10 Makanan Khas Filipina Yang Wajib Dicoba

Filipina merupakan negara yang sangat terkenal dengan salah satu sajian ekstrimnya. Namun negara yang beribukota di Manila ini tidak hanya memiliki makanan ekstrim saja. Melainkan makanan tradisional yang khas dengan citarasa yang menakjubkan. Berikut ini makanan khas Filipina yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke negara ini:

1. Balut

Balut merupakan makanan yang terbuat dari telur bebek yang di dalamnya terdapat embrio yang sedang dalam masa pertumbuhan. Makanan khas Filipina ini semakin enak ketika telur berusia 21 hari. Dimana janin bebek ini sudah membentuk bulu dan paruh. Sehingga kamu dapat menemukan kepala, kaki hingga jeroan berlendir di dalamnya.

Bagi masyarakat Filipina, bagian paling enak dari Balut ada pada tulangnya, yang akan di santan dengan garam maupun cuka. Menyantap balut akan lebih nikmat ketika disandingkan dengan minuman berkarbonasi.

2. Chicken Adobo

Chicken adobo adalah makanan khas Filipina yang selalu mereka rekomendasikan kepada wisatawan. Makanan ini terbuat dari ayam, daging babi ataupun seafood. Yang kemudian dimasak dengan kecap, bawang putih dan cuka. Makanan ini akan sangat lezat ketika dimakan dengan nasi putih panas.

3. Buko Pie

Buko pie berbahan dasar dari buah kelapa. Camilan ini menjadi snack wajib masyarakat Filipina yang sangat mudah ditemui di sana. Buko pie memiliki rasa gurih dan manis, sehingga akan nikmat ketika disantap saat masih hangat. Agar pie crust lebih terasa renyah dan lembut.

4. Kinilaw

Kinilaw merupakan campuran dari ikan segar, bawang putih, bawang merah, cabe dan tomat yang di kukus dengan cuka kelapa dan jeruk. Untuk Kinilaw ini menggambarkan keragaman selera dari daerah pesisir Filipina.

5. Bicol Express

Makanan ini sangat cocok untuk lidah orang Indonesia karena memiliki rasa pedas yang mampu menyaingi negara lain. Semakin panas makanan ini makan semakin nikmat. Bicol express terbuat dari strip daging babi dan siling labuyo yang dimasak dengan santan. Makanan khas Filipina ini sangat mudah ditemui di seluruh penjuru Filipina.

6. Polvoron

Polvoron merupakan roti lembut yang mudah hancur. Roti ini berbentuk butiran-butiran halus yang terbuat dari tepung, susu, gula dan kacang.

7. Kwek-Kwek

Jajanan anak sekolahan ini biasanya dijajakan menggunakan gerobak kaki lima di sore hari. Kwek-kwek sangat murah dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Makanan ini terbuat dari telur bebek yang direbus dan dibalut dengan tepung berwarna orange kemudian digoreng.

8. Lechon Babi

Lechon babi merupakan makanan khas Filipina yang sering disajikan dalam acara perayaan di Filipina. Jenis makanan Lechon babi merupakan daging panggang yang memiliki kulit renyah dan lembut sehingga menggoda selera. Dan akan sangat lezat ketika disantap dalam keadaan panas. Makanan ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

9. Beef Caldareta

Makanan ini tidak bisa dilewatkan begitu saja ketika mengunjungi Filipina. Beef caldareta sangat lezat karena terbuat dari tomat, cuka pasta serta merica. Bahkan dalam menyajikan makanan ini juga ditambahkan kentang dan wortel sehingga lebih bergizi.

10. Kare-Kare

Kare-kare terbuat dari berbagai macam sayuran seperti kubis, terong dan daikon. Sayuran ini dicampur dengan buntut dan direbus dengan saus kacang yang terbuat dari selai kacang dan annato. Rasa kuah dari kare-kare seperti kuah kacangnya sate Indonesia. sehingga kare-kare sangat enak jika dinikmati dengan nasi yang pulen dan bagoong atau pasta udang.

Itulah beberapa makanan khas Filipina yang wajib kamu coba. Jika kamu berkunjung ke negeri Paman Marcos ini, cobalah untuk mencicipi salah satu makanan khas di atas. Dan rasakan citarasa yang berbeda serta lezat.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …