Inilah Manfaat Energi Matahari Bagi Alam

Seperti yang kita ketahui, matahari adalah salah satu sumber penerangan terbesar yang ada di dunia ini ketimbang energi penerangan lain seperti api, dan lain-lain. Selain sebagai sumber cahaya, matahari juga sebagai pusat tata surya kita yang merupakan salah satu sumber energi panas yang kekal. Sinar matahari tidak dapat dihancurkan ataupun dimusnahkan namun bisa diubah ke dalam bentuk lain. Manfaat energi matahari bagi alam adalah salah satunya menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup di bumi. Energi matahari kini sudah banyak dimanfaatkan. Apa saja manfaat tersebut?

1. Memberikan Penerangan

Bayangkan jika tidak ada matahari di dunia ini, pasti kehidupan di bumi tidak akan bisa berlangsung. Semuanya akan gelap gulita, baik manusia atau hewan tidak bisa melihat apapun di sekitarnya. Dengan kehadiran energi matahari ini lah seluruh area bisa terlihat dengan jelas dan Nampak apalagi saat siang hari. Untuk itulah manfaat energi matahari bagi alam sebagai media penerangan untuk siang hari dan di malam hari pun masih memantulkan sinarnya ke bulan dan tetap kelihatan di malam hari.

2. Sebagai Sumber Energi

Matahari juga menjadi sumber energi bagi dunia ini, diperkirakan matahari sudah menghasilkan 383 miliar triliun kilowatt energi. Angka yang sangat sangat fantastis sekali dan tetap bertambah terus. Meski energi matahari tidak semuanya diserap oleh bumi, tetapi selama ini energi matahari yang ditangkap bumi sudah sangat cukup untuk memenuhi energi yang diperlukan segala makhluk hidup di muka bumi ini. Sudah jelas manfaat energi matahari bagi alam adalah menjadi sumber energi yang kekal.

3. Perantara Penghasil Oksigen

Energi matahari dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan berklorofil untuk melakukan fotosintesis. Maka dari itu, tumbuhan akan terus hidup dan kemudian akan menghasilkan oksigen dan berperan sangat penting bagi manusia dan hewan. Sedangkan untuk makhluk yang sudah mati nantinya akan diubah menjadi fosil yang bisa menghasilkan batu bara dan minyak bumi sebagai sumber energi yang semuanya tidak lepas dari peran energi matahari.

4. Mendukung Kelangsungan Hidup Organisme

Manfaat energi matahari bagi alam bisa memberikan suhu yang tepat bagi kelangsungan organisme di alam ini. Bumi memperoleh energi yang cukup sehingga memperhatikan bentuk cairan pada air yang menjadi salah satu komponen terpenting untuk kehidupan. Terlebih lagi, energi matahari juga berperan besar dengan adanya siklus hujan, angina, iklim dan cuaca di bumi.

5. Mengeringkan Tanah

Energi matahari sangat dibutuhkan untuk proses pengeringan tanah sehingga nantinya ada biji bunga yang jatuh ke tanah kering kemudian akan tumbuh dan subur. Energi matahari juga penting untuk beberapa jenis tumbuhan untuk proses tumbuh dan berkembang biak. Sebagai contoh biji bunga matahari yang tidak bisa tumbuh di tanah yang lembab maka energi matahari sangat diperlukan untuk mengeringkan tanah guna kelangsungan hidup suatu makhluk atau tanaman.

6. Penghasil Energi Listrik

Energi matahari juga bisa menghasilkan energi listrik yang nantinya sangat diperlukan dan akan digunakan sebagai kebutuhan manusia dan sebagai penerangan di malam hari. Sedangkan energi listrik yang dihasilkan, nantinya bisa digunakan untuk bahan elektronik dan barang-barang rumah tangga. Energi listrik yang berasal dari energi matahari atau sel surya tentunya akan lebih ramah lingkunganĀ  dan sumber atau ketersediaannya tanpa batas.

7. Sumber Nutrisi Yang Sangat Baik

Dalam sebuah percobaan, membandingkan antara dua tanaman yang diletakkan di ruangan ter tutup dengan cahaya buatan sedangkan tanaman yang satunya diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Alhasil nutrisi yang diperoleh tanaman yang tertutup terbilang buruk dibanding tanaman yang langsung terkena sinar matahari.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …