Informasi Sajian Bumi Sriwijaya, Pempek Khas Palembang

Berbicara tentang Palembang pasti teringat langsung akan pempeknya ya. Hal itu wajar mengingat Palembang sendiri merupakan daerah yang terkenal dengan olahan pempeknya. Rasa dari pempek khas Palembang sendiri begitu unik. Pempek sendiri merupakan kudapan yang dibuat dari olahan ikan laut. Hal itu dapat dirasakan dari aromanya yang begitu khas. Seperti apa pempek khas Palembang? Berikut beberapa ulasan mengenai Pempek Khas Palembang untuk Anda.

Asal Usul Pempek Khas Palembang

Ada beberapa versi cerita mengenai sejarah asal mula Pempek Palembang sendiri. Namun cerita yang paling populer adalah dimulai dari adanya seorang apek yang berarti lelaki tua Tionghoa yang tinggal disekitar sungai Musi. Melihat hasil tangkapan ikan yang begitu melimpah namun belum dimanfaatkan dengan sebaik baiknya membuat apek ini untuk berinisiatif mengolahnya. Apek mulai berfikir untuk menggiling ikan tersebut dan mencampurnya dengan tepung tapioka. Hasil olahan tersebut kemudian dijajakan keliling kota. Karena yang menjual olahan tersebut merupakan para apek-apek. Maka selanjutnya hasil olahan ikan tersebut diberi nama pempek. Sejak saat itu, Pempek pun mulai dikenal seantero Nusantara. Pempek ini biasanya disajikan dengan potongan mentimun serta sambal cuka.

Outlet Yang Menjual Pempek Khas Palembang

Ada beberapa kedai yang menjajakan pempek Palembang. Baik untuk dimakan ditempat atau bahkan untuk oleh-oleh keluarga Anda dirumah. Berikut beberapa outlet Pempek Khas Palembang yang dapat Anda jadikan referensi :

  1. Pempek Candy di jalan Jenderal Sudirman No. 21, Jalan Kapten A.Rivai No. 260 serta di Jalan R. Sukamto No. 53
  2. Pempek Pak Raden, alamat Jalan Brigjen Dani Effendy No. 80A
  3. Pempek Lala di Pasar Ilir
  4. Pempek Nony 168 di Jalan Jenderal Sudirman 952 No.20 Ilir III dan di Jalan R. Sukamto 48 E-F 049 No. 20 Ilir Timur
  5. Pempek Lenny di Jalan Petanang No. 6875C
  6. Pempek Lince di Jalan Mayor Ruslan

Nah, diatas merupakan beberapa referensi lokasi yang menjual Pempek Khas Palembang. Masih banyak outlet yang menjual pempek yang tersebar hampir seantero Sumatera.

Harga Pempek Khas Palembang

Untuk masalah harga, setiap outlet memasang tarif harga berbeda-beda. Namun harga yang Anda bayarkan memang sesuai dengan kualitas rasa dari Pempek Khas Palembang itu sendiri. Harga pempek sendiri per biji berkisar antara Rp. 3.500 hingga Rp. 26.000. Itu semua tergantung ukuran dan berat masing-masing pempek. Untuk pempek Jumbo dengan berat dihargai kurang lebih Rp. 26.000. Pempek Kapal Selam Besar dengan berat 150 gram dihargai Rp. 13.000/biji. Pempek Kapal selam kecil sendiri dengan berat 40 gram dihargai sebesar Rp. 3.500/biji. Pempek lenjer besar dengan berat 150 gram dihargai sebesar Rp. 13.000/biji dan Rp. 3.500/biji untuk yang berukuran kecil. Pempek Adaan dengan berat 35 gram dihargai sebesar Rp. 3.500/biji dan pempek kulit dihargai sebesar Rp. 3.500/biji. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu serta tergantung masing-masing toko.

Jenis-jenis Pempek Khas Palembang

Seperti yang kita tahu, pempek Khas Palembang memiliki berbagai macam bentuk dan varian rasa. Namun yang paling populer dikalangan masyarakat yakni pempek Kapal Selam. Selain karena namanya yang unik, pempek ini sendiri memang berukuran lebih besar daripada jenis pempek yang lainnya karena diisi dengan telur ayam yang digoreng dalam minyak panas. Ada juga pempek lenjer, pempek bulat/Adaan, pempek kulit ikan, pempek telur kecil, pempek keriting serta pempek pistel yang berisi irisan pepaya muda yang ditumis dan dibumbui. Selain menghasilkan berbagai macam olahan pempek. Hasil gilingan ikan juga dapat dimanfaatkan untuk produk lain yakni seperti lenggang, celimpungan, model, tekwan serta Laksan. Wah ternyata sangat bervariasi ya Pempek Khas Palembang itu

Itulah beberapa ulasan mengenai pempek Khas Palembang. Makanan ini merupakan makanan khas daerah yang perlu kita lestarikan keberadaannya. Selamat Mencoba

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …