Ini Dampak Positif Dan Negatif Handphone Bagi Pelajar

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan akan informasi semakin meningkat khususnya bagi pelajar. Sehingga menunjang dalam kemajuan teknologi yang ada. Salah satunya adalah munculnya beberapa jenis handphone. Dimana perkembangan handphone memicu dampak yang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Berikut ini dampak positif dan negatif handphone bagi pelajar yang harus diketahui.

Dampak Positif Handphone Bagi Pelajar

Penggunaan handphone oleh pelajar tentu memberikan dampak positif yang tidak dapat kita pungkiri. Berikut ini beberapa dampak positif handphone bagi pelajar:

  1. Sebagai sarana komunikasi yang nyaman, mudah dan murah. Handphone menjadi sarana komunikasi jarak jauh dengan keluarga, saudara, guru maupun sahabat. Dimana pelajar dapat berkomunikasi dengan nyaman untuk sekedar menanyakan kabar dan lainnya. Komunikasi sendiri dapat dilakukan melalui pesan teks maupun dengan suara langsung, sehingga dapat mengobati rasa rindu. Dengan handphone pelajar dapat berkomunikasi dengan nyaman, mudah dan murah. Selain itu menggunakan handphone juga lebih cepat untuk mendapatkan respon. Apalagi jika sedang terjadi keadaan darurat seperti sakit, kecelakaan dan lainnya. Pelajar dapat langsung mengabari keluarga maupun guru dengan cepat.
  2. Sebagai sarana hiburan ketika waktu senggang. Setiap handphone dibekali dengan teknologi yang canggih. Tidak sedikit pelajar yang merasa jenuh ketika berada di dalam bus, rumah maupun saat waktu senggang lainnya. Sehingga pelajar dapat menggunakan handphone untuk mengurangi rasa bosan dan jenuh. Seperti dengan bermain game, bermain sosial media, mendengarkan musik dan lain sebagainya.
  3. Menambah pengetahuan dan wawasan yang luas. Dengan handphone pelajar akan dengan mudah mencari informasi mengenai pengetahuan dan wawasan lainnya. Misalnya ketika mendapatkan tugas dari sekolah, pelajar dapat mengakses informasi yang tepat dan cepat.

Dampak Negatif Handphone Bagi Pelajar

Selain dampak positif, penggunaan handphone juga berdampak negatif bagi pelajar. Berikut beberapa dampak negatif tersebut:

  1. Dapat mengganggu perkembangan pelajar. Dengan adanya fitur dan aplikasi yang canggih di handphone dapat mengganggu pelajar dalam menerima pelajaran. Karena mereka akan disibukkan dengan adanya kamera, sms, telepon dan lainnya.
  2. Efek radiasi. Penggunaan handphone yang tidak benar dapat berakibat buruk bagi kesehatan yang disebabkan dari sinar radiasi handphone itu sendiri. Maka dari itu, bagi pelajar harus benar-benar hati-hati dalam menggunakan HP.
  3. Rawan tindak kejahatan. Kejahatan kini terjadi dimana-mana, khususnya pencurian. Dan pelajar merupakan target utama tindak kejahatan tersebut. Apalagi jika pelajar menggunakan handphone yang canggih, bisa menjadi incaran penjahat.
  4. Menyebabkan pemborosan. Dengan memiliki handphone, pengeluaran otomatis bertambah. Seperti untuk membeli pulsa maupun kuota. Padahal hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.
  5. Menciptakan lingkungan pergaulan yang tidak sehat. Dengan adanya handphone, informasi apapun bisa diketahui oleh pelajar. Tidak hanya inforrmasi yang positif saja melainkan juga informasi negatif. Apalagi banyak sekali media sosial yang di dalamnya berisi beragam hal yang bisa dilihat oleh pelajar kapanpun dimanapun.
  6. Dapat mempengaruhi sikap pelajar. Jika penggunaan handphone pelajar tidak terkontrol oleh orang tua maupun guru dapat mempengaruhi sikap seerta perilaku pelajar. Bahkan kini tidak sedikit pelajar yang menyebarkan gambar-gambar yang mengandung pornografi, kriminalitas dan lain sebagainya. Selain itu, pelajar juga akan susah untuk diawasi. Apalagi ketika masa puber dimana handphone menjadi sarana bagi mereka untuk berkomunikasi. Yang seharusnya belajar tetapi mereka asyik sms-an, chating dan lain-lain.

Itulah beberapa dampak positif dan negatif handphone bagi pelajar. Untuk mengontrol dampak positif dan negatif handphone bagi pelajar tersebut, tentu harus diimbangi dengan penggunaan handphone. Apalagi jika menggunakan handphone terlalu sering tidak baik untuk kesehatan mental dan fisik pelajar itu sendiri.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …