Rekomendasi Makanan Khas Jember Yang Harus Dicoba

Apabila anda pergi ke suatu tempat, baik di luar kota maupun luar negeri pasti belum lengkap jika belum mencoba makanan khasnya. Untuk itu, sebelum mengunjungi suatu daerah biasanya para pendatang akan mencari tahu terlebih dahulu mengenai kuliner khas suatu daerah tersebut, tak terkecuali dengan Kota Jember. Salah satu kota di Jawa Timur ini juga mempunyai makanan khas Jember yang terkenal dengan cita rasa yang khas dan nikmat. Apabila Anda sedang berkunjung ke kota ini, Anda harus mengetahui kuliner yang sedang populer di Jember. Simak beberapa makanan khas Kota Jember berikut:

1. Suwar Suwir

Makanan khas Jember yang sangat wajib Anda coba yaitu Suwar Suwir. Suwar Suwir ini merupakan makanan khas yang menjadi salah satu ikon dari Kota Jember. Terbuat dari bahan utama tape yang diproses dengan berbagai cara tertentu, suwar suwir ini memiliki tekstur yang keras.

Sekilas dari luar, makanan ini tampak seperti dodol. Kini suwar suwir sudah tersedia dengan beraneka rasa seperti cokelat, strawberry, nanas, dan lain-lain. Makanan khas yang satu ini sangat cocok untuk oleh-oleh apabila anda sedang berkunjung ke Jember.

2. Pecel Gudeg

Pecel merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang mudah sekali ditemui di berbagai daerah. Namun pernahkan anda terbayang bagaimana rasanya apabila makanan ini dipadukan dengan makanan Gudeg khas Yogyakarta? Ya, Pecel Gudeg ini merupakan makanan khas Jember yang sayang sekali untuk dilewatkan apabila Anda sedang berkunjung ke Jember.

Biasanya Pecel Gudeg disajikan dengan beberapa menu tambahan lainnya seperti potongan daging, cecek, rempeyek, dan lain sebagainya. Apabila Anda inget mencoba Pecel Gudeg ini, tak perlu khawatir karena makanan ini dapat dengan mudah Anda jumpai di warung-warung makan di Jember.

3. Prol Tape

Salah satu jenis jajanan khas Jember ini memiliki rasa yang nano-nano, yaitu perpaduan antara asam, manis, serta gurih. Makanan khas Jember ini terbuat dari campuran tepung terigu, tape dingkong, susu , mentega, dan telur. Prol tape ini memiliki varian rasa, yakni kismis, cokelat, keju, dan rasa original.

Makanan yang satu ini cocok untuk disajikan sebagai cemilan sehat saat berkumpul dengan keluarga atau teman terdekat Anda. Untuk mendapatkan Prol Tape ini, Anda dapat mendatangi toko oleh-oleh khas Jember karena disana tersedia lengkap berbagai varian Prol Tape.

4. Pia Tape

Makanan khas Jember memang kebanyakan terbuat dari bahan utama tape, tak terkecuali dengan Pia Tape ini. Pada umumnya, pia merupakan jenis makanan yang berbahan dasar tepung terigu. Namun pada Pia khas Jember ini, ditambahkan dengan tape. Pia ini terdapat berbagai varian rasa, seperti pisang, strawberry, blueberry, cokelat, dan lain-lain. Makanan ini memiliki tekstur luar yang keras namun apabila digigit akan terasa lembut di bagian dalam.

5. Jenang Waluh

Jenang Waluh ini sangat banyak dijumpai di Kota Jember. Makanan ini terbuat dari labu kuning yang diolah bersama tepung ketan dan kelapa. Memiliki cita rasa yang manis ditambah dengan gurih yang berasal dari kelapa dan biji wijen sebagai toppingnya.

Jenang Waluh ini sangat sesuai untuk dihidangkan sebagai camilan saat Anda berkumpul dengan sanak saudara ataupun dengan teman-teman Anda. selain itu, apabila Anda berkunjung ke Kota Jember, makanan ini sangat recommended sebagai oleh-oleh Anda.

Itulah beberapa makanan khas Jember yang sayang sekali untuk dilewatkan apabila Anda sedang berkunjung ke Kota Jember. Selain rasanya yang lezat, makanan-makanan tersebut juga sehat untuk dikonsumsi karena terbuat dari bahan-bahan yang alami tentunya.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …