Jenis Laksa Singapura Yang Perlu Anda Coba

Laksa merupakan sebuah hidangan mie yang terbilang pedas dan sangat populer seperti halnya di Singapura. Rasa yang nikmat dari laksa Singapura ini menjadikan makanan tersebut di ketahui secara global. Bagi kebanyakan orang yang berada di luar negara Singapura, laksa ini biasanya berupa kari dalam basis sup kari dan santan. Namun, laksa yang sebetulnya yaitu menggunakan sebuah kaldu dari kari kelapa yang kompleks, harum, dan memiliki takaran dalam jumlah yang sangat tepat.

Isi dari laksa ini biasanya berupa irisan ikan segar, tauge yang renyah, telur rebus, telur ayam dan tahu yang disiram dengan santan yang dimasak dan tentunya lezat. Ada beberapa jenis laksa Singapura yang bisa anda temui antara lain:

1. Laksa Kari Yang Terkenal

Laksa kari merupakan sebuah laksa yang berkuah santan dan dicampur dengan mie. Makanan ini biasanya disajikan dengan satu sendok sambal cabai yang ditaburi dengan ketumbar maupun kucai. Bahan dasar sup dengan kuah santan ini memiliki bahan utama termasuk tahu, potongan daging ikan udang maupun kerang. Perbedaan laksa kari dengan mie biasa yaitu, mie laksa ini lebih berwarna putih dan lebih tebal.

2. Laksa Katong Paling Banyak Digemari

Laksa katong ini terinspirasi dengan hidangan peranakan dari orang Tionghoa Semenanjung yang hidup di  Katong. Kuah sup yang pedas dengan warna yang merah dibumbui dengan santan dan udang kering menjadikan laksa katong ini sangat nikmat. Terlebih ketika laksa ini ditaburi dengan kerang, udang, dan pergedel ikan, sungguh menjadi perpaduan makanan yang sempurna. Cita rasa yang sangat khas dari laksa Singapura ini menjadikan makanan tersebut memiliki peminat dan penggemar yang banyak.

3. Laksa Asam Yang Bervarian

Untuk laksa jenis asam ini biasanya dengan kuah ikan yang asam dan dicampur dengan mie. Rasanya yang lebih gurih, tebal, dan funky akan menjadikan para penggemar asam laksa selalu ingin menyantapnya. Ketika membuat laksa Singapore yang bervarian asam ini, biasanya menggunakan asam keping atau menggunakan irisan kering manggis yang asam. Biasanya ikan yang digunakan yaitu ayam kembung dan irisan sayur halus. Disajikan dengan menggunakan mie beras yang kental menjadikan rasa yang ada tentunya lezat.

4. Curry Laksa Nan Lezat

Sup kari yang berbahan dasar kelapa ini memiliki bahan utama seperti halnya puff kacang, ikan udang seperti jenis laksa yang lainnya. Namun dengan sajian sesendok sambal cabai yang dihiasi dengan ketumbar Vietname dan daun laksa akan menjadikan jenis laksa ini berbeda. Bahkan ketika curry laksa ini di Penang, biasanya menggunakan babi beku yang menjadikan kelezatan bagi komunitas Tionghoa.

5.  Laksa Lemak Dengan Teksturnya Yang Lembut

Untuk laksa lemak ini dibuat dengan saus kelapa yang kental dan terbilang kaya. Dengan sensasi sedikit manis, saus ini tetap memiliki bahan dasar ikan. Meskipun menggunakan ikan, laksa lemak ini juga bisa dibuat menggunakan belut yang memiliki tekstur lebih lembut.

Ada beberapa varian yang mungkin menggabungkan beberapa resep dari laksa ini dengan beberapa resep lain yang menjadikan laksa ini lebih berbeda seperti halnya santan dan asam, ikan, ayam, udang dengan bumbu tertentu.  Laksa Singapura ini sangat populer di berbagai negara, bahkan di Indonesia pun sudah banyak kita temui makanan yang satu ini. Yang membedakan hanya ketika laksa Singapura menggunakan daun kesum, di Indonesia diubah menggunakan daun kemangi.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …