Ini Dia 5 Aplikasi Android Untuk Mencari Sumber Air Terbaik

Pernah membayangkan hidup tanpa air? Jika itu yang terjadi, maka dunia akan berakhir. Faktanya, 70% kehidupan Bumi disokong oleh air. Terlebih lagi untuk manusia, yang 90% lebih bagian tubuhnya tersusun oleh zat cair. Namun demikian, masih banyak daerah tandus yang minim air. Sebagian besar di antaranya bahkan ditinggali oleh manusia. Untung saja, dewasa ini aplikasi pencari air telah diciptakan. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut ini 5 aplikasi Android untuk mencari sumber air terbaik.

1. Water Finder

Aplikasi Water Finder pertama kali diciptakan untuk kontes internasional. Pada masa rilisnya, aplikasi ini berhasil menarik perhatian khalayak umum. Pasalnya, aplikasi pencari air sebelumnya memang belum pernah diciptakan.

Water Finder dapat membantu pemilik smartphone mencari sumber air di suatu daerah. Sistem kerjanya memadukan sensor dengan data dari satelit NASA. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengumpulkan apa saja sumber air yang tersedia di suatu kawasan. Kemudian menentukan mana sumber yang menyediakan air kualitas terbaik.

Water Finder diciptakan untuk tujuan sosial. Siapapun dapat memanfaatkan aplikasi menakjubkan ini dengan gratis. Mau coba?

2. Find Water

Aplikasi Android untuk mencari sumber air terbaik kedua jatuh pada Find Water. Aplikasi ini mampu mendeteksi sumber air dengan maksimal di manapun berada. Setiap sumber air yang terdeteksi akan ditandai dengan simbol air. Jika pengguna ingin mengunjungi sumber air tersebut, aplikasi ini akan memberi info lengkap tentang lokasi dan alamatnya.

Selain memberi informasi tentang keberadaan air, Find Water juga menggalakkan kampanye pengurangan sampah plastik. Melalui fiturnya, pengguna akan terus diingatkan untuk ikut melestarikan lingkungan tanpa plastik.

Satu-satunya kelemahan dari Find Water adalah kemampuan sensornya bergantung pada koneksi internet. Apabila digunakan di daerah minim koneksi internet, maka kemampuan sensornya juga menurun.

3. Water Detector Simulator

Water Detector Simulator dapat disebut sebagai aplikasi Android untuk mencari sumber air dengan fitur terlengkap. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai jenis sensor, misalnya sensor medan magnet, kedalaman, dan frekuensi air. Selain itu, Water Detector Simulator juga dapat mendeteksi apakah air di sumber tertentu benar-benar asli.

Sebelum menjajal langsung aplikasinya, orang-orang barangkali akan berpikir pengukuran Water Detector Simulator tidaklah akurat. Akan tetapi semua dapat dibuktikan begitu aplikasi ini digunakan. Water Detector Simulator punya cara kerja yang canggih, meliputi sistem sensor dan alarm kelembaban.

Meskipun punya banyak fitur, ukuran Water Detector Simulator terbilang kecil. Pengguna tidak akan rugi menyimpan aplikasi ini di smartphone-nya.

4. EarthEcho Water Challenge

Earth Echo Water Challenge mendapat rating 4 di Google Play, sebagai aplikasi Android untuk mencari sumber air. Aplikasi ini dibuat tanpa tujuan komersial. Pembuatnya adalah EarthEcho International, organisasi non profit yang mendedikasikan diri untuk lingkungan.

Sama seperti aplikasi FindWater, EarthEcho Water memberikan informasi akurat tentang lokasi dan alamat sumber air. Kelebihannya, aplikasi ini dapat menyimpan data lokasi sumber air dan memberi akses unduh bagi pengguna.

Selain itu, EarthEcho Water bisa mengintegrasikan beberapa smartphone sekaligus. Sehingga pencarian sumber air via aplikasi bisa dilakukan secara berkelompok.

5. mWater Explorer

Aplikasi Android untuk mencari sumber air satu ini memiliki interface yang sangat ramah. Cara penggunaannya sederhana. Cukup dengan mengaktifkan GPS dan membuka aplikasi.

Begitu aplikasi aktif, akan muncul titik-titik sumber air di layar smartphone. Proses pencarian air menggunakan mWater Explorer juga bisa terus dipantau. Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini punya sistem notifikasi yang langsung berbunyi saat air ditemukan.

Demikianlah 5 aplikasi Android untuk mencari sumber air paling direkomendasikan. Penggunaan aplikasi-aplikasi ini akan memudahkan pengguna menemukan sumber air, bahkan di tempat paling tandus sekalipun.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …