Perkembangan Jaringan 5G Di Indonesia Yang Penting Untuk Kita Ketahui

Bagi anda pengguna alat telekomunikasi pasti tidak asing lagi dengan istilah 2G,3G, 4G lagi. Istilah itu merupakan singkatan dari peringkat generasi jaringan telekomunikasi. Semakin lama, jaringan telekomunikasi terus berkembang seiring dengan kebutuhan masyarakat yang selalu menginginkan kecepatan dan kesetabilan dalam mendapatkan informasi dan komunikasi. Indonesia sendiri sudah bersiap-siap untuk beralih dari jaringan 4G ke jaringan 5G. Bagaimana persiapan dan perkembangan jaringan 5G di Indonesia? Berikut ulasannya:

Sekilas Tentang Jaringan 5G

Sebelum kita membahas lebih dalam ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana kinerja jaringan 5G. Seperti jaringan pendahulunya jaringan 5G juga menggunakan pemancar gelombang radio lalu dibagi menjadi frekuensi yang berbeda. Frekuensi-frekuensi tersebut akan diregulasikan oleh International Telecommunication Union atau disingakat ITU. Setelahnya ITU akan merestreruksi bagian-bagian gelombang radio yang nantinya pemancar frekuensi dari jaringan 5G ini akan lebih stabil dan cepat dari jaringan 4G yang saat ini kita gunakan.

Keunggulan Jaringan 5G

Karena jaringan 5G ini masih berupa konsep dan masih dalam uji coba,  jadi kita belum tahu pasti bagaimana kekurangan dan keunggulannya. Namun, dikabarkan jika jaringan 5G ini memiliki kecepatan sekitar 800 Gbps. Dengan kecepatan seperti itu kita bisa mengunduh 33 film dengan kualitas gambar yang tinggi dalam beberapa detik. Pastinya kita sudah tidak sabar lagi untuk menunggu peluncuran jaringan 5G di Indonesia.

Perkembangan Jaringan 5G Dari Awal Peluncuran Hingga Saat Ini

Jaringan 5G akhir-akhir ini banyak terdengar di telinga kita. Perkembangan teknologi yang semakin canggih semakin mempermudah kinerja manusia, termasuk dalam jaringan yang mulai muncul dengan kecepatan 5G ini. Berikut ulasan tentang perkembangan 5G di Indonesia:

1. Peluncuran Jaringan 5G

Mobile world congress atau MWC yang diadakan di Barcelona masih belum dapat memastikan rilisnya karena masih dalam tahap pembangunan. Namun beberapa negara maju seperti Jepang dan Korea Selatan sudah mulai melakukan uji joba terhadap jaringan 5G pada tahun 2017.

Operator jaringan seluler dari Amerika Serikat yaitu AT&T akan meluncurkan jaringan 5G pada 12 kota pada akhir tahun 2018. Jaringan 5G di Indonesia sendiri sudah mulai tahap uji percobaan pada saat Asia Games 2018 di Jakarta dan Palembang yang di dukung oleh operator jaringan Telkomsel.

2. Persiapan Infrastruktur Untuk Perkembangan Jaringan 5G di Indonesia

Untuk saat ini infrastruktur yang dimiliki Indonesia belum siap untuk menerima jaringan 5G, karena satelit yang kita miliki yaitu palapa ring masih lambat. Geografis di Indonesia juga sangat luas, sehingga membutuhkan banyak biaya untuk membangun infrastruktur di Indonesia.

Namun, Indonesia sudah memiliki banyak perkembangan infrastruktur dan optimis tahun 2020 nanti seluruh masyarakat akan menikmati jaringan 5G di Indonesia mengikuti negara-negara maju lainnya.

3. Spektrum Sebagai Pendukung Ekosistem

Pemain utama dalam berkembangnya ekosistem jalannya jaringan komunikasi adalah spektrum. Untuk mengembangkan jaringan 5G membutuhkan kurang lebih 100 MHz. Indonesia untuk saat ini masih memiliki dua spektrum yaitu 28 GHz dan sub-6 GHz itupun masih digunakan di satelit. Untuk membangun spektrum pihak Telkomsel sudah mengeluarkan dana sekitar 1 triliyun rupiah dengan membeli 30 MHz di pita frekuensi 2,3 GHz.

4. Perangkat Teknologi Yang Digunakan

Untuk menunjang jaringan 5G, konsumen harus menyiapkan perangkat komunikasi yang mendukung. Contoh spesifikasi perangkat yang harus dimiliki adalah LTE Cat 6 ke atas dan IOS atau Android yang memiliki kecepatan 450/50 Mbps. Sudah banyak vendor yang telah menyiapkan perangkat untuk menerima jaringan 5G di Indonesia seperti ASUS, APPLE, Xiaomi, Samsung, LG dan banyak lainnya.

5. Tahap Uji Coba Yang Akan Terus Ditingkatkan

Meskipun jaringan 5G di Indonesia masih dalam tahap uji coba, setidaknya kita optimis bisa mengikuti perkembangan informasi dan teknologi. Jaringan 5G ini akan terus ditingkatkan sampai pada akhirnya memberikan banyak manfaat bagi Indonesia. Memang masih banyak pekerjaan rumah untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia, tapi kita memiliki kelebihan di volume pengguna jaringan 5G.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …