Keistimewaan Minuman Tradisional Wedang Uwuh Solo

Wedang uwuh Solo merupakan salah satu minuman tradisional yang sangat bermanfaat. Uwuh sendiri berarti sampah. Namun jangan berpikir bahwa wedang uwuh merupakan minuman sampah atau minuman bekas, melainkan minuman yang memiliki ampas berupa daun dan beberapa rempah lain. Perbedaan wedang uwuh khas Solo dengan jogja yaitu, di Solo menggunakan biji pala sedangkan di jogja menggunakan daun pala. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk mencicipi wedang uwuh.

1. Menghangatkan Tubuh

Hal pertama yang dirasakan saat meneguk wedang uwuh ini adalah rasa hangat yang langsung mengaliri bagian tubuh. Kehangatannya menyebar dengan cepat sehingga sangat cocok apabila diminum saat malam hari, cuaca dingin atau ketika sedang masuk angin. Hal ini dikarenakan banyaknya campuran bahan-bahan rempah alami yang digunakan dalam pembuatannya.

2. Kaya Manfaat

Karena menggunakan beberapa campuran rempah tradisional maka menjadikan wedang uwuh ini minuman yang kaya akan manfaat kesehatan. Seperti misalnya untuk menjaga stamina, menghilangkan kelelahan, menurunkan kolesterol, melegakan pernafasan, serta membantu dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu wedang uwuh juga bisa digunakan sebagai penangkal kanker dan menangkal rasa mual.

3. Menggunakan Rempah-Rempah Tradisional

Wedang uwuh Solo menggunakan tanaman-tanaman herbal sebagai bahan pembuatannya. Terdiri dari jahe bakar yang dikupas kemudian dimemarkan, batang kayu manis, kayu secang, cengkeh, biji pala. Bahan-bahan ini sebelumnya telah dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu. Rempah-rempah kering inilah yang akan menjadi uwuh atau sampah pada minuman wedang khas Solo tersebut.

4. Rasa Yang Unik

Wedang uwuh sekilas berwarna merah, mirip dengan minuman teh. Ada beberapa campuran rasa yang menempel di lidah saat menyeruput segelas wedang uwuh. Seperti pedas yang kemungkinan berasal dari cengkeh dan jahe, sedikit sepat dan manis yang berasal dari kayu manis dan gula. Namun rasa tersebut akan terasa segar dan nikmat saat bercampur menjadi satu. Menciptakan kehangatan yang menjalar di seluruh tubuh peminumnya.

5. Cara Pembuatannya Sangat Mudah

Cara pembuatan wedang uwuh sendiri sangat mudah, seperti beberapa minuman herbal lain pada umumnya. Pertama yaitu menyiapkan rempah-rempah yang dibutuhkan, kemudian merebus air bersama dengan jahe yang telah digeprak dan cengkeh ke dalam panci. Selanjutnya, menambahkan kayu secang, biji pala, kayu manis serta gula batu lalu aduk hingga mendidih. Kemudian diangkat dan disaring, setelah agak dingin lalu dimasak kembali hingga mendidih baru disajikan selagi panas.

6. Harganya Murah

Untuk sebuah minuman herbal yang berkhasiat dan kaya manfaat, harga wedang uwuh cenderung murah. Wedang uwuh bisa dihargai mulai dari 3 ribu rupiah sampai dengan 7 ribu rupiah. Harga ini berbeda-beda, tergantung dari dimana membelinya, apakah di angkringan atau wedang uwuh kemasan yang bisa diseduh sendiri di rumah. Tentu sangat terjangkau mengingat manfaatnya yang baik bagi kesehatan dan stamina tubuh.

7. Cocok Untuk Semua Kalangan

Wedang uwuh merupakan minuman sehat yang sangat merakyat. Cocok diminum oleh semua lapisan masyarakat. Banyak penikmat wedang uwuh yang berasal dari latar belakang berbeda-beda. Seperti misalnya pekerja kantoran yang mampir ke angkringan sepulang bekerja, mahasiswa yang nongkrong pada malam hari, sopir truk, wartawan dan sebagainya. Wedang uwuh bisa dinikmati setiap dua hari sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Memang benar bahwa wedang uwuh Solo ini memiliki khasiat yang tak main-main. Sebagai minuman tradisional, wedang uwuh tentu menggunakan rempah-rempah tradisional yang tersedia di tanah air. Walaupun sedikit ada perbedaan dengan wedang uwuh jogja, namun wedang uwuh khas Solo juga memiliki manfaat yang sama bagi tubuh. Jadi jangan ragu untuk mencoba mencicipi segelas penuh minuman kaya manfaat ini.

Check Also

es pisang ijo surabaya

7 Keunikan Es Pisang Ijo Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang cukup menyengat saat siang hari. Terik matahari dapat …