5 Makanan Unik Dari Kacang Ijo Yang Wajib Dicoba

Kacang ijo merupakan salah satu jenis tumbuhan kacang-kacangan yang tumbuh subur di negara agraris, seperti di Indonesia. Selain memiliki kandungan gizi yang sangat banyak dan menguntungkan bagi kesehatan tubuh, kacang ijo juga memiliki cita rasa yang enak dan gurih. Tak heran kini semakin banyak kuliner yang memanfaatkan kacang ijo sebagai bahan dasar pembuatannya. Apalagi sekarang banyak beraneka ragam makanan unik dari kacang ijo yang semakin menambah penggemar akan kacang ijo ini. Berikut beberapa makanan olahan dari kacang ijo yang bisa Anda coba di rumah:

1. Gandasturi

Makanan unik dari kacang ijo ini memang belum banyak yang mengetahui. Padahal makanan ini dangat mudah untuk membuatnya. Anda cukup menumbuk kacang ijo dengan dicampur pandan dan gula yang sudah direbus secara bersamaan. Kemudian bentuk kacang ijo bulat-bulat dan lumuri dengan tepung terigu. Terakhir, goreng adonan Gandasturi tersebut dan tiriskan.

Cukup mudah bukan? Selain mudah dalam pembuatannya, olahan dari kacang ijo yang lezat ini sangat cocok untuk dikonsumsi semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sebagai camilan sehat.

2. Mageli

Jika Anda pernah mendengar makanan olahan tempe yang bernama “Mendol’ khas Jawa Timur, Mageli ini hampir sama dengan makanan tersebut namun berbahan dasar kacang ijo. Salah satu makanan unik dari kacang ijo ini memiliki cita rasa yang gurih karena campuran bawang putih dan bawang merah.

Untuk cara pembuatannya sebenarnya hampir sama dengan pembuatan Mendol, namun sebelumnya kacang ijo harus direbus terlebih dahulu kemudian dicampur dengan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, gula dan garam. Kemudian adonan Mageli tersebut di goreng dan ditiriskan. Mageli ini merupakan salah satu kudapan khas Timur Tengah.

3. Pudding Kacang Ijo

Kalau kebanyakan puding memiliki cita rasa aneka buah-buahan, ternyata Anda juga dapat mengkreasikan kacang ijo menjadi puding. Cita rasa kacang ijo yang lezat sangat cocok dipadupadankan dengan kesegaran puding. Makanan dari kacang ijo yang satu ini selain enak juga mudah membuatnya.

Pudding kacang ijo ini dibuat dengan cara menambahkan pudding yang masih cair pada saat dimasak dengan kacang ijo yang telah direbus. Kemudian campuran pudding dan kacang ijo tersebut dituang ke cetakan dan ditiriskan. Agar menambah kenikmatan dari pudding ini, Anda bisa menyirami pudding dengan saus gula merah dan menambahkan dengan es batu. Anda tertarik untuk mencobanya di rumah?

4. Gulai Kacang Hijau

Tak banyak yang tahu kalau kacang ijo ternyata bisa dikombinasikan dengan rempah-rempah dan daging yang merupakan bahan dasar pembuatan gulai. Makanan unik dari kacang ijo yang satu ini memang jarang sekali orang yang tahu.

Namun dibalik itu, ternyata makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan gurih. Anda juga bisa membuatnya di rumah, karena cara memasaknya sama dengan membuat gulai pada umumnya.Namun yang membuat beda adalah gulai ini ditambahkan dengan kacang hijau.

5. Bolu Kacang Ijo

Kue bolu pada umumnya terbuat dari tepung terigu untuk bahan dasarnya. Namun bagi Anda yang bosan dengan bolu berbahan dasar tepung terigu tersebut, Anda dapat berkreasi dengan membuat bolu yang berbahan dasar tepung kacang ijo.

Bolu kacang ijo ini mempunyai tekstur yang begitu lembut layaknya bolu pada umumnya. namun yang membedakan adalah rasa dan aroma khas kacang ijo yang begitu lezat dan harum membuat bolu ini menjadi salah satu cemilan sehat untuk keluarga yang patut Anda coba.

Itulah beberapa makanan unik dari kacang ijo yang dapat Anda coba di rumah. Selain rasanya yang enak, Anda juga dapat memastikan gizi terbaik untuk keluarga Anda, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi olahan makanan dari kacang ijo ini. bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya?

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …