6 Olahan Ikan Kembung Banjar Paling Lezat

Ikan kembung merupakan ikan yang banyak ditemukan di Indonesia, khususnya Banjar. Ikan kembung ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Sehingga tidak heran jika banyak sekali yang mengolahnya menjadi makanan yang sangat lezat di Banjar. Banyak olahan ikan kembung Banjar yang dapat menggoyang lidah.

Ikan kembung sendiri merupakan ikan yang memiliki kualitas omega 3 yang sangat tinggi. Bahkan kualitasnya melebihi dari ikan salmon.  Sehingga ikan kembung dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Bahkan ikan kembung sering dijadikan MPASI bayi mulai dari umur 8 bulan. Namun dengan catatan tidak ada riwayat alergi terhadap ikan kembung. Berikut ini olahan ikan kembung Banjar yang paling lezat dan bisa Anda coba di rumah.

Sup Ikan Kembung Banjar

Banyak sekali variasi untuk mengolah ikan kembung Banjar, salah satunya adalah dijadikan sup. Bahkan sup tersebut juga dapat diberikan untuk si kecil. Tidak hanya lezat, makanan ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan buah hati kita. Cara pengolahannnya juga terbilang mudah. Yaitu seperti membuat sup pada umumnya. Dengan campuran jahe, lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk dan yang lainnya. Sup kembung sangat nikmat disajikan dalam keadaan hangat.

Nasi Tim Ikan Kembung

Olahan ikan kembung Banjar selanjutnya adalah nasi tim ikan kembung. Dimana nasi ini merupakan nasi tim yang menggunakan ikan kembung Banjar sebagai bahan utamanya. Untuk campurannya menggunakan sayuran seperti jagung manis. Sehingga akan memberikan rasa yang luar biasa dan cocok untuk semua kalangan.

Bubur Nasi Ikan Kembung

Bagi Anda yang memiliki bayi dengan usia 7 atau 8 bulan, cobalah untuk memberikan bubur nasi ikan kembung Banjar untuk bayi Anda. Dimana bubur tersebut memiliki gizi yang sangat tinggi. Baik dari ikan kembung itu sendiri hingga gizi yang ada pada nasi dan sayuran yang dicampurkan pada bubur.

Ikan Kembung Bumbu Kuning

Pengolahan ikan kembung Banjar memang sangat bervariasi. Salah satunya yaitu dengan bumbu kuning. Atau sering dikenal dengan ikan kembung bumbu kuning. Penambahan bumbu kuning ini membuat tampilan dari ikan kembung menjadi lebih menarik dan menggoda untuk dicicipi. Bahkan Anda juga dapat membuatnya dengan mudah di rumah, karena bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan.

Abon Ikan Kembung

Abon ikan kembung Banjar merupakan abon yang memiliki nilai gizi tinggi. Bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan abon daging sapi maupun ayam. Selain itu bahan yang digunakan juga sangat murah dan melimpah. Abon ikan kembung sendiri sangat mudah dicerna oleh tubuh. Pengolahan dalam bentuk abon ini memang sangat menguntungkan. Mengingat daya tahan ikan tidaklah tahan lama, maka dengan diolah menjadi abon maka pelengkap makanan ini menjadi lebih awet.

Pepes Ikan Kembung

Ikan kembung Banjar juga dapat diolah dengan menggunakan daun pisang untuk membalur ikannya. Pepes ikan kembung ini menawarkan kelezatan yang tidak diragukan lagi. Sehingga menu ini sangat cocok untuk menemani makan Anda. Pepes ikan kembung ini memiliki rasa yang sangat enak. Terdapat rasa gurih, asin dan manis yang menjadi satu. Selain itu menu ini juga memiliki aroma khas kemangi yang sangat segar.

Nah itulah beberapa olahan ikan kembung Banjar yang sangat lezat dan bisa dinikmati oleh siapa saja. Tertarik untuk membuat salah satu dari pengolahan ikan kembung tersebut? Selain bergizi, ikan kembung juga memberikan citarasa yang sangat menggoda selera.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …