6 Sayuran Sehat Untuk Diet Yang Bisa Anda Coba

Mempertahankan berat badan dan juga memiliki gaya hidup yang sehat terbilang susah bagi seorang wanita. Terlebih bagi mereka yang memiliki kesibukan dalam kesehariannya. Banyak orang melakukan berbagai macam diet supaya mendapatkan bentuk dan erat badan sesuai dengan yang diinginkannya. Mengkonsumsi sayuran menjadi pilihan yang tepat dan juga menjadi pemikiran cerdas untuk bisa menurunkan berat badan atau diet ini. Dengan kadar kalori yang rendah dan juga mengandung vitamin serta mineral dan serat akan sangat tepat. Nah, berikut sayuran sehat untuk diet yang bisa anda coba, antara lain:

1. Kembang Kol

Makanan yang berdensitas rendah ini memiliki banyak serat dan juga tentunya tanpa lemak. Sayuran ini sangat cocok dan terbilang brilian bagi anda yang ingin menjalankan diet. Bahkan untuk jenis sayuran ini bisa anda konsumsi baik secara mentah maupun matang.

2. Brokoli

Selain berfungsi untuk menangkal kanker prostat, payudara, paru-paru dan juga kulit, brokoli juga berfungsi untuk melawan penyimpanan lemak dalam tubuh. Hal ini karena kandungan fitonutrien atau yang sering disebut sebagai sulforaphane berfungsi untuk meningkatkan testosteron. Nutrisi yang ada dalam brokoli ini juga bisa membantu anda untuk menurunkan kadar kortisol. Brokoli ini juga termasuk dalam sayuran yang mengandung substansi glukosinolat yang menjadi sayuran anti kanker dan menjadi sayuran menghambat kanker.

3. Bayam

Bayam mungkin bagi anda akan terlihat sangat sederhana. Namun sayuran favorit popeye ini benar-benar memiliki potensi untuk pembakaran lemak. Warna hijaunya sangat dipenuhi dengan protein dan nutrisinya akan membantu pertumbuhan otot pasca pompa kesehatan. Tentunya semakin banyak massa otot yang anda miliki, semakin besar pula kalori yang akan anda bakar. Senyawa yang ada pada bayam juga terbukti mengurangi secara signifikan dalam menurunkan berat badan. Tak heran sayuran sehat untuk diet yang satu ini banyak yang mengkonsumsinya.

4. Sawi Putih

Sawi putih ini juga dikenal sebagai sawi cina. Sayuran yang kaya akan kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin A serta K ini sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan diet. Zat antioksidan dan juga anti inflamasi ini dapat melindungi anda dari adanya radikal bebas. Selain itu, sawi putih juga mengandung goitrogen seperti halnya brokoli.

5. Daun Selada

Sayuran ini terbilang rendah kalori dan juga rendah karbohidrat. Hal ini menjadikan sangat cocok bagi anda yang ingin menjalankan diet. Selain itu, kandungan yang ada pada selada ini kaya akan kalium, folat, zat besi, vitamin, dan juga kalsium. Selain termasuk dalam sayuran sehat untuk diet, selada ini juga mampu menjaga kesehatan jantung anda. Kandungan folat yang ada akan mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Selada ini biasanya dikonsumsi saat mentah, atau dijadikan untuk lalapan dan juga salad. Karena mengandung nol lemak, tentunya bisa menjadikan sayuran yang satu ini untuk menjaga berat badan anda meskipun makan dalam jumlah yang banyak.

6. Rumput Laut Kaya Akan Kandungan

Rumput laut yang dimaksud disini tidak hanya seperti halnya nori. Ada jenis rumput laut seperti halnya alga atau gangga laut yang bisa dimakan dan juga dijadikan sebagai sayuran sehat untuk diet. Rumput laut ini termasuk dalam sayuran yang kaya akan vitamin dan juga mineral. Bahkan rumput laut jenis kelp menjadi sumber terbaik untuk yodium yang cocok bagi penderita hipotiroid. Selain itu, kandungan kalsium, omega 3, asam lemak, dan zat besi ini sangat bagus untuk dikonsumsi dan berguna bagi tubuh.

Berbagai sayuran sehat untuk diet tersebut tentunya akan sangat baik membantu anda yang sedang menjalankan program diet. Anda bisa memilih beberapa sayuran tersebut dan juga menggantinya supaya tidak mudah bosan. Namun supaya diet anda berhasil, anda juga harus mengimbanginya dengan olahraga dan juga hidup teratur.

 

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …