Pecinta Kuliner Wajib Mencoba Minuman Khas Kalimantan Ini

Apabila Anda sedang berkunjung ke suatu daerah kurang lengkap rasanya apabila Anda belum menjajaki kuliner daerah tersebut. Salah satu daerah yang memiliki kuliner yang menarik adalah Pulau Kalimantan. Kalimantan yang merupakan salah satu pulau yang terbesar di Indonesia ini terkenal mempunyai banyak warisan kuliner yang nikmat dan lezat, khususnya minuman khas Kalimantan. Bagi Anda yang mungkin berencana berkunjung ke Kalimantan, Anda wajib mencoba minuman tradisional khas Kalimantan. Apa saja minuman tersebut? Simak informasi berikut.

Es Lidah Buaya

Pontianak merupakan salah satu produsen lidah buaya terbesar di Indonesia. Tak heran di Kota tersebut penduduk setempat banyak yang mengolah lidah buaya menjadi kuliner tertentu. Termasuk minuman yang satu ini, es lidah buaya. Es dengan bahan utamanya lidah buaya ini merupakan minuman khas Kalimantan yang sangat digemari oleh masyarakat pontianak. Untuk membuat minuman ini sangat mudah, yaitu lidah buaya dicuci dan dikupas kulitnya dan dipotong dadu. Setelah itu, dicampurkan dengan sirup dan ditambahkan dengan es batu untuk menambah sensasi kesegarannya. Minuman ini sangat cocok diminum saat siang hari ataupun disajikan untuk minuman berbuka puasa.

Es Jeruk Pontianak

Selain lidah buaya, jeruk pontianak juga merupakan produk unggulan dari sektor pertanian di Pontianak. Jeruk yang tergolong jeruk siam ini memiliki kulit ari yang tipis serta rasa manis dan kesegarannya ini banyak disukai oleh banyak orang. Oleh karena itu, apabila Anda sedang berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat jangan heran apabila Anda sering menjumpai penjual es jeruk Pontianak. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu jeruk pontianak diperas untuk diambil airnya, kemudian ditambahkan dengan air, gula, dan es batu. Anda juga dapat menambahkan dengan sedikit madu untuk menambah cita rasa es jeruk ini.

Es Jagung

Es ini merupakan salah satu minuman khas Kalimantan yang unik dan sangat jarang ditemui di daerah-daerah lain. Apabila Anda ingin bereksperimen di rumah untuk membuat es jagung ini, Anda bisa membuatnya dengan cara jagung direbus terlebih dahulu hingga lunak, kemudian dicampur dengan es batu, gula, dan susu kental manis. Minuman ini sangat cocok digunakan sebagai penghilang dahaga pada saat siang hari yang panas.

Es Kacang Merah

Minuman khas Kalimantan berikutnya yaitu es kacang merah. Pada umumnya, kacang merah disajikan dalam bentuk bubur yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Namun, di daerah Kalimantan kacang merah diolah menjadi es yang cocok diminum untuk pelepas dahaga saat siang hari yang panas. Awalnya, es kacang merah merupakan minuman khas orang Tionghoa di Pontianak. Maka jangan heran jika Anda menjumpai banyak penjual es kacang merah yang merupakan warga Tionghoa. Untuk membuat es kacang merah ini sangat mudah, yaitu dengan cara merebus kacang merah hingga lunak. Kemudian dicampur dengan air, gula, dan es serta ditambahkan dengan variasi lain, seperti cincau dan agar-agar.

Es Kacang Hijau

Tak hanya es kacang merah saja, di Kalimantan juga terdapat minuman tradisional yaitu es kacang hijau. Es kacang hijau ini merupakan minuman sari kacang hijau yang ditambahkan dengan gula, susu, dan es batu. Minuman yang satu ini memiliki cita rasa yang manis, lezat, serta menyegarkan. Sehingga sangat cocok dinikmati saat siang hari.

Itulah beberapa minuman khas Kalimantan yang wajib Anda ketahui. Apabila Anda sedang berkunjung ke Kalimantan, pastikan anda mencoba beraneka kulinernya, terutama minuman tradisional daerah ini. Minuman tradisional Kalimantan ini dapat Anda jumpai di penjual es pinggir jalan atau tempat-tempat makan di Kalimantan.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …