Inilah 5 Makanan Sehat Untuk Diet Yang Ampuh

Setiap orang pasti mendambakan memiliki badan yang ideal, terutama kaum wanita. Maka tak heran banyak kaum wanita yang resah apabila berat badannya meningkat. Kebanyakan dari mereka melakukan program diet dengan mengkonsumsi beberapa suplemen untuk menurunkan berat badan. Namun, makanan pendukung program diet pun sangat penting bagi keberhasilan diet seseorang. Apabila Anda sedang melaksanakan program diet, Anda harus mengetahui apa saja makanan sehat untuk diet yang efektif menurunkan berat badan. Simak beberapa informasinya sebagai berikut:

1. Sayuran

Makanan sehat untuk diet yang paling penting adalah mengkonsumsi sayuran. Seperti yang kita ketahui bahwa sayuran mengandung berbagai macam gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Yakni kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Dan yang terpenting, sayuran tidak mengandung lemak sehingga baik dan sangat cocok dikonsumsi saat diet. Anda dapat memakan sayuran dalam bentuk jus, diolah menjadi masakan, ataupun dapat dimakan dalam kondisi mentah untuk sayuran tertentu. Dengan mengkonsumsi sayuran secara rutin, tubuh anda akan terasa lebih fit dan segar.

2. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu makanan sehat untuk diet yang paling direkomendasikan untuk Anda yang sedang menjalankan diet. Hal itu dikarenakan, buah mengandung banyak vitamin, mineral, serta serat yang baik untuk kesehatan tubuh serta melancarkan pencernaan.

Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan dengan cara memakannya langsung ataupun diolah menjadi jus. Namun yang perlu anda ingat untuk membuat jus, sebaiknya menghindari penggunaan banyak gula. Hal itu dikarenakan semakin banyak gula yang Anda konsumsi maka semakin banyak pula asupan kalori tubuh Anda.

3. Daging Tanpa Lemak

Daging merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak protein yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan sehat untuk diet. Namun Anda harus lebih jeli dalam memasak daging untuk dijadikan sebagai menu diet Anda. Karena hanya daging tanpa lemak lah yang sesuai untuk program diet yang sedang Anda jalankan.

Selain itu, dalam mengolah daging tersebut sebaiknya Anda tidak menggorengnya dengan minyak atau mentega. Karena dengan menambahkan dengan minyak atau mentega akan menambahkan kandungan lemak jahat pada daging tersebut. Anda dapat mengolah daging dengan cara direbus dengan menambahkan beberapa rempah untuk memperkaya cita rasanya.

4. Oatmeal

Makanan ini dapat Anda gunakan sebagai salah satu makanan alternatif saat menjalankan program diet. Hal itu dikarenakan oatmeal memiliki kandungan yang kaya akan serat serta dapat membantu menyerap lemak dalam tubuh anda. oatmeal ini dapat Anda konsumsi di pagi hari saat perut kosong.

Untuk menambah kandungan nutrisi serta cita rasanya, Anda juga dapat menambahkan potongan buah-buahan segar dan susu rendah lemak. Namun sebaiknya Anda menghindari penambahan gula yang terlalu banyak agar asupan kalori Anda tidak meningkat.

5. Ikan

Protein merupakan salah satu sumber gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama saat menjalankan program diet. Oleh karena itu, ikan merupakan salah satu makanan sehat untuk diet yang paling direkomendasikan karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Selain itu, ikan juga kaya akan kandungan omega-3nya yang sangat baik untuk tubuh manusia. Walaupun ikan mengandung lemak, akan tetapi lemak yang satu ini merupakan lemak sehat yang dapat membantu melawan lemak jahat yang ada dalam tubuh kita. Untuk mengkonsumsi ikan, sebaiknya diolah dengan cara direbus, di kukus, atau dibakar tanpa menambahkan minyak.

Itulah beberapa makanan sehat untuk diet yang terbukti efektif menurunkan berat badan. Tak hanya itu, makanan tersebut juga berbahan dasar alami sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun selain mengkonsumsi menu diet, Anda juga harus mengimbangi dengan olahraga agar diet Anda berhasil.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …