Pilihan Menu Sarapan Pagi Yang Sehat Dan Tepat

Begitu banyak orang yang jarang menyempatkan diri untuk sarapan pagi dan alasannya pun beragam-ragam. Telat bangun bisa jadi salah satu alasan yang menyebabkan tidak sarapan karena takut keterlambatan yang akan dihadapi dan juga kemacetan jalan di pagi hari. Tidak adanya menu sarapan pagi yang sehat terkadang membuat selera makan hilang atau bahkan tidak terbiasanya melakukan sarapan pagi.

Perlu diketahui, bahwasanya sarapan pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena mendapatkan asupan vitamin, mineral secara optimal dan juga gula darah yang terkontrol. Menu sarapan pagi yang sehat dapat mencegah nafsu makan saat waktu makan selanjutnya. Karena jika seseorang tidak terbiasa sarapan pagi, maka tubuh akan terasa seperti puasa 15-20 jam sehingga membuat tubuh menjadi lemah. Berikut ini beberapa referensi menu sarapan pagi yang sehat, di antaranya :

1. Roti Bakar

Salah satu menu sarapan pagi yang sehat adalah roti bakar yang sebagian orang menyukainya. Proses pembuatannya pun tidak repot karena hanya mengoleskan margarin dan juga menambahkan gula, keju ataupun meses. Meskipun tidak ada mesin toaster, menggunakan teflon juga bisa untuk membuat roti bakar. Roti bakar sangat bersahabat bagi penderita diabetes dan dapat menambah energi di pagi hari sehingga membuat tubuh menjadi semangat. Kemudian juga mampu mengusir mual jika diolesi mentega dan ditambah susu yang sangat efektif.

2. Sereal

Untuk memenuhi kebutuhan gizi yang baik untuk keluarga maka pilihan menu sarapan pagi yang sehat adalah sereal. Menu ini sangat lezat jika dicampur dengan susu atau bisa juga dengan yoghurt, lebih enak lagi dtambah potongan buah-buahan segar. Sereal mengandung protein yang begitu penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bagi tubuh anak-anak. Disisi lain menu merupakan sumber energi yang bisa mengendalikan rasa lapar dan mengendalikan kenyang lebih lama.

3. Salad Buah

Pilihan menu untuk sarapan berikutnya adalah salad buah dengan kandungan gizi yang tinggi dan juga vitamin dalam buah-buahan segar yang menyehatkan. Cara membuatnya pun tidak rumit karena potongan buah segar hanya perlu dicampur dengan susu kental manis, madu dan juga yoghurt. Bahkan salad buah juga sangat efisien bagi yang susah membuat sarapan di pagi hari karena dapat disimpan di dalam kulkas jika buah dipotong berlebih. Manfaat dari sarapan pagi yang sehat ini adalah dapat menghilangkan racun di dalam tubuh jika rutin mengkonsumsinya di pagi hari.

4. Oatmeal

Di balik rasanya yang ambar, oatmeal mengandung serat yang tinggi dan sangat tepat sebagai pilihan menu sarapan pagi yang sehat. Makanan ini dapat memiliki manfaat diantaranya dapat menurunkan kolesterol bahkan sangat baik apabila dikonsumsi oleh penderita obesitas. Oatmeal sangat cocok di konsumsi bagi yang ingin melakukan diet sehat dan tentunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penyajian oatmeal sangat mudah dengan cara diseduh dengan air panas atau juga terdapat pilihan yang harus dimasak.

5. Telur

Mengkonsumsi telur di pagi hari dapat membuat kenyang lebih lama karena jumlah kalori yang lebih sedikit. Telur dapat dijadikan alternatif pilihan sarapan pagi yang sehat karena bisa menjaga kadar gula darah serta insulin yang terbatas. Tidak hanya itu, telur merupakan sumber kolin terbaik sebagai nutrisi yang penting untuk kesehatan otak. Cara membuatnya pun sangat mudah seperti memasak telur orak-arik dengan menambahkan sayuran seperti wortel, jagung, atau bayam.

Sarapan pagi begitu banyak khasiatnya karena sebagai sumber energi aktivitas yang akan dikerjakan akan lancar karena perut yang sudah terisi. Dari beberapa pilihan menu sarapan pagi yang sehat diatas, pastinya salah satunya wajib diterapkan untuk dikonsumsi di pagi hari.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …