6 Sayuran Pengganti Nasi Yang Tetap Mengenyangkan

Buah pengganti nasi biasanya banyak dibutuhkan oleh seseorang yang sedang menjalani proses diet. Nasi adalah sumber karbohidrat yang selalu dijadikan makanan pokok terutama bagi penduduk Indonesia. Seiring dengan berkembangnya pola hidup sehat, penggunaan nasi sedikit dikurangi. Karena nasi dapat mempercepat proses penyerapan gula dalam tubuh sehingga cepat menambah kegemukan. Untuk mensiasatinya, nasi dapat digantikan oleh makanan lain dan tetap mengenyangkan misalnya sayuran. Berikut 6 sayuran pengganti nasi :

1. Brokoli

Brokoli sangat baik sebagai pengganti nasi terutama ketika sedang menjalani program diet. Karena brokoli memiliki kandungan nutrisi yang lengkap namun rendah kalori. Karbohidrat yang ada pada brokoli dapat membuat kenyang lebih lama. Selain itu brokoli juga mengandung vitamin C dan serat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Brokoli dapat dikonsumsi dengan cara dibuat sup atau dengan mencampurkannya pada jus buah.

2. Daun Singkong

Serat yang baik dan karbohidrat pada daun singkong dapat menggantikan nasi. Kandungan lainnya pada daun singkong adalah vitamin A, asam amino esensial, dan protein. Terkadang daun singkong masih dianggap remeh. Padahal daun singkong juga dapat mengobati berbagai macam penyakit. Daun singkong mengandung isoflavon yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit stroke.

3. Wortel

Selain nasi, wortel juga sayuran pengganti nasi yang sama-sama mengandung karbohidrat. Namun karbohidrat pada wortel lebih baik  dibandingkan nasi. Karena wortel juga termasuk rendah kalori dan jika dikonsumsi membuat cepat kenyang. Kandungan lainnya pada wortel adalah serat yang dapat memperbaiki pencernaan saat terjadi diare. Selain itu yang paling banyak diketahui adalah bahwa wortel mengandung vitamin A yang dapat mencegah mata rabun. Mengonsumsi wortel sejak dini dapat mencegah terjadinya rabun pada mata.

4. Kentang

Jenis sayur yang sekarang banyak digunakan dalam menggantikan nasi adalah kentang. Karena kentang memiliki beberapa kelebihan yaitu mudah didapat, harganya terjangkau, serta mudah diolah. Kendungan kalium dan vitamin C pada kentang juga baik bagi tubuh. Namun jika ingin lebih sehat sebaiknya kentang diolah dengan cara dikukus atau direbus. Hindari pengolahan dengan cara digoreng agar tidak tercampur dengan lemak yang banyak mengandung kalori.

5. Bayam

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa bayam banyak mengandung zat besi dan serat yang tinggi sehingga baik bagi tubuh. Selain zat besi dan serat, ternyata bayam juga mengandung karbohidrat yang rendah kalori. Bayam yang dapat dikonsumsi dibagi menjadi dua yaitu bayam hijau dan bayam merah. Kandungan vitamin B3 dan kalsium pada bayam merah lebih tinggi daripada bayam hijau. Sebaiknya sayur bayam tidak dikonsumsi setelah 5 jam. Sayur bayam yang didiamkan terlalu lama akan terjadi proses oksidasi senyawa pada bayam dengan udara.

6. Buncis

Mengonsumsi buncis bisa menurunkan obesitas karena sangat rendah kalori. Sangat cocok untuk bagi seseorang yang sedang menjalani program diet. Buncis juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh karena mengandung vitamin A dan B, serta antioksidan. Selain itu, buncis juga mengandung protein tinggi yang dapat menjaga tubuh agar tetap stabil. Mengonsumsi buncis untuk yang sedang diet bisa dilakukan setiap hari atau sebagai selingan menu saja.

Itu tadi 6 sayuran pengganti nasi. Bagaimana ? Apakah ada yang tertarik untuk mulai mengubah pola makannya dengan cara mengganti nasi dengan sayur? Sayuran memang menyehatkan dan cenderung rendah kalori jika diolah dengan baik dan tau cara konsumsinya yang benar. Yang terpenting adalah lengkapilah asupan gizi harian agar memperoleh kondisi tubuh yang ideal.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …