Ciri Khas Soto Kuning Bogor Yang Membuat Goyang Lidah

Soto kuning bogor merupakan salah satu makanan khas dari kota hujan jawa barat yang harus anda coba ketika berkesempatan mengunjunginya. Apalagi jenis masakan ini memiliki kuah panas yang tentunya cocok dinikmati di kota Bogor yang terkenal dingin. Untuk menambah wawasan anda lebih banyak lagi, khususnya tentang soto kuning bogor, di bawah ini adalah pembahasan ciri khas atau keunikan yang dimiliki oleh soto satu ini, diantaranya :

1. Terbuat Dari Banyak Olahan Rempah-Rempah

Jika pada umumnya soto hanya membutuhkan sedikit dari jenis rempah-rempah yang ada, berbeda dengan soto kuning ini yang terbuat dari banyak olahan rempah. Diantaranya yaitu serai,lengkuas, kunyit, jahe, daun salam, dan lain sebagainya. Dari olahan rempah inilah yang membuat aroma khas yang dapat diciptakan dari soto kuning khas bogor. Jadi tak heran, jika banyak orang yang tertarik untuk mencicipinya karena sudah menciumĀ  harum aromanya.

2. Soto Berkuah Santan

Inilah yang menjadi ciri khas dari soto kuning bogor yaitu kuahnya yang terbuat dari santan. Jika kebanyakan soto kuahnya terbuat dari kaldu, maka berbeda dengan soto kuning yang terbuat dari kuah santan. Dari ciri khas inilah yang membuat soto kuning ini hampir mirip dengan kuah gulai. Akan tetapi nyatanya berbeda karena nama masakannya bukan gulai melainkan soto. Rasa gurih serta asin yang berasal dari kuah santan soto kuning khas bogor ini membuat banyak orang terpikat. Jadi tak heran jika jenis kuliner ini selalu menjadi incaran banyak orang local maupun luar daerah bogor.

3. Dilengkapi Dengan Daging Dan Jeroan Sapi

Soto sangat erat kaitannya disajikan berkawan dengan mie bihun atau sejenisnya. Namun soto kuning ini justru menjadikan daging dan jeroan sapi sebagai menu pendampingnya. Terlihat khas serta unik memang, karena soto khas bogor ini disajikan dengan olahan daging sapi. Anda bisa menemui berbagai jeroan sapi yang ada di soto ini. Antara lain, hati, babat, usus, dan lain sebagainya. Yang membuat banyak orang semakin menyukainya, olahan dari jeroan sapi ini tidak amis sama sekali. Hal ini lah yang digadang-gadang sebagai ciri khas dari soto kuning Bogor.

4. Warna Kuah Yang Kuning Pekat

Jika anda tidak menyukai soto karena warna kuahnya yang bening. Alangkah baik anda mencoba soto bogor ini yang terkenal akan kuah kuning yang sangat pekat dan kental. Dari warna kuah inilah, kuliner ini dinamakan soto kuning. Perasan santan yang kental sebagai bahan utama kuah soto, sontak membuat pencinta makan tergoda. Jadi jenis soto ini menjadi alternatif bagi anda yang tidak menyukai soto berkuah bening.

5. Dimakan Dengan Emping

Apa jadinya jika soto disantap dengan emping? Hal inilah yang bisa anda temukan kelezatannya ketika mencoba soto kuning bogor. Jika pada umumnya, kita menyantap soto ditemani dengan kerupuk sebagai pelengkap, akan tetapi berbeda dengan soto kuning yang disantap dengan emping yang renyah nan gurih. Inilah yang membuat sensasi makan soto kuning khas bogor menjadi lebih nikmat.

Dari ulasan di atas dapat diketahui bahwa kota bogor tidak hanya memiliki tempat wisata yang indah dan sejuk saja namun juga makanan khasnya. Soto kuning bogor merupakan makanan khas yang sudah terkenal di mana-mana. Jadi tak heran jika banyak pengunjung luar daerah yang merasa hambar ketika belum mencoba soto khas kota hujan ini.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …