7 Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Hutan merupakan salah satu kebutuhan pokok di dunia ini. Tahukah kamu akan manfaat kehidupan itu sendiri bagi kehidupan? Sekilas pertanyaan tersebut sangatlah tak berguna. Namun jika kamu mau memahaminya secara dalam, ternyata adanya hutan di dunia ini mempunyai manfaat yang banyak sekali bagi keberlangsungan hidup manusia. Adapun 7 Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Yang Sangat Penting Untuk Diketahui itu sendiri antara lain sebagai berikut.

7 Manfaat Hutan Bagi Kehidupan :

1. Sebagai Penyerap Dan Penyimpanan Karbon

Salah satu kemampuan pohon adalah menyerap CO2 (karbondioksida) serta mengubahnya menjadi kayu. Karbon yang telah terserap ini akan tetap terikat selama ratusan bahkan hingga ribuan tahun. Inilah bagian penting dari fungsi hutan itu sendiri dari sistem iklim bumi. Secara sederhanya dapat diterangkan bahwa pohon yang tumbuh sumbur akan menjadi penyerap karbondioksia dari permukaan atmosfir yang ada di bumi serta akan menyimpannya di dalam daun, akar, dan tanah hutan.

2. Memenuhi Kebutuhan Manusia

Berbagai hasil hutan digunakan sebagai bahan baku aneka produk untuk kebutuhan manusia di muka bumi. Dari kebutuhan berhubungan secara langsung dengan kayu itu sendiri. Seperti aneka model mebel, aneka kerajinan rotan, kerajinan akar kayu, dll. Atau berupa kebutuhan yang tak langsung berhubungan dengan kayu itu sendiri seperti madu yang berasal dari lebah hutan, obat-obatan yang berasal dari aneka daun-daun herbal, makanan, minuman, dan lain – lain. Yang memenuhi kebutuhan manusia setiap harinya

3. Menjadi Habitat Alami Bagi Burung, Serangga, Hingga Mamalia

Hutan sendiri secara lansung menjadi rumah bagi hampir seluruh spesies hewan seantero dunia. Ditambah dengan aneka macam kekayaan hayati, maka semakin lengkap manfaat hutan itu sendiri khususnya di daerah tropis sebagai pemilik hayati terkaya di dunia. Namun untuk zaman sekarang ini beberapa spesies telah punah. Maka dari itu, sudah kewajiban kita untuk melestarikan hewan-hewan yang sudah punah maupun yang belum. Agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga.

4. Pencegah Banjir

Hutan yang berada di dataran tinggi mempunyai manfaat yang sangat penting sekali yakni sebagai daerah resapan air yang paling besar sekaligus sebagai pencegah terjadinya tanah longsor. Hutan yang berada di dataran tinggi akan berfungsi sebagai penahan tanah agar tak munah tergerus air. Sedangkan fungsi hutan yang berada di dataran rendah akan berfungsi sebagai penghambat air sehingga bisa mencegah akan terjadinya banjir. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya kerusakan tanah, bangunan dan properti. Selain itu fungsi dari hutan yang berada di daratan rendah juga dapat menjadi habitat yang sangat alami untuk aneka satwa liar yang berada di hutan.

5. Sumber Oksigen

Sebagaimana yang kita tahu bahwa pohon dan tumbuhan merupakan penghasil oksigen. Maka dari itu hutan merupakan salah satu sumber penghasil oksigen yang paling besar. Dan berperan penting menjaga stok oksigen di seluruh muka bumi untuk keberlangsungan makhluk hidup.

6. Sumber Cadangan Air

Hutan melalui berbagai jenis pepohonan yang tumbuh didalamnya merupakan salah satu sumber cadangan yang melakukan peresapan air sangat besar. Maka dari itu dengan banyak pepohonan yang ada didalamnya tidak heran jika cadangan air sangat besar terdapat di dalam hutan.

7. Tempat Wisata

Dan manfaat hutan bagi kehidupan yang terakhir adalah sebagai tempat wisata. Tidak sedikit beberapa daerah memanfaatkan hutan menjadikan sebagai tempat wisata edukasi atau tempat wisata masyarakat yang sangat bernilai tinggi. Hutan itu sendiri jika bisa dikelola dengan baik bukan hanya saja dapat menjaga ekosistem kehidupan di muka bumi. Namun dapat juga menjadi wisata yang menyenangkan bagi manusia. Itulah beberapa manfaat hutan bagi kehidupan yang penting sekali untuk kamu ketahui.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …