Penyebab Sering Pusing Dan Mual Yang Wajib Diketahui

Sebagai manusia yang disibukkan oleh banyak hal, pasti kita sering mengalami gangguan kesehatan yang cukup mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Salah satunya adalah timbul rasa sering pusing dan mual yang terjadi disaat bersamaan. Meski begitu, kita tidak tahu apa penyebabnya.

Rasa sakit kepala yang dibarengi dengan rasa mual dapat menunjukkan berbagai macam gejala dan disebabkan beberapa faktor. Berikut merupakan penyebab kepala sering pusing dan mual:

1. Migrain

Penyakit migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang tidak bisa dikatakan ringan dan menyerang satu bagian kepala saja. ada beberapa tahap sebelum timbulnya sakit kepala jenis ini. entah itu munculnya mual sebelum atau terjadi bersamaan dengan migrain itu sendiri. Pada kasus ini muntah juga dapat terjadi jika sakit kepala yang menyerang cukup parah dan tidak tertahankan.

2. Mabuk Perjalanan

Saat mabuk perjalanan, rasa mual dan pusing pasti muncul secara bersamaan. Umumnya, mabuk perjalanan ini dapat terjadi ketika sedang melakukan perjalanan apapun seperti bepergian dengan transportasi darat, air maupun udara. Mabuk perjalanan juga dapat disebabkan dengan memandang layar gadget terlalu lama selama melakukan perjalanan.

3. Efek Samping Penggunaan Obat

Saat mengkonsumsi obat-obatan, tak jarang ditemui tulisan yang mencantumkan efek samping dari obat tersebut. entah itu mengantuk, atau yang paling terjadi adalah efek pusing dan mual.

4. Hamil

Terjadinya rasa sering pusing dan mual juga dapat dialami oleh wanita yang tengah hamil muda. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Entah itu kekurangan nutrisi, si ibu memiliki riwayat penyakit diabetes, atau terjadi infeksi yang cukup membahayakan bagi jabang bayi. Periksakan segera jika rasa pusing dan mual disertai demam menggigil.

5. Trauma Kepala

Trauma di kepala juga dapat disebut gegar otak. Dan gegar otak sering sekali menimbulkan sakit kepala yang disertai mual. Bahkan di beberapa kasus dapat menyebabkan muntah yang tak tertahankan.

6. Dehidrasi

Kekurangan cairan juga bisa menjadi penyebab timbulnya sering pusing dan mual. Meski dehidrasi muncul dari perkara yang cukup sepele, gejala yang timbul dari sakit ini cukup membahayakan jika terjadi pada tahap yang serius. Anda akan mengalami demam, kram otot, bahkan kelemahan mental.

7. Infeksi

Infeksi bisa menyerang otak dan sumsum tulang belakang yang merupakan sistem saraf pusat. Terjadinya infeksi pun dapat memicu pusing dan mual. Infeksi ini mencakup infeksi pada membran yang melindungi otak (meningitis), radang jaringan otak (enchepalitis), gastric flu dan infeksi saluran pernapasan atas.

8. Maagh

Bagi penderita maagh, sudah pasti mengenali gejala pusing yang disertai mual. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah asam lambung yang naik karena terlambat makan atau memakan sesuatu yang memicu naiknya asam lambung.

9. Kurang Tidur

Seringnya muncul mual dan pusing juga dapat disebabkan oleh kurangnya tidur. Terlebih bagi orang yang kerap begadang atau tidur larut malam. Begadang yang dilakukan secara terus menerus dapat mengakibatkan otot, saraf dan pembuluh darah yang menuju ke kepala semakin menciut, menghambat dan akhirnya tegang. Istirahat yang cukup adalah anjuran terbaiknya dan tentu saja kurangi begadang di malam hari.

10. Keracunan

Keracunan makanan pun bisa menyebabkan rasa pusing dan mual hebat. Penyebab satu ini menimbulkan gangguan sistem jaringan yang ada di perut lalu diiringi pusing karena rasa panik yang tiba-tiba.

Itulah beberapa penyebab sering pusing dan mual. Kesehatan merupakan hal yang masing-masing harus kita jaga. Meski ada faktor eksternal yang menyebabkan gangguan kesehatan terjadi, tidak menutup kemungkinan kecerobohan kita dalam menjaga kesehatan memicu timbulnya beberapa penyakit. Semoga bermanfaat.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …