6 Minuman Khas Malaysia Yang Nikmat

Berkunjung ke Negeri Jiran di Malaysia merupakan wisata yang menarik untuk dipilih. Selain jarak yang tidak jauh sehingga tidak membutuhkan banyak biaya dan komunikasi cukup mudah namun tetap akan mendapatkan sensasi jalan-jalan ke luar negeri. Selain tempat wisata yang anda kunjungi, anda juga perlu mengetahui minuman khas Malaysia untuk menemani perjalanan anda. Berikut ini 6 minuman khas Malaysia yang dapat anda nikmati saat mengunjungi Malaysia :

1. Es Air Mata Kucing

Minuman khas Malaysia ini, sebenarnya tidak benar-benar terbuat dari air mata kucing, namun disebut  demikian karena isi dari minumannya adalah buah kelengkeng yang di Malaysia disebut sebagai buah mata kucing. Rasa manis serta segarnya sangat sulit untuk diungkapkan dalam sebuah kata-kata. Bahkan karena Kesegaran dan rasanya , minuman ini masuk dalam daftar kuliner 10 minuman terenak di dunia pada tahun 2011 versi CNN. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa minuman ini juga bisa digunakan untuk meredakan panas dalam. Jika berkunjung ke Malaysia, anda  jangan melewatkan kuliner yang satu ini daripada anda dibuat penasaran olehnya.

2. Teh Tarik

Teh tarik adalah minuman yang fenomenal di Malaysia dan sangat populer karena rasanya yang menyegarkan. Minuman Teh Tarik ini sebenarnya dapat dijumpai juga di Indonesia. Tetapi cita rasa teh akan berbeda tergantung dari proses “Tarik-menarik” tehnya. Semakin ahli dalam proses peracikan, maka teh yang dihasilkan juga akan semakin nikmat. Anda perlu mencobanya untuk membedakan rasa minuman tersebut dengan di Indonesia, tentu ada kekhasan tersendiri.

3.  ES ABC

ABC ini bukan nama sebuah produk kecap atau sirup, ini adalah es yang berasal dari singkatan Es Air Batu Campur. Es ABC negeri Jiran hampir sama dengan es campur Indonesia. Komposisi dalam es ABC berbeda dengan es campur, dimana es ABC terdiri dari Kacang Merah, Cincau Hitam, Rumput Laut dan Kacang, jagung manis serta kolang-kaling. Selain itu di dalam es ABC juga dicampur es serut, sirup, susu kental manis dan gula melaka yang menambah kesan manis dari es ABC.

4. Pop The Soda

Pop the soda adalah minuman khas Malaysia yang legendaris sejak dahulu. Awal pula munculnya pop the soda merupakan minuman homemade yang hanya ditemukan pada acara festival serta bazar karena memang produk ini tidak dijual bebas. Pop the soda bisa ditemukan di kafe-kafe atau kedai minuman dalam Mall. Keunikan soda ini dari soda lainnya adalah kandungan karbonat yang rendah dengan berbagai varian rasa buah. seperti leci, mangga, sirsak, pisang, serta nanas.

5. Ais Asam Boi Dengan Limau Atau Jambu Hijau

Minuman khas Malaysia yang selanjutnya adalah Ais Asam Boi yang dicampur dengan jus limau atau jambu hijau. Kesegaran asam yang dihasilkan dari asam boi memberikan warna lain di lidah ketika kita menyeruput setiap tengakan air dingin di dalamnya. Ais asam boi sangatlah cocok dinikmati saat cuaca yang begitu terik. Jika anda berkunjung ke Malaysia anda wajib mencobanya. Es ini dapat dengan mudah ditemui teruta di kedai-kedai pinggir jalan maupun di pasar-pasar tradisional

6. Chendul Penang

Penang adalah salah satu nama daerah di Malaysia. Chendul penang dan es cendol yang biasa kita nikmati di Indonesia tak jauh berbeda. Namun bahan minuman khas Malaysia ini yang membedakan adalah gula manis Melaka. Es chendul penang mempunyai aroma gula manis Melaka serta adanya jagung manis dan taburan kacang merah yang mengambang diantara lautan santan ditambah cendol berwarna hijau. Ketika terik begitu menyengat anda wajib mencoba es chendul penang ini sebagai alternatif minuman yang mampu mendinginkan suasana.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …