7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat begitu menghadang apalagi ketika pukul 12.00 siang. Tak jarang  ketika siang banyak pedagang yang menjajakan jualannya untuk mendinginkan panas mentari dan keringat akibat lelah beraktivitas. Salah satu jajakan yang cukup menggoda adalah es pisang ijo. Es pisang ijo Surabaya ini cukup digemari oleh masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa. Rasanya yang begitu nikmat dan dinginnya es mampu menjadi favorit warga kota Surabaya. Berikut ini 7 keunikan Es Pisang Ijo Surabaya :

1. Aslinya Makanan Khas Makassar

Es Pisang Ijo sebenarnya adalah makanan khas Kota Makassar. Namun tingginya minat masyarakat Surabaya, es pisang ijo menjadi familiar di kota Surabaya. Anda dapat menemukan es pisang ijo di kota Surabaya dengan mudah. Sudah ada beberapa lokasi yang dapat anda kunjungi jika anda ingin merasakan kesegaran Es Pisang Ijo  ini. Tidak terlalu sulit untuk menuju ke lokasi tempat pedagang yang berjualan es pisang ijo. Anda dapat menjangkaunya dengan naik kendaraan umum atau dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk lebih mudah.

2. Ijo Berasal Dari Bahasa Surabaya

Nama es pisang ijo diperoleh karena makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut kulit terigu.  Setelah itu pisang tersebut kemudian dicampur dengan es serta bahan-bahan lainnya seperti mutiara, bubur, serta sirup yang meningkatkan cita rasa. Jadilah makanan ini bernama Es Pisang Ijo. Kata ijo pada es pisang ijo bukanlah berasal dari bahasa Indonesia yang seharusnya hijau, melainkan kata ijo mengarah pada bahasa surabayanya  hij au. Ijo sendiri melambangkan es pisang ijo ini terbuat dari pisang yang di bungkus tepung pembungkus pisang yang berwarna hijau.

3. Es Rasa Pisang Dengan Campuran Beragam makanan

Es Pisang Ijo Surabaya ini sebenarnya dibuat dari campuran beraneka ragam makanan. Sekilas jika dilihat, kulit yang  berwarna hijau tersebut bagaikan kulit pisang sungguhan. Namun setelah dicicipi rasanya kenyal-kenyal dan nikmat. Setelah pisang dipotong-potong, selanjutnya bahan-bahan seperti bubur yang terbuat dari tepung beras, mutiara berwarna merah serta es yang diserut diletakkan diatasnya. Lalu dituangkan juga sirup berwarna merah muda untuk menambahkan rasa manis. Tak lupa pula ditambahkan buliran susu kental manis rasa vanilla.

4. Memiliki Bungkus Adonan

Pada es pisang ijo dibalut dengan bungkusan kulit yang berwarna ijo lalu dikukus. Bungkus adonan ini yang menjadi ciri khas utama es pisang ijo, karena tidak semua es memiliki bungkus adonan. Dalam penyajiaan memang berasal dari pisang yang terbungkus kulit berwarna hijau lalu dipotong-potong

5. Jenis pisang Yang Digunakan Adalah Pisang Kepok

Es pisang ijo lebih sering menggunakan pisang kepok, sedangkan untuk pada es lainnya, misal es palu butung menggunakan pisang raja. Beberapa masyarakat seringkali menyamakan kedua jenis pisang ini, sebenarnya tidak masalah. Hanya saja pemberian rasanya sedikit berbeda dan kurang sempurna seperti resep aslinya.

6. Bahan Baku Mudah Didapat

Jika anda ingin berjualan es pisang ijo tentu hal tersebut merupakan pilihan yang paling tepat. Bahan baku untuk pembuatan es pisang ijo mudah didapat. Tak harus musim kemarau atau musim hujan, segala bahan pembuatan mulai dari pisang, daun pandan, tepung beras dll sudah tersedia di warung dan pasar.

7.  Harga Terjangkau

Selain Familiar dan memiliki banyak penikmat, Es Pisang Ijo Surabaya memiliki harga yang sangat terjangkau. Harganya pun tidak mahal yang mengocek kantong. Hanya berkisar Rp. 3.500 hingga Rp. 8.000 anda sudah dapat menikmati kelezatan es penuh rasa ini. Selain itu, anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah karena bahan-bahannya cukup mudah diperoleh di pasar dan harganya belanja juga tak terlalu mahal.

Check Also

jus buah untuk diet

Ulasan Lengkap Serbaneka Jus Buah Untuk Diet

Beragam cara akan kita lakukan sekuat tenaga untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Termasuk halnya …