Minuman Khas Bandung Yang Membuat Ketagihan

Bandung yang akrab disebut dengan Paris van Java ini merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan destinasi wisatanya. Banyak obyek-obyek wisata alam yang banyak dikunjungi baik turis lokal maupun mancanegara. Tak hanya obyek hanya obyek wisata, Bandung juga memiliki banyak kuliner yang sangat digemari hampir semua orang, khususnya minuman khas Bandung. Bagi Anda yang berkunjung di kota ini, wajib mencoba beberapa minuman tradisional Bandung yang terkenal kesegarannya. Simak beberapa minuman khas Kota Bandung berikut :

Es Oyen

Es Oyen merupakan salah satu minuman khas Bandung yang paling populer. Bahkan saking populernya, kini minuman ini sudah banyak dijumpai di kota-kota lainnya. Terkenal dengan rasanya yang segar, minuman ini terdiri dari campuran beberapa bahan, seperti alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang-kaling, dan nangka. Minuman ini disajikan dengan menambahkan es serut yang kemudian disiram dengan sirup dan susu kental manis. Es Oyen ini memiliki cita rasa manis dan menyegarkan sehingga sangat cocok sebagai pelepas dahaga di siang hari yang panas.

Es Cincau

Minuman khas Bandung yang satu ini memang terkenal memiliki banyak penggemarnya. Es cincau terbuat dari daun cincau yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan cincau yang pada umumnya. Dan cincau tersebut kemudian dipotong-potong kemudian ditambahkan dengan sirup merah, santan cair, dan es serut. Minuman tradisional Kota Kembang ini memiliki rasa yang manis dan gurih dari santan cair. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kota Bandung, tak ada salahnya mencoba es cincau langsung di kota asalnya. Namun sekarang es Cincau juga banyak dijumpai di kota-kota luar Bandung.

Es Lilin

Mirip dengan namanya, es khas Bandung ini ternyata memiliki bentuk yang memanjang seperti lilin. Minuman tradisional Kota Bandung yang satu ini terbuat dari santan cair yang dicampurkan dengan beberapa macam isian yang kemudian dimasukkan ke dalam plastik panjang dan diikat dengan karet. Biasanya, es lilin ini memiliki isian, seperti kacang hijau, nangka, pisang, dan lain-lain. Tentunya Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan es lilin yang satu ini, karena dari dulu es ini sudah banyak yang menjual di beberapa daerah, bahkan di kantin-kantin sekolah.

Es Cendol

Siapa yang tak mengenal es Cendol. Es cendol yang sering kita jumpai di setiap kota ini ternyata berasal dari Kota Bandung. Ya, minuman khas Bandung yang satu ini memang terkenal banyak yang menyukainya. Es cendol ini terbuat dari tepung beras yang diberi berwarna hijau alami dan kemudian dibentuk kecil-kecil memanjang. Minuman tradisional khas Bandung ini disajikan dengan menambahkan santan dan gula merah serta ditambahkan dengan es serut untuk menambah kesegarannya.

Bandrek

Bagi Anda yang berasal dari luar kota Bandung pasti masih asing mendengar minuman yang bernama “Bandrek”. Minuman yang mampu menghangatkan tubuh ini terbuat dari bahan dasar jahe dan gula merah. Namun di beberapa tempat ada yang menambahkan rempah-rempah lain, seperti serai, pandan, dan lain-lain. Bahkan ada juga yang menyuguhkan bandrek ini dengan menambahkan telur ayam kampung.

Bagaimana? Anda tertarik dengan minuman khas Bandung di atas? Tentunya minuman-minuman yang telah dipaparkan di atas hanya sebagian dari minuman-minuman tradisional khas Kota Bandung. Faktanya, masih banyak minuman-minuman tradisional Bandung yang terkenal memiliki cita rasa yang segar dan menghangatkan tubuh. Tentunya minuman tersebut juga dapat menyehatkan tubuh karena terbuat dari bahan-bahan yang alami. Apabila Anda sedang berkunjung ke Kota Bandung pastikan Anda mencoba minuman khas di daerah ini.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …