7 Minuman Dingin Dari Indonesia Yang Sangat Menyegarkan

Indonesia terkenal sebagai negara tropis dengan kelembapan yang cukup tinggi. Hal tersebut membuat orang mudah haus dan berkeringat. Maka tak heran jika aneka minuman dingin banyak sekali bermunculan. Bukan hanya bernuansa modern saja ada juga berbagai macam aneka minuman dingin tradisional yang sudah menjadi kekayaan kuliner serta hadir sejak berpuluh-puluh tahun lamanya dan melegenda sampai sekarang. Meskipun terkesan jadul, aneka minuman ini masih jadi incaran untuk pelepas dahaga hingga sekarang. Adapun minuman dingin dari Indonesia yang bisa kamu nikmati adalah sebagai berikut:

1. Es Campur

Es campur merupakan salah satu minuman khas Indonesia yang sangat legendaris. Cara membuatnya sangat sederhana sekali yakni dengan mencampurkan berbagai jenis bahan dalam sirup manis. Bahan yang dijadikan pun biasanya berasa manis atau asam. Es campur ini dapat dijumpai diberbagai daerah di Indonesia dengan rasa dan bahan-bahan yang berbeda sesuai dengan tempatnya itu sendiri. Maka dari itu daerah asal dari es campur ini sulit untuk ditentukan.

2. Es Cendol

Es cendol merupakan salah satu minuman khas Sunda yang dulunya terbuat dari tepung hunkwe. Namun kini cendol sendiri terbuat dari tepung beras serta disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa dari minuman ini mempunyai rasa manis dan gurih.

3. Es Selendang Mayang

Minuman ini merupakan salah satu minuman tradisional Indonesia asal Jakarta. Minuman ini sekarang sudah jarang ditemukan. Karena dikalangan masyarakat Betawi itu sendiri menganggap minuman ini dianggap sebagai minuman kuno. Namun meskipun jarang ditemukan masih ada beberapa pedagang yang menjual minuman tradisional ini. Bahan dasar minuman ini adalah tepung hunkwe dengan alasan lebih mudah dan efisien.

4. Es Teler

Es teler merupakan koktail buah di Indonesia. Bahan-bahan dari minuman ini terdiri dari alpukat, kelapa muda, cincau, nangka, serta buah-buahan yang lainnya. Selain itu minuman ini disajikan dengan santan, susu kental manis, daun pandan, gula dan sedikit garam. Beberapa penjual di kota tua membuat minuman ini dengan bahan dasar tepung hunkwe dengan alasan agar lebih mudah dan efisien. Es teler ini merupakan minuman asli dari Jawa Tengah.

5. Es Pisang Ijo

Minuman es asal Makasar ini memang sangat populer dikalangan masyarakat. Es pisang ijo ini terbuat dari pisang raja yang dilapisi kulit berwarna hijau dari adonan tepung beras, tepung kani, santan, dan air daun suji. Pisang ijo ini disajikan dengan bubur sum-sum, es, sirup merah, serta susu kental manis. Karena banyaknya komponen yang disajikan es pisang ijo ini maka minuman ini cukup membuat kenyang.

6. Es Lontrong Slawi

Minuman dingin dari Indonesia yang selanjutnya adalah es lontrong slawi. Es lontong slawi merupakan salah satu minuman yang berasal dari Slawi, Tegal. Disebut lontrong karena di daerah Slawi, minuman ini dijual di sebuah gang kecil bernama gang Lontrong.

Pada dasarnya minuman ini merupakan es serut yang diberi isian kacang hijau, cincau, sirup merah, es batu serta santan. Bahkan sebagian pedagang tak jarang menambahkan kolang-kaling dan potongan roti tawar sebagai selera. Konon es lontrong Slawi ini hanya bisa ditemukan di kota Slawi saja.

7. Es Tambring

Pulau Bali tak hanya terkenal dengan panoramanya yang indah. Namun terkenal juga dengan wisata kulinernya. salah satu minuman es yang tak boleh terlewatkan ketika mengunjungi tempat ini adalah es tambringnya. Minuman ini mempunyai cita rasa yang unik karena dibuat dari campuran air kelapa, air gula jawa, putih telur ayam kampung, serta gula pasir secukupnya. Bahkan meskipun dicampur dengan putih telur, es tambring ini sama sekali tidak terasa amis bahkan justru sangat menyegarkan.

Itulah beberapa minuman dingin dari Indonesia yang bisa kamu nikmati. Bukan hanya menyegarkan namun minuman ini dijual dengan murah-meriah sehingga sangat wajib untuk kamu coba.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …