Cara Membuat Mandai Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman suku dan budaya. Masing-masing suku memiliki makanan dan minuman khas yang biasanya dikonsumsi di daerahnya. Cempedak merupakan salah satu makanan yang hanya tumbuh di beberapa pulau di Indonesia seperti di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua dan juga banyak terdapat di pulau jawa bagian barat. Cempedak dengan nama latin Artocarpus champeden dari famili Moraceae memiliki bentuk buah dan wangi seperti buah nangka namun ukurannya lebih kecil dan harumnya lebih tajam. Salah satu olahan khas dari suku banjar yang menggunakan cempedak sebagai bahan dasar yaitu adalah mandai, olahan yang terbuat dari kulit buah cempedak. Cara membuat mandai tidak susah dan bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana, berikut ini adalah cara membuat mandai:

Bahan-Bahan Yang Harus Disiapkan

Untuk membuat mandai tentunya anda harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mandai sangat sederhana. Adapun bahan-bahan untuk membuat mandai adalah sebagai berikut :

  1. Kulit cempedak
  2. Air hangat
  3. Garam

Cara Membuat Mandai

Setelah anda menyiapkan bahan-bahan seperti di atas, sekarang anda sudah siap untuk membuat mandai. Anda bisa ikuti cara membuat mandai seperti berikut ini :

  1. Siapkan kulit cempedak yang sudah matang. Buang sisi luar dari kulit cempedak hingga yang tersisa adalah bagian putih yang terlihat seperti gabus. Bagian inilah yang akan di olah menjadi mandai.
  2. Potong kulit cempedak menjadi beberapa bagian sehingga muat untuk dimasukkan kedalam wadah penyimpanan.
  3. Siapkan larutan air garam untuk merendam kulit cempedak yang sudah dipotong tadi.
  4. Masukkan kulit cempedak ke dalam wadah bening untuk memudahkan dalam mengecek.
  5. Tuangkan larutan garam hingga merendam seluruh bagian dari kulit cempedak.
  6. Simpan ditempat suhu ruang dan tidak terkena cahaya matahari.
  7. Mandai bisa diolah setelah 2 hari proses fermentasi dan dapat bertahan hingga 1 tahun.
  8. Untuk mengolah mandai sebagai lauk dapat ditumis dengan bumbu dasar seperti bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan. Suir-suir daging mandai yang telah dicuci dengan air bersih, tumis dengan bumbu dasar dan olahan mandai siap dimakan dengan nasi hangat.

Manfaat Mandai Bagi Kesehatan

Selain mengetahui cara pengolahan mandai, ada baiknya anda juga mengetahui manfaatnya bagi kesehatan. Mandai atau kulit buah cempedak ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut ini 4 manfaat mandai bagi kesehatan :

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi Tubuh

Manfaat dari mandai yang pertama yaitu berkaitan dengan pemenuhan gizi dalam tubuh. Tubuh memerlukan berbagai asupan gizi yang harus tercukupi, dan bilamana tubuh kekurangan gizi maka akan menimbulkan berbagai masalah. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kulit cempedak atau mandai sebagai asupan tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Mandai ternyata kaya akan vitamin yang juga menyehatkan mata. Bagi anda yang mengalami gangguan kesehatan pada mata sangat dianjurkan untuk mengonsumsi mandai. Terdapat banyak penyebab mengapa mata mengalami penurunan kemampuan penglihatan. Salah satunya berkaitan dengan faktor keturunan. Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi kulit buah cempedak

3. Menanggulangi Tumor pada Beberapa Bagian Tubuh

Manfaat mandai yang ketiga bagi kesehatan tubuh adalah untuk menanggulangi tumor. Karena tumor seringkali sembuh dan berisiko datang kembali, salah satu penanggulangannya adalah dengan mengonsumsi mandai. Mandai dapat mencegah datang kembalinya tumor, serta mencegah pengaruhnya menjadi kanker.

4. Mengobati Penyakit Malaria

Manfaat dari mandai yang sering digunakan bagi kesehatan adalah sebagai obat penyakit malaria. Salah satu pengobatan alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi malaria adalah dengan menggunakan kulit buah cempedak atau mandai ini.

 

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …