Minuman Khas Indonesia Yang Terkenal Menyegarkan

Selain terkenal memiliki sejumlah makanan tradisional yang unik di setiap daerah, Indonesia juga terkenal akan minuman tradisionalnya yang sangat menyegarkan. Kebanyakan minuman khas Indonesia ini terbuat dari bahan-bahan alami sehingga selain memberikan rasa segar, minuman ini juga membuat tubuh sehat. Bagi Anda pecinta kuliner, tak ada salahnya mengulik lebih dalam mengenai minuman yang menjadi ciri khas Indonesia. Berikut beberapa minuman tradisional khas Indonesia yang wajib Anda coba :

Cendol

Minuman yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga orang Indonesia. Hal itu dikarenakan hampir di semua daerah wilayah Indonesia pasti ada yang menjual cendol ini. Minuman khas Indonesia yang satu ini di daerah Sunda dikenal dengan sebutan es cendol, namun di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur terkenal dengan sebutan es dawet. Terbuat dari tepung berasa yang diberi pewarna hijau alami dan disajikan dengan es parut dengan ditambahkan santan serta gula merah, es cendol memiliki cita rasa manis dan gurih yang begitu khas. Minuman ini sangat cocok sebagai minuman penghilang dahaga yang diminum ketika siang hari yang panas.

Bir Pletok

Minuman khas Indonesia selanjutnya ini berasal dari Suku Betawi. Bir Pletok berbeda dengan bir-bir yang pada umumnya karena bir pletok ini halal dikonsumsi oleh umat islam. Minuman ini terbuat dari bahan utama tumbuh-tumbuhan rempah ala Indonesia, seperti kapulaga, jahe, sereh, kayu manis, kayu secang, dan ditambahkan dengan gula sebagai pemanis. Menjadi minuman khas betawi, bir pletok ini memiliki cita rasa yang dapat menghangatkan tubuh. Namun juga dapat dijadikan pelepas dahaga apabila ditambahkan dengan es batu.

Bajigur

Mungkin minuman khas Indonesia yang satu ini sudah banyak yang mengetahui. Ya, Bajigur merupakan minuman yang berasal dari masyarakat Sunda, Jawa Barat. Minuman ini terbuat dari campuran santan dan gula aren. Dapat disajikan sebagai minuman hangat maupun dingin dengan ditambahkan es batu, minuman ini lebih nikmat apabila dicampurkan dengan jahe, garam, dan bubuk vanili. Biasanya bajigur dijual di penjual dengan menggunakan gerobak dengan membawa kompor. Makanan pendamping yang sering dihidangkan bersama bajigur misalnya, ubi rebus, pisang rebus, kacang rebus, dan klepon.

Es Teler

Minuman yang satu ini merupakan salah satu minuman yang paling banyak penggemarnya. Betapa tidak, minuman yang disajikan dengan mencampurkan beraneka buah-buahan seperti alpukat, nangka, semangka, melon, dan lain sebagainya ini memiliki cita rasa yang begitu segar dan cocok diminum pada siang hari yang panas. Es teler disajikan dengan menambahkan susu kental manis, santan kelapa encer, sirup, dan es serut. Selain itu masih banyak lagi bahan makanan yang dicampurkan pada seporsi es teler, misalnya kolang-kaling, pacar cina, cincau, roti, dan masih banyak lagi.

Es Doger

Es Doger bisa dibilang salah satu minuman yang populer di Indonesia. Minuman ini pada umumnya terbuat dari bahan utama es serut yang dicampurkan dengan susu kental manis dan sirup. Untuk variasi isi dari es doger ini beraneka raga, seperti tape, ketan merah, roti, mutiara, agar-agar, dan lain-lain. Minuman khas Indonesia ini awalnya berasal dari suku Betawi namun sekarang sudah banyak penjual es doger yang menjual di luar Betawi. Minuman es doger ini memiliki cita rasa yang segar ditambah dengan asam manis yang berasal dari tape sangat cocok dijadikan sebagai minuman pelepas dahaga.

Tak hanya minuman asal luar negeri saja yang memiliki cita rasa yang enak sekaligus menyegarkan. Indonesia juga memiliki beraneka ragam minuman khas Indonesia yang banyak digemari di berbagai kalangan. Dan tentunya minuman ini terbuat dari bahan alami yang aman dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …