Tertarik Dengan Mini PC? Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Mini PC

Komputer yang memang dirancang dalam ukuran yang lebih kecil biasa disebut dengan Mini PC. Performa dari Mini PC ini juga tidak kalah dengan produk desktop yang lainnya. Spesifikasi dan juga fitur yang dikemas lebih sederhana menjadi alasan mini PC ini banyak penggemarnya. Namun meskipun begitu, ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan Mini PC ini. Untuk lebih lanjut simak informasinya berikut ini.

Kelebihan Mini PC

Ada beberapa kelebihan dari penggunaan Mini PC ini. Kelebihan tersebut menjadikan alasan banyak orang yang mulai berpindah untuk mengganti PC mereka. Kelebihan tersebut antara lain:

1. Ukurannya Yang Kecil Dan Tidak Memakan Tempat

Bagi pengguna desktop PC, tentunya akan sangat repot untuk membawa atau mengatur tata letak karena komponen PC yang sulit untuk dipindah. Ukuran dari Mini PC ini biasanya hanya sekitar 10 Cm x 10 Cm. Dari dimensi ukuran tersebut tentunya jauh lebih kecil dibandingkan dengan ukuran PC. Hal tersebut menjadikan space khusus dan tidak memerlukan tempat yang besar karena Mini PC ini bisa dipasang dibelakang monitor.

2. Konsumsi Listrik Yang Kecil

Selain hemat tempat, Mini PC ini juga mampu untuk menghemat konsumsi listrik. Beberapa Mini PC hanya memerlukan sekitar 20 hingga 30 watt. Bahkan ketika menggunakan Inter NUC hanya memerlukan sekitar 10 watt saja. berbeda halnya dengan penggunaan PC yang memerlukan sekitar 300 Watt dalam penggunaannya. Bisa dibayangkan ketika kita menggunakan Mini PC ini dalam jangka waktu yang panjang, berapa penghematan yang sudah dilakukan.

3. Portabilitas Yang Sama Dengan Laptop

Selain laptop, pc mini ini juga memiliki komputasi mumpuni yang hampir sama dengan laptop. Bagi yang hobi dalam mengoprek dekstop, tentunya adanya pc mini akan lebih menyegarkan dibanding dengan penggunaan dekstop versi PC lama.

4. Mudah Dalam Melakukan Perawatan

Semakin simple komponen sebuah teknologi, semakin mudah pula ketika ingin melakukan perawatannya. Opsi upgrade yang fleksibel di banding laptop dan Pc menjadikan Mini PC ini mudah dalam melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin. Bahkan hingga komponen paling dalam sekalipun, pc mini mudah dijangkau tanpa bantuan alat khusus untuk melakukan pembersihannya.

5. Sangat Praktis

Semua komponen yang ada pada Mini PC ini kecil dan tidak ribet. Penggunaan pc mini bisa langsung dicolokkan ke monitor dan ditempelkan pada tembok. Hal ini karena tidak perlu berurusan dengan perkabelan yang biasanya ada saat menggunakan dekstop PC.

Kekurangan Dari Mini PC

Kelebihan dan kekurangan Mini PC ini yang menjadikan alasan untuk disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Meskipun banyak kelebihan yang bisa didapatkan ketika menggunakan Mini PC ini, tentunya ada beberapa hal yang menjadi kekurangannya. Berikut beberapa kekurangan dari Mini PC :

1. Tidak Adanya Kemungkinan Ekspansi

Berbeda halnya dengan penggunaan desktop. Ketika menggunakan Mini PC ini tidak akan mampu untuk melakukan sebuah ekspansi. Ekspansi disini dalam artian tidak bisa leluasa ketika ingin menambah atau mengganti komponen yang ada didalamnya. Ketika spek yang ada tidak sesuai dengan kebutuhan kita, tentunya akan sedikit kemungkinan untuk bisa meng-upgrade dan mengganti beberapa spek yang ada.

2. Butuh Harga Ekstra Ketika Menginginkan Spesifikasi Lebih

Karena ukurannya yang kecil tentunya jangan terlalu berharap pada kinerja dari PC mini ini. Ketika menginginkan kinerja yang kilat dan canggih, harga yang harus dibayar pun juga terbilang ekstra.

3. Slot Yang Terbatas

Ukuran yang mini juga menjadikan slot memori dan juga slot pci yang sedikit. Berbeda dengan desktop pc yang memiliki slot banyak dan juga tersedia slot vga.

4. Tidak Diperuntukkan Aktivitas Berat

Spek yang terbatas menjadikan aktivitas yang dilakukan menggunakan pc mini hanya aktivitas ringan saja seperti halnya mengetik maupun browsing. Ketika digunakan untuk bermain game besar akan sangat lambat dan terasa lebih berat.

Kelebihan dan kekurangan Mini PC ini tentunya juga tergantung dari bagaimana anda ingin memanfaatkan pc mini tersebut. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Mini PC diharapkan dapat disesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan yang ada.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …