Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Siapa yang tidak mengenal internet? Di era kemajuan teknologi digital yang semakin pesat ini internet melaju drastis tanpa batas dan tak terkendali. Namun tahukah anda pengertian internet sebenarnya? Banyak orang yang tidak memahami apa arti internet walaupun ia merupakan pengguna aktif internet. Berikut ini 10 pengertian internet menurut para ahli :

1. Internet Menurut Onno W Purbo

Ia adalah orang pertama yang menjelaskan tentang pengertian internet. Menurutnya internet adalah sebuah media yang digunakan untuk mengesifiensikan proses komunikasi dengan berbagai aplikasi seperti e-mail.

2. Internet Menurut Allan

Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain baik berupa fisik serta kemampuan dalam membaca maupun menguraikan protokol komunikasi tertentu yang dikenal dengan sebutan IP atau Internet Protocol dan TCP atau Transmission Control Protocol.

3. Internet Menurut Strauss, El-Ansary, Dan Frost

Menurut ketiga ahli ini, pengertian internet adalah total seluruh perangkat jaringan komputer yang berhubungan antara satu  dengan yang lain. Beberapa komputer yang saling terhubung dalam jaringan akan menyimpan dan memiliki sejumlah file yang bisa diakses ataupun digunakan. Sebagai contoh adalah sebuah halaman web dan data-data lain yang dapat diakses oleh berbagai komputer yang terhubung dengan internet.

4. Internet Menurut Oetomo

Internet merupakan singkatan dari International Network yang dapat diartikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar. Dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan kecil yang terhubung antara dengan yang lainnya. Kemudian Oetomo juga menyebutkan bahwa sebuah jaringan komputer yang sangat besar ini bisa mencakup jaringan di seluruh dunia.

5. Internet Menurut Randall Dan Latulipe

Internet adalah suatu jaringan global yang terdapat di dalam jaringan komputer. Sehingga dapat diartikan bahwa internet adalah sebuah jaringan global yang disusun dari beberapa jaringan komputer serta dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

6. Internet menurut Mori, Kayo Dan Takono

Ketiga penggagas ini menyebutkan bahwa internet adalah jaringan dengan tiga keistimewaan. Keistimewaan yang pertama bahwa di dalam internet terdapat kebebasan. Internet dapat memberikan penggunanya sebuah kekuasaan untuk saling bertukar baik memberi maupun menerima informasi secara bebas. Keistimewaan yang kedua yaitu bahwa dinamika dan nilai internet sangat mengikuti perkembangan zaman. Kebanyakan informasi di internet yang diakses berupa informasi yang paling update dan terbaru berbeda jika dibandingkan dengan informasi dari media cetak Keistimewaan yang terakhir yaitu pengguna internet dimungkinkan bisa berinteraksi dengan pengguna lain di belahan dunia mana saja dan kapan saja, setiap saat.

7. Internet Menurut Supriyanto

Internet adalah sebuah hubungan antar berbagai jenis computer dengan jaringan computer lain di dunia yang mempunyai sistem pengoperasian dan aplikasi. Meskipun letak yang berbeda, namun hubungan itu dimanfaatkan untuk kemajuan perangkat komunikasi seperti satelit serta telepon dengan menggunakan protokol standar untuk melakukan hubungan komunikasi yaitu protokol IP / TCP.

8. Internet Menurut Harjono

Internet adalah kumpulan dari beberapa komputer dimana jumlahnya dapat mencapai jutaan komputer di seluruh belahan dunia yang saling berhubungan dan saling terkoneksi antara satu dengan yang lain. Agar komputer satu dengan yang lain dapat saling terkoneksi sehingga diperlukan suatu media untuk menghubungkan antar computer. Media ini bisa menggunakan sebuah kabel optic atau sambungan telepon dan bahkan satelit.

9. Internet Menurut O’Brien

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang saat ini telah berkembang pesat dari berbagai tujuan baik untuk kepentingan bisnis, pendidikan sampai kepentingan pemerintahan. Jaringan tersebut saling berhubungan antar dengan yang lainnya dengan jumlah pengguna yang mencapai lebih dari 200 negara.

10. Internet Menurut Ramdhani

Internet adalah sebuah sebutan bagi sekumpulan jaringan komputer yang bisa menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, perorangan, organisasi maupun komersial Sehingga terjalin sebuah hubungan yang mudah tanpa dibatasi jarak.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …