9 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Ketika seseorang sedang hamil muda, maka tidak semua makanan bisa dikonsumsi. Hal ini dikarenakan agar janin yang ada di dalam kandungan ibu selalu dalam kondisi normal dan sehat. Ada banyak sekali pantangan makanan yang harus dihindari, namun ada pula makanan yang wajib untuk dikonsumsi ibu hamil demi nutrisi bayi yang dikandungnya. Berikut ini beberapa makanan sehat untuk ibu hamil muda yang harus diketahui.

Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang sangat cocok untuk ibu hamil. Karena di dalam telur terdapat banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Telur merupakan sumber kolin yang besar, yang sangat baik dalam perkembangan otak serta kesehatan tubuh. Jika asupan kolin rendah, dapat menyebabkan resiko cacat saraf atau menurunnya fungsi otak janin.

Kepiting

Makanan sehat untuk ibu hamil muda berikutnya adalah kepiting. Kepiting merupakan hewan unik yang memiliki banyak manfaat. Hewan ini mengandung seng yang baik untuk ibu hamil. Tidak hanya memiliki banyak manfaat saja, rasa dari masakan kepiting juga sangat lezat.

Daging Sapi Dan Daging Kambing

Ibu hamil muda pasti membutuhkan zat besi untuk tubuhnya. Salah satu sumber zat besi yang mudah ditemui ada dalam daging sapi dan kambing. Daging merah yang ada pada daging sapi dan kambing tersebutlah yang memberikan manfaat luar biasa untuk ibu hamil. Bahkan kedua jenis daging ini selalu direkomendasikan oleh dokter untuk ibu hamil dan menyusui.

Selain zat besi di dalam daging juga terdapat kolin, vitamin B dan yang lainnya yang dibutuhkan dalam jumlah sangat besar ketika masa kehamilan. Seorang ibu hamil muda membutuhkan lebih banyak zat besi karena volume darah ibu hamil meningkat.

Sereal

Sereal adalah salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin D. Ibu hamil bisa mengkonsumsi sereal setiap hari baik pada pagi maupun malam hari. Anda bisa menemukan sereal di supermarket terdekat. Untuk menambah kenikmatan dan manfaat, Anda bisa mengkonsumsi sereal dengan susu hamil atau susu formula untuk anak-anak.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan makanan sehat untuk ibu hamil muda. Bahkan sangat bermanfaat untuk semua orang. Bagi ibu hamil, sayuran seperti bayam, brokoli dan kale sangat penting untuk dikonsumsi.

Hal ini dikarenakan di dalam sayuran hijau mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Antara lain serat, Vitamin A, C, K, zat besi, kalsium, kalium dan asam folat. Tidak hanya itu sayuran hijau juga mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Salmon

Salmon merupakan makanan sehat untuk ibu hamil muda yang kaya akan kandungan omega 3. Dimana kandungan tersebut sangat penting untuk perkembangan janin agar tetap sehat. Dokter menyarankan agar ibu hamil muda mengkonsumsi salmon setiap seminggu sekali.

Ubi

Tentu Anda sering menemui ubi yang berwarna orange. Ubi tersebut memiliki kandungan karotenoid yang sangat tinggi. Dimana pigmen tersebut dikonversi menjadi vitamin A ketika berada di dalam tubuh kita. Selain itu ubi juga merupakan sumber vitamin C, serat dan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Kacang

Hampir semua orang tahu bahwa kacang merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu di dalam kacang juga mengandung zat besi, asam folat, magnesium, kalium dan asam lemak esensial. Dimana semua kandungan tersebut menjadi makanan sehat untuk ibu hamil muda. Selain itu, kacang juga dapat membantu meringankan keluhan sakit seperti wasir dan sembelit.

Produk Susu

Ketika masa kehamilan, seorang ibu akan membutuhkan tambahan protein dan kalsium untuk memenuhi pertumbuhan janin yang dikandungnya. Sehingga ibu hamil harus mengkonsumsi produk olahan susu. Salah satunya adalah greek yogurt, karena memiliki kalsium yang lebih banyak jika dibandingkan produk susu lainnya.

Nah itu dia beberapa makanan sehat untuk ibu hamil muda yang harus Anda tahu. Menjaga kesehatan selama masa kehamilan sangatlah penting. Anda harus mengkonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan jani seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …