Tips & Cara Membuat Kerak Telor

Kerak Telor adalah makanan khas Betawi yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Awal mula ide pembuatan kerak telor muncul karena masyarakat Betawi ingin memanfaatkan buah kelapa yang saat itu banyak berada di wilayah Batavia. Masyarakat Betawi mulanya memanfaatkan kelapa sebagai bahan untuk membuat minyak, dimakan daging kelapa dan meminumnya saja, namun terlahirlah kerak telor yang diciptakan secara tidak sengaja untuk memanfaatkan kelapa yang banyak tersedia. Kerak Telor biasanya disajikan dengan taburan kelapa yang sudah disangrai dan taburan bawang goreng. Berikut ini adalah cara membuat kerak telor khas Betawi beserta bahan dan tipsnya :

Bahan-Bahan Yang Harus Disiapkan

Sebelum ke pembahasan cara membuat kerak telor, tentunya anda harus tahu apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini bahan-bahannya :

  • 200 gram Beras ketan putih yang telah dicuci bersih dan direndam selama 8 jam
  • 1 butir telur bebek / ayam
  • 1 sendok udang ebi yang sudah disangrai dan dihaluskan
  • 50 gram kelapa parut yang telah disangrai untuk adonan dan taburan
  • 10 gram bawang goreng untuk taburan
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis bumbu halus

Bumbu Halus :

  • 2 siung bawang merah ukuran besar
  • 1 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kencur
  • ½ sdt merica bubuk

Cara Membuat

Setelah mengetahui dan mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat kerak telor, sekarang anda siap untuk membuatnya. Berikut ini cara membuat kerak telor yang bisa anda coba lakukan :

  1. Panaskan bara api untuk memasak kerak telor. Bara api digunakan untuk mempertahankan rasa asli dari kerak telor dan membuat rasa dan aroma dari kerak telor lebih enak.
  2. Masukkan beras ketan yang telah direndam dan air sisa rendamannya dengan rasio 3:5 kedalam wajan. Aduk-aduk hingga beras ketan menjadi lebih lunak. Usahakan untuk terus mengaduk beras ketan agar tidak lengket pada bagian bawah wajan.
  3. Tambahkan serundeng atau kelapa parut yang telah disangrai terlebih dahulu. Kelapa yang digunakan sebaiknya yang bertekstur agak sedikit keras dan tidak terlalu muda.
  4. Dengan wajan terpisah tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan dengan 2 sendok minyak makan hingga warna kecoklatan.
  5. Campurkan 1 butir telur, ebi dan bumbu halus yang sudah ditumis ke dalam wajan yang berisi campuran ketan dan serundeng. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  6. Ratakan bahan yang sudah tercampur ke sisi wajan dengan ketebalan yang sedang dan merata. Tujuannya agar kerak telor matang sempurna dan matang merata.
  7. Jika dirasa bagian bawah sudah cukup matang, balik wajan hingga bagian atas adonan menghadap bara api, teruskan mengipasi bara hingga bagian atas kerak telor matang.
  8. Setelah dirasa kerak telor sudah matang dari sisi atas dan bawah angkat kerak telor menggunakan spatula stainless steel agar mengeruknya lebih mudah.
  9. Taburkan sisa serundeng dan bawang goreng diatas kerak telor yang sudah jadi.
  10. Santap selagi masih hangat.

Tips Membuat Kerak Telor

Untuk membuat kerak telor khas Betawi sebenarnya mudah. Namun ada baiknya anda untuk mengetahui beberapa tips dalam pembuatan kerak telor khas Betawi. Berikut beberapa tips tersebut :

  1. Jika serundeng yang ditambahkan sudah dibumbui, maka bumbu halus tidak perlu ditambahkan lagi.
  2. Kelapa yang digunakan sebaiknya yang bertekstur agak keras agar hasil sangrainya kering sempurna.
  3. Beras ketan yang lama direndam akan semakin cepat matang saat akan dimasak.
  4. Cara membuat kerak telor ini dibutuhkan kesabaran untuk menunggu adonan matang dengan bara api sedang agar tidak membuat kerak telor gosong dan bagian dalamnya tidak matang. Untuk memastikan jika bagian bawah kerak telur sudah matang bisa dilihat dari pinggirannya, jika sudah berwarna kecoklatan atau kering maka adonan sudah masak.
  5. Agar adonan tidak jatuh saat dibalik, tunggu adonan hingga benar-benar kering pada bagian bawahnya.

Sekian dari tips & cara membuat kerak telor khas Betawi. Anda dapat mempraktikannya di rumah ataupun dapat pula anda dijadikan sebagai lini untuk berwirausaha. Karena sudah banyak penggemar kerak telor yang tinggal di luar Jakarta. Sehingga hal tersebut menjadi peluang yang nyata bagi anda.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …