Cara Menghemat Baterai Iphone Agar Tidak Cepat Habis

Mempunyai smartphone merupakan kalangan setiap orang terutama iphone. Memiliki smartphone bagus dan mahal tentunya dambaan bagi setiap orang tapi apakah kita bahagia jika smartphone yang kita miliki selalu boros baterai. Tentunya kita tidak mau kan hal itu terjadi? Oleh karena itu, di sini akan disajikan sedikit cara menghemat baterai iphone, di antaranya :

1. Matikan WiFi

Jika sedang bepergian dan tidak ada wifi, usahakan untuk mematikan WiFI (Wireless) karena akan menghabiskan daya baterai. Caranya cukup mudah, yaitu kamu swipe up lalu pilih icon wifi dan matikan. Ini adalah cara menghemat baterai iphone yang sangat nudah untuk dilakukan.

2. Memakai Low Power Mode

Jika ingin menghemat daya baterai iphone menjadi tahan lama, coba pakai mode low power. Caranya, klik Settings -> Gallery -> Aktifkan Low Power Mode. Cara ini memang ampuh untuk menghemat baterai selama beberapa jam atau bahkan seharian. Tapi, kelemahannya handphone kamu mengalami penurunan kinerja pada aplikasi tertentu seperti Siri, Email, dan aplikasi chat seperti line dan whatsapp tidak aktif.

3. Menonaktifkan Lokasi

Fitur ini memang sangat dibutuhkan apalagi jika kita sedang bepergian. Tetapi, jika tidak kemana-mana memang lebih baik jika fitur ini dimatikan karena akan menghabiskan daya baterai. Untuk mematikannya yaitu ke Settings -> Location Services -> Geser Location Services.

4. Menutup Aplikasi yang tidak terpakai

Terkadang kita sering memainkan aplikasi pada saat yang bersamaan. Tanpa kita sadari, hal itu membuat daya baterai iphone semakin terkuras. Maka dari itu, tutuplah aplikasi yang sekiranya tidak kita perlukan sehingga daya baterai pada handphone kita bisa bertahan lebih lama. Caranya, klik tombol pada kiri handphone -> geser aplikasi yang tidak terpakai.

5. Hapus Aplikasi yang tidak penting

Sering sekali kita mengunduh aplikasi tanpa menghiraukan aplikasi tersebut penting bagi kita atau tidak. Dengan mengunduh aplikasi secara terus menerus tanpa memikirkannya maka akan berakibat masalah pada handphone kita, menyebabkan full memory atau kapasitas memori penuh.

Selain itu muncul persoalan baru, yaitu makin menguras daya baterai handphone sehingga handphone jadi lambat dan baterai cepat habis. Maka dari itu, hapuslah aplikasi yang sekiranya tidak penting. Caranya, tahan aplikasi yang kita ingin hapus lalu ada pemberitahuan ‘Apakah Anda bersedia menghapusnya? (Ya/Tidak)’ kemudian Anda klik Ya dan aplikasi resmi dihapus.

6. Nonaktifkan Fitur Background App Refresh

Background App Refresh adalah fitur yang berisi informasi pada suatu aplikasi. Misalnya, jika ada chat dari aplikasi whatsapp, line, atau pemberitahuan terbaru tentang aplikasi terbaru maka itu akan muncul di homeline kita. Hal itu akan menyebabkan semakin mengurasnya daya baterai iphone. Untuk mengatasinya, kita bisa klik Settings -> General -> Background App Refresh. Kalian bisa memilih aplikasi yang ingin diaktifkan atau tidak sama sekali.

7. Matikan fitur analytics

Analyrics merupakan fitur data analitik ke Apple untuk peningkatan produk dan layanan. Jika tidak ada data yang ingin ditingkatkan produk atau pelayanannya, sebaiknya mematikan fitur tersebut. Hal ini bisa menjadi salah satu cara menghemat baterai iphone. Caranya bisa kamu akses di Settings -> Privacy -> Analytics. Atur posisi sesukamu setiap opsi ke off untuk mengurangi pengiriman data ke handphonemu.

8. Matikan Fitur Auto Brightness

Fitur auto brightness sangat berguna bagi kita ketika kita sedang bepergian. Tapi fitur ini selalu memberikan brightness (kecerahan) yang lebih dari yang kita butuhkan. Fitur ini bisa dimatikan dengan cara Settings -> General -> Accessibility -> Display Accomodations -> Auto Brightness -> Off. Nah, jika ingin mengatur brightness kembali kalian bisa mengaturnya secara manual melalui control center.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …