Mengulik Kuliner Khas Dari Kota Budaya, Ayam Ingkung Jogja

Jogjakarta tidak hanya terkenal akan segala macam kebudayaan serta kunjungan turisnya. Kota Jogjakarta ternyata juga menyediakan berbagai macam kuliner ikonik yang tentunya membuat Anda ingin mencobanya. Apalagi kalau bukan Ayam Ingkung Jogja. Tidak hanya Gudeg Jogja saja yang memiliki cita rasa yang lezat namun Ayam Ingkung Jogja juga wajib Anda coba. Ayam ingkung sendiri merupakan makanan yang biasanya disajikan dalam acara tertentu yang bersifat sakral di daerah Jawa seperti selamatan, pernikahan serta khitanan. Penasaran seperti apa Ayam Ingkung Jogja itu? Berikut beberapa ulasan mengenai Ayam Ingkung Jogja untuk Anda :

Asal Usul Ayam Ingkung Jogja

Belum jelas diketahui awal mula sejarah ayam ingkung Jogja. Namun sajian yang satu ini memang lekat dengan upacara sakral didaerah Jawa. Menurut berbagai sumber, ayam ingkung sendiri merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME atas segala kenikmatan didunia. Ayam sendiri merupakan makanan yang relatif mahal dan digemari oleh banyak kalangan masyarakat, sehingga ayam dianggap sebagai salah satu makanan yang baik untuk digunakan sebagai bentuk rasa syukur. Bentuk ayam Ingkung yang berbentuk meringkuk menggambarkan manusia yang sedang bersujud kepada Tuhan YME. Keberadaan Ayam Ingkung ini memang tidak bisa terlepas dari Tumpeng. Kedua makanan ini dianggap sebagai makanan ikonik yang harus ada pada suatu upacara sakral di tanah Jawa.

Cara Membuat Ayam Ingkung Jogja

Sebelum membuat olahan ayam ingkung bahan-bahan yang perlu Anda siapkan diantaranya seekor ayam kampung utuh, perasan air jeruk, garam, santan dari satu butir kelapa, serta minyak goreng. Untuk bahan bumbu halusnya Anda perlu menyiapkan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, kemiri yang sudah disangrai, kunyit yang sudah dibakar serta garam. Agar rasa ayam ingkung semakin nikmat persiapkan pula bumbu pelengkap seperti daun salam, daun jeruk purut, batang serai yang telah dimemarkan, jahe yang telah dimemarkan, asam jawa yang telah diseduh dan disaring serta irisan gula merah.

Setelah semua bahan sudah siap yang perlu Anda lakukan pertama tama ialah melumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu cuci ayam hingga bersih. Sayat bagian paha ayam, lalu masukkan salah satu ceker ayam ke dalamnya. Ikat kepala dan sayap ayam menggunakan benang kasur agar kepala ayam dapat berdiri tegak. Tumis semua bumbu yang telah disiapkan tadi hingga harum. Masukkan ayam, santan, air asam serta gula merah. Masak ayam hingga empuk dan angkat. Ayam Ingkung Jogja Anda sudah siap dihidangkan

Outlet Yang Menjual Ayam Ingkung Jogja

Terdapat beberapa rumah makan maupun usaha catering yang menjual Ayam Ingkung khas Jogja. Beberapa diantaranya yakni :

  1. Ingkung Grobog Timoho di Jalan Ipda Tut Harsono No. 18
  2. Ingkung Kuali Tamsis di Jalan Taman Siswa No.117
  3. Rumah Makan Pondok Ndeso di Jalan Raya Imogiri Timur
  4. Ingkung Mbah Kentol di Kabupaten Bantul
  5. Ingkung Mbah Cempluk di Jalan Gajah Mada No.21 Pakualaman
  6. Ayam Ingkung Mbak Sri di Jalan Kebon Agung Km 6. Sleman

Diatas beberapa referensi tempat makan yang menyajikan menu khusus Ayam Ingkung Jogja. Masih banyak tempat lain yang menjajakan Ayam Ingkung Jogja yang dapat Anda temui seantero Jogja.

Harga Ayam Ingkung Jogja

Ayam ingkung Jogja sendiri dipatok dengan harga yang relatif mahal dikarenakan memang kualitas rasa yang  memang tak ada duanya. Selain itu satu porsi kuliner ini dapat Anda nikmati beramai-ramai. Jadi lebih hemat bukan. Harga kuliner ini dipatok mulai dari Rp. 90.000 yang dapat dinikmati untuk 2-3 orang serta Rp. 140.000 untuk ukuran ayam ingkung yang berukuran Jumbo. Bagaimana tertarik untuk mencobanya ?

Menu Tambahan Untuk Menikmati Ayam Ingkung Jogja

Ayam ingkung Jogja biasa disajikan dengan campuran lalapan yang segar. Selain itu bagian jeroan ayam yang dipisahkan biasanya diolah dengan cara digoreng yang turut disajikan saat Anda membeli Ayam Ingkung. Selain jeroan, ayam ingkung biasa juga disajikan dengan tumis kangkung, sup ayam kampung hingga sayur asem. Ayam ingkung Jogja selain dapat dinikmati dengan cara digoreng namun dapat Anda nikmati pula dengan cara dikukus dan dipanggang.  Sambal yang digunakan untuk menemani sajian ayam ingkung sendiri juga tak perlu diragukan. Ada berbagai macam sambal seperti sambal dele, bawang hingga terasi  yang pedasnya jangan diragukan lagi/

Bagaimana sudah tertarik mencoba? Berikut beberapa ulasan mengenai ayam Ingkung Jogja. Tidak hanya dapat berpariwisata menikmati keindahan budaya namun Anda juga dapat menikmati kuliner ikonik yang terdapat di Jogja. Selamat berlibur

 

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …