Cara Membuat Es Buto Ijo Yang Mudah Dan Praktis

Tak dapat dipungkiri Indonesia yang terkenal kaya akan beragam suku dan budaya. Selain itu Indonesia juga memiliki beraneka ragam kuliner yang bercita rasa khas, tak terkecuali minuman tradisionalnya. Salah satu minuman tradisional khas Indonesia yaitu es buto ijo. Minuman khas kota Kediri ini bercita rasa manis dan segar yang cocok untuk pelepas dahaga pada siang hari yang panas. Cara membuat es buto ijo pun sangat mudah dan praktis dan dapat Anda coba di rumah. Penasaran? Simak langkah-langkah membuat es buto ijo berikut.

Menyiapkan Bahan

Cara membuat es buto ijo yang pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan menyiapkan bahan-bahan utama membuat es buto ijo. Adapun bahan-bahan yang harus anda siapkan yaitu: 100 gram kacang hijau, 25 gram sagu mutiara, 150 gram kelapa muda, 150 gram kolang-kaling, 1 sdm selasih, dan 100 gram Nata de coco. Selain bahan utama tersebut, untuk menambahkan rasa manis dan segar pada es buto ijo, Anda perlu menyiapkan 75 ml susu kental manis putih, 150 gram sirup melon, dan 1 kg es serut

Merebus Bahan

Setelah semua bahan tersedia, cara membuat es buto ijo selanjutnya yaitu mengolah bahan-bahan tersebut. Kacang hijau harus Anda rebus terlebih dahulu hingga matang. Salah satu tanda bahwa kacang hijau sudah matang adalah dengan lepasnya kulit kacang hijau dari bijinya. Kemudian rebus sagu mutiara dengan menambahkan pewarna merah hingga matang. Untuk kolang-kaling, rebus juga hingga matang dengan menambahkan pewarna merah. Dan apabila sudah matang, potong dadu kolang-kaling tersebut. Terakhir, rendam biji selasih hingga mengapung dan tiriskan.

Mencampurkan Bahan

Cara membuat es buto ijo selanjutnya yaitu mencampurkan bahan yang sudah masak sebelumnya. Pada tahap ini, letakkan semua bahan ke dalam satu gelas. Anda dapat menggunakan gelas yang memiliki bentuk indah agar semakin mempercantik tampilan es buto ijo. Susun dengan rapih bahan bahan yang telah disiapkan tadi, seperti kacang hijau, sagu mutiara, kelapa muda, kolang-kaling, selasih, dan mata de coco. Untuk bahan-bahan ini sebenarnya berdasarkan selera Anda. Apabila Anda menyukai jenis buah-buahan tertentu, Anda dapat menambahkannya untuk menambah sensasi segar pada es buto ijo Anda, seperti melon, semangka, nangka, dan lain sebagainya.

Menambahkan Es Serut

Setelah semua bahan Anda susun pada sebuah gelas cantik, cara membuat es buto ijo selanjutnya yaitu menambahkan es serut pada gelas tadi. Untuk memperindah tampilannya, sebaiknya anda cetak es serut terlebih dahulu ke dalam sebuah mangkok plastik. Setelah membentuk setengah lingkaran, Anda bisa memasukkan es serut tersebut ke dalam gelas yang berisi beberapa bahan utama es buto ijo tadi. Kemudian siram es buti ijo dengan susu kental manis dan sirup melon. Usahakan jangan terlalu banyak menuang sirup karena apabila terlalu manis, maka es buto ijo Anda tidak terasa menyegarkan. Tuanglah susu kental manis dan es sirup secukupnya berdasarkan selera Anda.

Hidangkan Es Buto Ijo

Setelah semua bahan utama, es serut, susu kental manis, dan sirup melon tercampur, Anda dapat menghidangkan dan menikmati kesegaran es buto ijo ini. Untuk mempercantik tampilan, Anda dapat menambahkan potongan buah kecil di atas es buto ijo, seperti leci, jeruk, atau Anda juga dapat menambahkan irisan daun pandan. Dengan tampilan yang begitu menarik tersebut, tentunya akan semakin menggugah selera Anda.

Itulah cara membuat es buto ijo yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Memiliki cita rasa yang begitu segar dengan variasi isi yang bermacam-macam, semakin membuat mimuman khas Indonesia yang satu ini semakin digemari di berbagai kalangan. Es buto ijo ini sangat sesuai untuk dihidangkan sebagai minuman sehat yang pada saat berkumpul dengan keluarga atau teman terdekat Anda.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …