Inilah Keistimewaan Es Kuwut Khas Bali

Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia terasa panas, tak lain dikarenakan musim kemarau yang masih melanda daerah-daerah di Indonesia. Hal ini tentu saja membuat banyak orang merasa gerah dan sering haus. Pedagang pun berlomba-lomba menjual minuman segar pelepas dahaga. Salah satunya yang saat ini sedang naik daun adalah es kuwut khas Bali. Kuwut sendiri artinya adalah kelapa. Berikut adalah beberapa alasan mengapa es kuwut sangat digemari.

Rasa Yang Segar

Panas-panas enaknya minum yang dingin dan segar. Tak ada yang menyangkal bahwa es kuwut memiliki rasa yang menyegarkan. Perpaduan antara rasa asam jeruk nipis dan manisnya gula yang menyatu dalam satu wadah sangat enak dinikmati saat cuaca terik. Sangat melegakan ketika minuman ini meluncur membasahi tenggorokan. Tak heran bila banyak orang yang sangat menyukai minuman segar khas bali ini.

Menggunakan Bahan Yang Masih Fresh

Tekstur yang sedikit kenyal dari kelapa muda dan melon juga kesegaran jeruk nipis menandakan bahwa bahan yang digunakan dalam pembuatan es kuwut masih sangat segar. Pembeli dapat mengamatinya secara langsung untuk memastikannya. Apabila bahan yang digunakan sudah tidak fresh lagi maka rasa dari es kuwut tersebut juga akan ikut berubah dan tidak nikmat lagi.

Bebas Pengawet

Bagi penggemar es kuwut khas bali tak perlu takut dan khawatir. Es kuwut dijamin bebas pengawet karena menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam serta gula pasir murni sehingga terjamin keasliannya. Es kuwut juga diracik secara langsung saat pembeli memesannya, sehingga konsumen dapat melihat sendiri bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya.

Bernutrisi

Es kuwut juga memiliki nutrisi yang bersumber dari bahan-bahan dalam pembuatannya. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang baik bagi kekebalan tubuh. Sedangkan air kelapa dipercaya dapat menjadi detox untuk mengeluarkan racun-racun. Selain itu, buah melon juga memiliki serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Tak lupa pula gula yang mengandung glukosa sebagai sumber energy bagi tubuh manusia.

Harga Bersahabat

Tak perlu risau untuk menikmati kesegaran es kuwut. Dengan harga yang bersahabat pembeli sudah bisa menikmati es kuwut. Satu cup es kuwut segar biasanya dibandrol dengan harga mulai dari 4.000 rupiah sampai dengan 7.000 rupiah saja. Tentu hal ini relatif murah sesuai dengan ukuran yang ditawarkan dan juga rasa yang tetap enak pastinya.

Disukai Anak-Anak dan Orang Dewasa

Dengan perpaduan rasa yang pas menjadikan es kuwut disukai oleh semua kalangan. Es kuwut juga bisa dinikmati oleh anak-anak hingga dewasa. Namun, tentu saja bayi tidak diperbolehkan untuk minum es kuwut. Es kuwut merupakan jenis minuman yang merakyat dan bisa dinikmati oleh siapa saja tidak terbatas pada golongan tertentu.

Mudah Cara Pembuatannya

Bagi yang ingin menikmati kesegaran es kuwut namun enggan membelinya di luar, bisa membuatnya sendiri dirumah. Bahan-bahannya pun cukup simpel. Terdiri dari air dan serutan daging kelapa muda, kemudian perasan jeruk nipis, juga serutan buah melon. Kemudian tak lupa pula sirup rasa melon dan gula yang telah dicairkan. Setelah itu tinggal menambahkan es batu agar makin segar.

Es kuwut khas Bali memang sangat enak sehingga banyak orang yang mulai menyukainya. Kini es kuwut tidak hanya terdapat di Pulau Dewata saja, tetapi sudah mulai banyak yang menjualnya di kota lain di sekitar tepi-tepi jalan. Tentu hal ini memudahkan para penikmat es kuwut untuk membeli minuman segar tersebut. Namun jangan lupa untuk meminumnya sewajarnya saja, karena walaupun bernutrisi tetap saja bahwa sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …