Inilah 5 Keistimewaan Nasi Uduk Betawi

Membahas kuliner Indonesia rasanya tidak ada habisnya, Indonesia memiliki beragam makanan yang sangat kaya akan cita rasa. Dari Sabang sampai Merauke rasanya tidak ada yang tidak enak dari kuliner Indonesia. Nah, di bagian wilayah Jawa Barat terdapat salah satu makanan yang menjadi ciri khas di wilayah tersebut yaitu nasi uduk Betawi. Nah apakah keistimewaan dari makanan yang satu ini? Mari kita bahas di bawah ini :

1. Rasa Nasi Yang Gurih

Bedanya nasi uduk Betawi dengan nasi yang lainnya adalah terletak pada rasa nasinya yang gurih. Rasa nasi yang gurih ini berasal dari cara menanak nasi yang tidak menggunakan air melainkan diganti dengan santan dan beberapa bahan rempah seperti sere dan bawang merah bawang putih, serta bumbu-bumbu khas Betawi yang telah dihaluskan. Sehingga banyak yang menyukai nasi uduk ini karena memiliki rasa yang unik. Tekstur dari nasi uduk ini sendiri menjadi lebih pulen yang sesuai sekali dengan kesukaan masyarakat. Hal itu karena tekstur nasi seperti ini menjadi lebih lembut daripada nasi pada umumnya.

2. Ayam Goreng Pendamping Super Renyah

Lauk pendamping untuk menikmati nasi uduk Betawi biasanya tersedia dalam beberapa pilihan sesuai selera masing-masing. Seperti ikan goreng maupun pilihan unggas lain yang dibumbui lalu digoreng. Namun mayoritas masyarakat memilih menikmati nasi uduk bersama dengan ayam goreng yang sebelumnya sudah dimasak terlebih dahulu menggunakan bumbu khas Betawi sehingga ketika digoreng mendapatkan tekstur yang juicy dan renyah diluar serta empuk untuk dinikmati.

3. Sambal Terasi Yang Nikmat

Rasanya tidak akan pas dan ada yang kurang ketika kita menikmati sepiring nasi uduk Betawi yang hangat, dan ayam goreng tanpa sambal terasi. Yah, hampir seluruh masyarakat selalu menyajikan sambal terasi bersama nasi uduk. Perpaduan rasa pedas dari cabe merah dan cabe rawit yang dipadukan dengan aroma terasi pilihan akan menggugah selera makan anda untuk menambah porsi menikmati nasi uduk khas Betawi ini. Menikmati beberapa komponen dalam nasi uduk dengan bersama-sama akan menjadi pilihan yang tepat mengisi kekosongan perut anda setelah seharian bekerja.

4. Kaya Akan Pendamping

Seporsi dalam sepiring nasi uduk Betawi biasanya terdiri berbagai macam ragam pendamping seperti orek tempe, sambal teri kacang, dadar telur hingga lalapan. Beberapa pendamping tersebut boleh disajikan semua maupun tidak tergantung selera masing-masing. Namun pada awalnya memang nasi uduk memiliki banyak pendamping sehingga membuatnya kaya akan cita rasa. Orek tempe sendiri yang memiliki cita rasa dominan manis lalu dari sambal teri kacang yang memiliki cita rasa dominan pedas hingga telur dadar yang gurih akan semakin enak sebagai tambahan dari seporsi nasi uduk.

5. Menjadi Favorit Hampir Semua Kalangan

Salah satu alasan mengapa nasi uduk Betawi menjadi favorit dari berbagai kalangan adalah karena rasa yang ditawarkan beragam dan unik. Selain itu nasi uduk Betawi mudah ditemukan. Nasi uduk menjadi makanan yang dapat dinikmati kapan pun, untuk sarapan, makan siang hingga makan malam tetap cocok dan nikmat. Bahkan sekarang ini sudah banyak restoran siap saji yang menyajikan nasi uduk Betawi dalam daftar menu mereka dengan beberapa modifikasi sesuai dengan ketentuan perusahaan namun tidak meninggalkan rasa original dari nasi uduk tersebut.

Tertarik untuk mencicipi makanan yang berasal dari daerah Jawa sebelah barat ini? Anda bisa mencari melalui google untuk mengetahui lokasi-lokasi penjual nasi uduk di sekitar anda, atau ketika anda malas melangkah pergi kemana pun anda bisa menyewa jasa ojek online untuk mendapatkan pesanan anda.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …