Pemanfaatan Teknologi VR Di Berbagai Bidang

Pemanfaatan teknologi VR atau Teknologi yang menghadirkan dunia maya seakan menjadi nyata ini sudah dilakukan di berbagai bidang. Karena teknologi ini memiliki potensi yang sangat besar, baik dalam bidang Kedokteran, Bisnis hingga Arsitektur. Berikut ini merupakan beberapa bidang yang sering menggunakan Pemanfaatan teknologi VR. 

Bidang Kedokteran

Teknologi virtual (VR) merupakan teknologi perangkat keras dengan bentuk seperti kacamata atau helm yang nantinya disambungkan pada perangkat komputer atau sebagainya. Dalam bidang kedokteran pemanfaatan teknologi VR digunakan untuk mensimulasikan peristiwa atau tempat. Misalnya pada pemeriksaan gigi, yang mengubah rasa ketakutan pasien akibat pemeriksaan gigi yang terkesan menakutkan. 

Hasil penelitian dari 79 pasien yang sepertiganya menggunakan headset VR dengan gambaran suasana pantai, sepertiga pasien lainnya menggunakan VR Cityscape dan sepertiga pasien sisanya tidak menggunakan VR sama sekali menunjukkan bahwa pasien yang menggunakan VR headset VR suasana pantai hanya merasa sedikit kesakitan, pasien dengan VR perkotaan tidak merasakan sakit sama sekali, dan pasien tanpa VR merasakan kesakitan. Hal ini menunjukan bahwa teknologi VR berpotensi sangat baik untuk bidang kedokteran, salah satunya meminimalisir kecemasan pasien.

Game

Hadirnya teknologi virtual dalam dunia game menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta game. Teknologi virtual reality bisa disambungkan dengan media PC, laptop, dan smartphone, pengalaman bermain game semakin seru dan serasa nyata.

Beberapa game yang menggunakan pemanfaatan teknologi VR antara lain : L.A. Noire:The VR Case Files, Chronos, Rez Infinite, Keep Talking And Nobody Explodes, Thumper, Hover junkers, Superhot VR. Star Trek: Fallout 4, Bridge Crew. Dan masih banyak lagi.

Bidang Transportasi

Pada Perang Dunia ke-2, pemanfaatan teknologi VR sudah digunakan, yaitu sebagai simulasi seorang pilot untuk menerbangkan pesawat. Dewasa ini, penggunaan simulator berbasis Virtual Reality sudah banyak digunakan, bahkan perusahaan-perusahaan kendaraan telah banyak menggunakan teknologi VR sebagai simulator pengeluaran produknya.

Semakin banyaknya konsumen motor dan mobil menjadikan perusahaan bekerja cepat dalam mensimulasi kelayakan penggunaan kendaraan yang dimiliki. Hal ini membuktikan bahwa teknologi VR membantu perusahaan bidang transportasi.

Bidang Militer

Bidang Militer menjadi salah satu bidang yang cepat tanggap akan hadirnya teknologi Virtual Reality. Penggunaan ini didasari pada pelatihan dalam perang.

Pemanfaatan teknologi VR di bidang militer bukanlah hal yang baru, karena simulator berbasis Virtual Reality ini sudah digunakan di berbagai Negara. Selain untuk melatih kecakapan militer dalam menembak, teknologi ini juga mampu melatih strategi perang serta survival dan sebagainya.

Bidang Periklanan

Pemanfaatan teknologi VR lainnya digunakan pada bidang periklanan. Jika dulu, tempat perbelanjaan ialah toko yang terletak di suatu tempat. Namun, efek globalisasi saat ini yang memunculkan internet di tengah masyarakat luas mengalihkan tempat belanja tidak harus berupa fisik.

Teknologi Virtual Reality saat ini sering digunakan perusahaan industri pelayanan periklanan untuk memasarkan produk-produknya. Manfaat dari Teknologi Virtual tentunya memiliki keunggulan tersendiri pada saat pengiklanan suatu produk. Bagaimana tidak, penggunaan teknologi virtual membuat calon konsumen dapat melihat ke setiap sudut dalam pandangan 360 derajat. Hal ini membuat calon konsumen serasa ada pada suatu tempat perbelanjaan yang nyata. Dan dengan keunggulan seperti inilah teknologi VS digunakan dalam periklanan.

Demikianlah beberapa bidang yang menggunakan pemanfaatan teknologi VR. Bukan tidak mungkin lagi jika ada masa yang akan datang teknologi Virtual Reality booming  dan menjadi platform pengganti smartphone.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …