Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Indonesia

Pembangkit listrik tenaga surya atau yang sering disingkat PLTS merupakan sebuah pembangkit listrik yang mengubah adanya sebuah energi surya menjadi listrik. Hal ini tentunya memanfaatkan adanya energi matahari dan menjadi salah satu sumber alternatif yang terbilang ramah lingkungan. Banyak sekali jenis pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia sekarang ini. Karena Indonesia menjadi negara yang berada di garis khatulistiwa, tentunya potensi memanfaatkan energi surya ini sangat besar. Berikut beberapa PLTS yang ada di Indonesia, antara lain:

1. PLTS Dusun Bajaneke Kupang NTT

Pembangkit listrik tenaga surya yang satu ini merupakan pembangkit listrik terbesar yang berada di Indonesia. Dengan kapasitas 5 MW, pembangkit yang dimiliki oleh PT Lembaga elektronik nasional (LEN) mampu membantu PLN dalam mengatasi pemadam bergilir atau defisit di sistem Timor. Dengan lahan seluas 7,5 hektare, tampak ribuan modul surya membentang. Bahkan, Pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia ini tidak memerlukan biaya operasional yang terbilang besar seperti halnya penggunaan diesel.

 2. PLTS Yang Berada Di Kabupaten Karangasem Bali

Pembangkit listrik tenaga surya yang berada di bali ini memiliki kapasitas 1 MW. Pembangkit listrik yang berada di wilayah ini menjadi contoh daerah lainnya dan diperbolehkan untuk dibangun pihak swasta dengan tarif per KWH dengan disesuaikannya tarif maksimum dari pemerintah. PLTS ini juga termasuk dalam 3 proyek pembangkit listrik tenaga surya terbesar yang berada di Indonesia. Meskipun luas tanah yang digunakan tidak sebesar yang berada di kupang, namun mas operasi PLTS ini memiliki masa 20 tahun dengan 1,2 hektare.

3. PLTS Di Pulau Gili Trawangan NTB

Adanya PLTS yang dibangun di Gili Trawangan NTB ini bertujuan untuk menerangi wilayah wisata utama yang berada di Lombok. PLTS ini berkapasitas 600 kWp dan terdapat 3 kawasan wisata utama yang diteranginya. Penggunaan PLTS di wilayah ini memang diutamakan karena PLTS tidak  bisa menggunakan tenaga angin yang ada karena angin di pulau tersebut tidak konstan.

4. PLTS Di Pulau Medang, Sekotok, Moyo Bajo Pulo

Kapasitas dari PLTS yang berada di Medang, Sekotok, Moyo, Baju Pulo ini terbilang lumayan besar. Hal ini karena kapasitas PLTS ini sebesar 900 kWp. Kapasitas yang besar ini tentunya memberikan pengaruh yang besar pula terhadap wilayah sekitar yang memerlukan adanya penerangan atau penggunaan listrik.

5. PLTS Morotai Maluku Utara

Untuk pembangkit listrik tenaga surya yang berada di Maluku ini dioperasikan hanya oleh satu orang saja. Hal ini karena adanya sumber daya alam yang kurang di wilayah tersebut. Standarisasi yang ada juga terbilang berbeda karena wilayah Morotai ini berada di pulau terluar. Kapasitas PLTS ini berukuran 600 kWp, sehingga perlu adanya tambahan pihak yang melakukan pemeliharaan dan checking PLTS tersebut.

6. PLTS Di Pulau Raijua NTT

Pulau Raijua merupakan sebuah pulau terdepan di sisi selatan yang berada di Indonesia. Dengan memanfaatkan sumber energi matahari yang ada, PLN terus meningkatkan energi baru untuk bisa dimanfaatkan dan terbarukan. Hal ini tentunya untuk meningkatkan rasio elektrifikasi pembangunan jaringan listrik yang ada. Kapasitas dari PLTS yang berada di Raijua ini yaitu 150 kWp.

Ada banyak PLTS yang berada di Indonesia ini. Meskipun begitu, pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia ini masih tetap ditambah jumlahnya. Hal ini erat hubungannya dengan penambahan jumlah pembangkitnya maupun kapasitas listrik yang akan dihasilkannya. Bahkan banyak juga pembangkit listrik tenaga surya yang akan di bangun di pulau-pulau kecil dan yang sulit di jangkau di wilayah Indonesia.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …