Cara Membuat Kincir Angin Pembangkit Listrik Sederhana

Pemanfaatan tenaga angin sebagai sumber listrik semakin berkembang pesat. Di Indonesia sendiri banyak sekali daerah yang memiliki potensi besar untuk dibangun kincir angin pembangkit listrik. Akan tetapi di Indonesia masih sedikit yang memanfaatkan tenaga angin ini. Namun jangan khawatir, jika kalian ingin membangun kincir angin sederhana, berikut cara mudah untuk membuatnya.

Persiapan Alat Dan Bahan

Sebelum membuat kincir angin pembangkit listrik yang sederhana, langkah pertama yang harus dilakukan adalah persiapan alat dan bahan yang akan digunakan. Beberapa alat dan bahan yang akan digunakan sangat mudah ditemukan di sekitar.

Alat yang dibutuhkan antara lain gunting, penggaris, jangka, paku, isolasi, obeng plus, cutter, pensil, rautan pensil, multimeter/ avometer, lem dan amplas. Sedangkan bahan yang dibutuhkan adalah papan kayu, kayu stik kotak, plastik, alumunium dan kayu stik bundar

Pembuatan Kincir Angin

Baling-baling atau kincir merupakan bagian turbin angin yang menangkap tenaga gerak angin. Dalam pembuatan kincir angin ini, kalian bisa memanfaatkan kayu, plastik dan alumunium. Sedangkan ukuran yang dibutuhkan tergantung dari tinggi tower.

Untuk tower dengan tinggi 6 meter, maka diameter kincir yang ideal adalah 2,5 meter. Sedangkan blade atau kipas yang dibuat berjumlah 3, 6, 9 dan seterusnya. Pastikan Anda menyesuaikannya dengan tower yang akan Anda pasangi.

Pemasangan Turbin Angin

Setelah kalian berhasil membuat baling-baling, langkah membuat kincir angin pembangkit listrik selanjutnya adalah dengan memasang turbin angin. Turbin sendiri terdiri dari kincir angin, generator dan ekor turbin. Dimana kincir yang diputar oleh angin dapat menggerakkan generator. Dan di dalam generator terdapat magnet serta kumparan yang dapat merubah energi gerak menjadi listrik.

Sedangkan ekor turbin dapat digunakan untuk mengarahkan turbin agar selalu menghadap angin. Dalam pemasangan ekor turbin harus dihitung berapa sudut kincir yang tepat. Hal ini bertujuan agar daya yang diperoleh lebih optimal.

Pemasangan Unit Pengontrol

Generator yang terdapat pada turbin angin mampu menghasilkan energi listrik. Akan tetapi kita masih membutuhkan beberapa komponen lagi. Salah satu komponen yang dibutuhkan tersebut adalah unit pengontrol atau controller.

Unit pengontrol ini dapat merubah arus AC yang dihasilkan oleh generator menjadi DC. Kemudian setelah menjadi arus DC, daya listrik tersebut dapat disimpan dalam baterai. Tidak hanya itu, unit controller juga dapat mengatur besarnya arus yang akan memasuki baterai. Sehingga baterai yang digunakan tidak akan mudah rusak.

Pemasangan Baterai Dan Inverter

Langkah selanjutnya untuk membuat kincir angin pembangkit listrik adalah dengan melakukan pemasangan baterai dan inverter. Selanjutnya baterai akan diisi oleh arus yang telah dirubah oleh controller sebelumnya dan disimpan.

Apabila listrik akan digunakan untuk keperluan lain, maka inverter akan merubahnya terlebih dahulu menjadi arus AC. Tentunya dengan tegangan yang sesuai dengan kebutuhan.

Pengujian Kincir Angin Pembangkit Listrik

Setelah kincir angin pembangkit listrik berhasil dibuat, tahap selanjutnya adalah dengan melakukan uji coba pada kincir angin tersebut. Kalian bisa meletakkan kincir angin di luar ruangan untuk menangkap angin. Ketika baling-baling bergerak maka rotor magent akan ikut berputar. Sehingga menimbulkan arus pada gulungan kabe coild yang ada di dasar.

Cara membuat kincir angin pembangkit listrik sederhana ini sangat mudah, sehingga siapapun dapat membuatnya. Bahkan bahan baku yang digunakan juga sangat mudah ditemukan. Bahkan harganya juga tidak terlalu mahal. Selain itu turbin angin juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Tertarik untuk membuatnya di sekitar rumah, selain murah pembangkit listrik tenaga angin juga ramah lingkungan.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …