7 Manfaat Handphone Untuk Pelajar Yang Sangat Penting

Perkembangan dunia teknologi semakin pesat, khususnya dalam hal handphone. Handphone menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan. Tidak sedikit masyarakat menyadari bahwa banyak sekali dampak yang ditimbulkan dari handphone ini, khususnya untuk pelajar. Jika dulu pemakaian handphone hanya untuk tingkat Sekolah Menengah Atas atau untuk tingkat universitas, sekarang anak SD saja sudah menggunakan handphone canggih. Dibalik dampak negatif yang ditimbulkan dari handphone untuk pelajar, ada banyak manfaat handphone untuk pelajar yang akan didapatkan. Berikut adalah manfaat handphone untuk pelajar:

1. Menjadi Alat Berhubungan Jarak Jauh

Dengan adanya handphone kehidupan pelajar akan lebih mudah dan terorganisir. Handphone menjadi hal dasar dalam berhubungan dengan rekan-rekannya. Artinya manfaat handphone untuk pelajar adalah mudah untuk mengkoordinasikan teman-teman jika hendak bertanya tugas atau hendak belajar kelompok maupun membuat tugas bareng.

Dengan adanya handphone terbukti kehidupan pelajar semakin tertolong. Salah satu contohnya adalah siswa bisa berkomunikasi dengan team guna menanyakan tugas sekolah atau materi PR tanpa harus keluar rumah dan menghemat waktu.

2. Sebagai Sumber Pembelajaran Alternatif

Pasti saat sekolah anda mengalami pelajaran yang tidak tersampaikan dengan seluruhnya karena ada halangan. Nah sebagai pelajar bisa memanfaatkan handphone untuk melengkapi pelajaran dan menjadikan handphone sebagai sumber pembelajaran kedua. Anda bisa Tanya guru atau teman melalui handphone atau anda bisa mencari sendiri apa yang belum diketahui.

3. Menambah Wawasan Pelajar

Pelajar bisa memanfaatkan handphone untuk memberikan dan menerima beragam informasi, khususnya di social media. Contohnya adalah dalam suatu forum atau grup sedang mengadakan sebuah lomba atau kompetisi, secara tidak langsung pelajar bisa bersaing dan mengeksplore kemampuan diri sendiri. Secara tidak langsung, wawasan pelajar akan semakin bertambah dan tanpa disadari sudah mengembangkan kemampuan masih masing melalui handphone.

4. Mendukung Kegiatan Pembelajaran

Handphone dapat membantu pelajar dalam kegiatan pembelajaran. Artinya pada poin ini manfaat handphone untuk pelajar adalah menciptakan kenyamanan dalam belajar dan mengurangi bosan saat kegiatan belajar di sekolah maupun di rumah.

Salah satu contohnya adalah pada Youtube, di youtube pelajar bisa mendapat pelajaran tambahan berupa video tutorial atau sejenisnya dengan bentuk gabar atau video yang akan menghilangkan rasa bosan pelajar menghadapi tulisan saja. Handphone memungkinkan pelajar tidak hanya mengacu pada buku dan tulisan, tetapi juga bisa melalui media yang lebih asyik dan menarik, contohnya dalam bentuk audio, video dan gambar.

Contoh lainnya adalah dengan adanya music mp3. Tidak jarang pelajar yang hanya focus belajar jika adanya music. Nah maka dari itu handphone dapat membantu anda yang tidak bisa focus dengan music-musik.

5. Memudahkan Pelajar Untuk Mencatat Dan Mengoleksi Suatu Berkas

Handphone tentunya dapat dibawa kemana pun karena bentuknya yang pas di saku. Kegunaan handphone dalam hal ini adalah pelajar dapatĀ  mencatat bahan pelajaran dan dapat menghafalnya dimana saja. Contoh lainnya adalah pelajar bisa mencatat hal-hal penting seperti jadwal, pengumuman ujian hanya dalam genggaman saja.

6. Mengetahui Dunia Luar Dan Memperluas Persahabatan

Dengan adanya internet di handphone, pelajar bisa mengetahui perkembangan dunia luar hanya di genggaman handphone saja. Pelajar bisa mengikuti berita-berita dan perkembangan di dunia luar tanpa harus jauh-jauh di tempat tersebut. Selain itu dengan adanya handphone pelajar bisa menambah persahabatan dengan orang lain yang jauh tanpa harus bertemu langsung. Dengan itu, pelajar lebih mudah untuk belajar dan berbagi dengan orang lain.

7. Handphone Sebagai Media Hiburan

Setelah penat untuk belajar tentunya pelajar butuh hiburan untuk menyegarkan otak. Salah satunya adalah untuk main game. Secara tidak langsung, dalam game juga mengajarkan pelajar untuk mengasah otak dan strategi mereka, salah satunya adalah game yang bergenre moba. Perlu diingat dalam bermain game janganlah terlalu larut dan lupa dengan kewajiban untuk belajar. Hendaknya main game secukupnya untuk menghibur diri dan menyegarkan otak yang penat belajar.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …