10 Makanan Khas Sumatera Barat Yang paling Lezat

Sumatera Barat memiliki kuliner yang sangat terkenal di Indonesia dan menjadi makanan yang digemari oleh pecinta kuliner. Salah satu makanan khas Sumatera Barat yang paling terkenal adalah masakan Padang. Bagi kalian yang berkunjung ke Sumatera Barat, berikut ini rekomendasi makanan khas Sumatera Barat yang paling lezat:

1. Kacimuih

Kacimuih terbuat dari bahas dasar singkong yang memiliki citarasa berbeda dari olahan singkong pada umumnya. Makanan ini dibuat dengan mencampurkan singkong, gula dan parutan kelapa kemudian di kukus. Meskipun sederhana namun kacimuih menjadi makanan yang sangat disukai banyak orang.

2. Asem Pandeh Daging

Makanan ini terbuat dari daging sapi, ikan maupun ayam. Asem pandeh daging memiliki rasa yang asam dan pedas. Makanan ini hampir mirip dengan rendang karena memiliki warna cokelat dengan sedikit kuat. Asem pandeh daging juga sering disajikan saat acara adat, pernikahan dan lain sebagainya.

3. Gulai Gajeboh

Di Sumatera Barat terdapat olahan makanan yang disebut gulai gajeboh atau sandung lamur. Gulai gajeboh ini terbuat dari daging sapi bagian punuk sehingga terdapat banyak sekali gajihnya. Makanan ini memiliki 3 varian rasa. Pertama rasa gurih biasa yang berasal dari lemak yang banyak. Kedua gurih normal karena gajihnya lebih banyak dari daging. Dan terakhir rasa yang sangat gurih karena hanya terdiri dari gajih saja.

4. Lompong Sagu

Lompong sagu merupakan makanan sejenis kue yang sangat langka ditemui. Makanan ini terbuat dari tepung sagu, parutan kelapa, santan, gula merah dan pisang kepok atau pisang raja. Makanan ini menjadi makanan khas Sumatera Barat  yang memiliki rasa manis. Lompong sagu disajikan setelah dipanggang dan ditaburi parutan kelapa.

5. Sate Padang

Sumatera Barat tidak hanya terkenal dengan nasi Padangnya saja melainkan juga sate Padang. Sate ini terbuat dari daging sapi dan diberikan kuah. Uniknya sate padang ini tidak hanya terdiri dari daging sapi saja melainkan juga lidah sapi, jantung, usus dan paru. Sate ini semakin lezat ketika disajikan dengan kuah yang bercitarasa khas.

6. Rendang Paru

Jika biasanya rendang khas dengan daging sapi, berbeda dengan di Sumatera Barat. Rendang di provinsi ini terbuat dari paru-paru sapi yang lunak dan basah. Bumbu yang digunakan dalam mengolah masakan ini berbeda dengan rendang pada umumnya. Bahkan kuah santan yang digunakan 1,5 kali lebih banyak dari rendang biasanya.

7. Bubur Kampiun

Makanan khas Sumatera Barat berikutnya adalah bubur kampiun. Bubur ini berasal dari Bukit tinggi yang menggabungkan berbagai macam bubur di dalamnya. Bubur Kampiun terbuat dari campuran kukusan ketan putih, bubur putih atau bubur sumsum, bubur ketan hitam, bubur kacang hijau, bubur candil dan kolak pisang.

8. Martabak Kubang

Martabak kubang merupakan hasil dari campuran martabak luar dan lokal. Makanan khas Sumatera Barat yang bernama martabak Kubang ini dibuat dengan isian daging sapi cacah maupun rendang. Yang kemudian ditambahkan dengan daun bawang. Martabak ini disajikan dengan kuah yang memiliki rasa pedas yang bercampur dengan asam manis.

9. Nasi Kapau

Di Bukittinggi terdapat makanan yang menjadi khasnya Sumatera Barat, yaitu nasi kapau. Nasi kapau disajikan dengan gulai sayur nangka (cubadak) dan sambal. Gulai nangka yang ditambahkan ini dalam bentuk cair karena dimasak dengan santan namun tidak kental. Nasi kapau akan lebih nikmat ketika dimakan bersama dengan lauk lainnya.

10. Ale-Ale

Ale-ale apam merupakan makanan asli Sumatera Barat yang sangat terkenal di desa Silungkang Duo. Makanan ini mirip dengan serabi di Jawa namun memiliki rasa yang berbeda. Ale-ale terbuat dari beras putu, gula jawa, parutan pandan dan air kelapa.

Itulah makanan khas Sumatera Barat yang paling lezat dan menggoyang lidah. Makanan-makanan tersebut dapat kamu temui dengan mudah di pinggir jalan dan di kota-kota besar. Sehingga bagi kamu yang mengunjungi Sumatera Barat bisa menyempatkan mencicipi makanan khas tersebut.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …