5 Hal Perbedaan Jaringan 3G Dan 4G

Jaringan merupakan sebuah sistem operasi yang terdiri daru sejumlah komputer serta perangkat pendukung lain. Dimana perangkat tersebut bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Jaringan 3G maupun 4G merupakan jaringan yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Namun, tidak semua orang mengetahui perbedaan jaringan 3G dan 4G tersebut.

Jaringan 3G merupakan teknologi generasi ketiga, sedangkan 4G merupakan teknologi generasi keempat. Kemunculan jaringan 4G merupakan salah satu inovasi terbaru yang menjadi pengembangan dari jaringan 3G. Berikut ini beberapa perbedaan jaringan 3G dan 4G yang perlu untuk diketahui :

1. Pengembangan Jaringan 3G Dan 4G

Perbedaan jaringan 3G dan 4G terletak di pengembangannya. Jaringan 3 G merupakan jaringan telekomunikasi menyediakan tempat untuk berkomunikasi lewat suara, pesan dan internet. Jaringan 3G lebih mengutamakan layanan melalui pesan, telepon maupun internet.

Sedangkan jaringan 4G lebih menekankan pada penggunaan internet yang lebih cepat. Teknologi ini berkembang dengan munculnya smarphone dan aplikasi yang sangat beragam. Dimana semua aplikasi serta fitur yang ada di smarphone membutuhkan koneksi internet. Sehinga bisa disimpulkan, bahwa layanan telelpon maupun pesan lebih kecil namun tetap lancar tanpa adanya gangguan.

2. Segi Kecepatan Akses Internet

Jika dilihat dari segi kecepatan akses internet, kedua jaringan ini tentu sangatlah berbeda. Mengingat jaringan 4G merupakan upgrade dari jaringan 3G. Kecepatan internet jaringan 3G baik yaitu sekitar 500-700 kbps. Dan kecepatan maksimalnya sekitar 14 Mbps downlink dan uplink 5,8 Mbps.

Berbeda dengan 3G, jaringan 4G memiliki kecepatan akses yang sangat besar dan luar biasa. Yaitu mencapai 185 mbps. Dengan kecepatan akses yang tinggi, jaringan 4G terbilang sangat stabil dalam proses akses internet. Apalagi jika digunakan untuk melakukan download file ukuran besar, panggilan video maupun streaming video dan film di internet.

3. Jangkauan Jaringan Di Indonesia

Jangkauan jaringan 3G di Indonesia sangatlah mudah. Hampir di seluruh wilayah di Indonesia dapat mengakses jaringan ini. Sedangkan jaringan 4G belum begitu berkembang pesat di Indonesia.

Masyarakat Indonesia sendiri lebih memilih jaringan 3G daripada 4G. Karena  3G didukung oleh perangkat yang mereka miliki. Selain itu di beberapa daerah memang belum dapat digunakan untuk mengakses jaringan 4G. Bahkan telepon seluler yang beredar di pasaran juga masih banyak yang mendukung jaringan 3G daripada 4G.

4. Jaringan Paket Switching

Perbedaan jaringan 3G dan 4G berikutnya terletak pada jaringan paket switchingnya. Jaringan 3G merupakan campuran antara sirkuit dan jaringan paket switching. Circuit switching adalah teknologi tua yang digunakan dalam sistem telepon yang sangat lama. Sedangkan paket switching merupakan teknologi yang lazim dalam jaringan komputer yang dapat meminimalkan percakapan ke dalam badwidth yang sama.

Sedangkan 4G hanya berupa jaringan paket switching saja. Jaringan 4G ini tidak menggunakan switching circuit. Dimana dalam teknologi ini, 4G harus dalam kondisi terkoneksi terus ketika digunakan. Teknologi jaringan 4G tidak menggunakan circuit switching meskipun sedang melakukan panggilan suara dan panggilan video. Karena semua informasi akan dialihkan untuk meningkatkan efisiensi.

5. Penggunaan Teknologi 3G Dan 4G

Di Indonesia jaringan 3G lebih banyak penggunanya dibandingkan jaringan 4G. Hal ini dikarenakan pengembangan 4G belum maksimal. Perbedaan jaringan 3G dan 4G yang paling besar terletak pada keberadaan teknologinya. FEC jaringan 3G menggunakan kode turbo sedangkan 4G menggunakan kode terkonsentrasi. Tidak hanya itu, jaringan 4G memiliki akses multiple carrier yairu CDMA atau OFDM. Sedangkan 3G hanya terbatas pada Wideband CDMA.

Itulah beberapa perbedaan jaringan 3G dan 4G. Untuk menikmati layanan teknologi dari jaringan 4G, harus menggunakan perangkat telepon seluler yang support jaringan ini. Selain itu jaringan 4G juga sudah mengusung jaringan 2G, 3G dan 3,5G. Sehingga Anda tidak perlu khawatir menggunakan jaringan 4G. Karena ketika daerah tidak mendung jaringan ini, kalian masih tetap dapat akses internet menggunakan jaringan lainnya.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …