berimbas kepada perkembangan si buah hati. Untuk itu sangat penting bagi seorang ibu menyusui untuk mengetahui makanan dan minuman apa aja yang baik untuk menambah kualitas dari asi selama masa menyusui. Dengan mengetahui minuman sehat untuk ibu menyusui ini, tentunya anda akan memiliki kandungan gizi yang lebih maksimal dalam menjaga kesehatan.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …